5 Ajang Penghargaan Film Internasional (Famous International Movies Awards)



Beragam ajang penghargaan film diselenggarakan di beberapa negara dengan berbagai macam kriteria penghargaan di dalamnya. Ajang ini menjadi salah satu sarana untuk memberikan penghargaan atas hasil karya dari beberapa sineas, aktor, aktris, dan lainnya yang tergabung dalam terselenggaranya film tersebut. Selain itu, dalam ajang tersebut dilakukan penilaian oleh juri yang telah diketahui kredibilitasnya untuk dapat memberikan keputusan atas film yang memenuhi kriteria "terbaik" di bidangnya. 

Berdasarkan hal tersebut berikut 5 ajang penghargaan film internasional (Famous International Movies Awards) yang dapat dikatakan ajang penghargaan yang besar, yaitu

The 'Oscar' for Hollywood's Academy Awards

The academy awards atau yang lebih terkenal sebagai "The Oscar" adalah sebuah ajang penghargaan atas prestasi artistik dan teknis dalam industri perfilman. Ajang ini merupakan suatu ajang yang dianggap paling terkenal dan bergengsi. Penghargaan ini diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) sebagai pengakuan internasional atas keunggulan sebuah film. Pemenang dipilih berdasarkan beberapa kategori dan akan di anugerahi salinan patung emas sebagai piala. Piala tersebut secara resmi "Academy Award of Merit" meski lebih dikenal dengan sebutan " Oscar"

Pada tahun 1929, penghargaan ini awalnya dipahat oleh George Stanley dari sketsa desain oleh Cedric Gibbons dan dipresentasikan pertama kali pada jamuan makan malam pribadi yang diselenggarakan oleh Douglash Fairbanks di Hollywood yang akhirnya menjadi ajang penghargaan pertama. Acara tersebut disiarkan melalui radio pada tahun 1930 dan ditayangkan di telivisi pada tahun 1953. Acara penghargaan ini menjadi ajang tertua di dunia. 

The British Academy of Film and Television Arts (BAFTA)

The British Academy of Film and Televisions Arts (BAFTA) adalah suatu organisasi independen yang mendukung perfilman, televisi dan permainan di Inggris. Acara ini dilakukan secara tahunan. Selain menyelenggarakan acara penghargaan tersebut, BAFTA juga menyelenggarakan pembelajaran bagi siapapun yang ingin belajar mengenai perfilman di Inggris dan America. BAFTA bermula sebagai British Film Academy yang didirikan oleh David Lean, Alexander Korda, Roger Manvell, Laurence Oliview, Emeric Pressburger, Michael Powell, Michael Balcon, Carol Reed, dan beberapa lainnya pada tahun 1947. 

Ajang ini pertama kali berlangsung pada Mei 1949, untuk menghormati film The Best Years of Our Lives, Odd Man Out, dan The World Is Rich. Pada tahun 1976, Ratu Elizabeth, The Duke of Edinburgh, The Princess Royal dan The Earl Mountbatten of Burma secara resmi membuka kantor pusat organisasi di 195 Piccadilly, London, dan pada bulan Maret perkumpulan tersebut menjadi British Academy of Film and Television Arts.

Screen Actors Guild Awards

Screen Actors Guild Awards (juga dikenal sebagai SAG Awards) adalah penghargaan yang diberikan oleh Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) untuk perfilman dan pertelevisian. Patung yang diberikan adalah sosok laki-laki telanjang yang memegang topeng komedi dan topeng tragedi, disebut "The Actor". SAG Awards pertama kali diselenggarakan pada tahun 1995 dan menjadi salah satu acara penghargaan utama di Hollywood. 

Penghargaan SAG perdana disiarkan langsung pada tanggal 25 Februari 1995 dari Universal Studios 'Stage 12. Penghargaan SAG kedua disiarkan langsung dari Santa Monica Civic Auditorium, sementara penghargaan berikutnya diadakan di Shrine Auditorium. Pada tanggal 4 Desember 2017, diumumkan bahwa acara penghargaan tersebut akan menjadi pembawa acara pertamanya dalam dua puluh empat tahun sejarahnya dengan aktris Kristen Bell yang memimpin upacara tersebut. 

The Golden Globe Awards 

Golden Globe Awads adalah penghargaan yang pertama kali dilaksanakan pada Januari 1944 yang diberikan oleh 93 anggota Asosiasi Pers Asing Hollywood. Penghargaan ini mengakui keunggulan film dan televisi Internasional dan Amerika. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari tiap tahunnya dan berpuncak di Academy Awards. Periode kelayakan untuk Golden Globes sesuai dengan tahun kalender (yaitu 1 Januari hingga 31 Desember). Penghargaan Golden Globe ke-77, penghargaan untuk film dan televisi terbaik pada tahun 2019, diadakan pada tanggal 5 Januari 2020. 

MTV Movie & TV Awards

MTV Movie & TV Awards (sebelumnya dikenal sebagai MTV Movie Awards)  adalah acara penghargaan film dan televisi yang disajikan setiap tahun di MTV. Nominasi ditentukan oleh produser dan eksekutif di MTV. Pemenang ditentukan secara online oleh masyarakat umum. Saat ini, pemungutan suara dilakukan melalui situs resmi MTV melalui situs pemungutan suara Movie & TV Awards.  Para pemenang akan disuguhi patung "popcorn emas" yang dibuat oleh Society Awards perusahaan New York.  Penghargaan secara tradisional dikaitkan dengan awal musim panas blockbuster untuk industri film, dan dengan peluncuran penghargaan televisi, dengan pembukaan musim penghargaan industri tersebut.

***

Selain beberapa award di atas, masih terdapat banyak lagi ajang penghargaan internasional yang menjadi ajang penghargaan bagi industri perfilman dan pertelivisan di berbagai belahan dunia (baca: 9 Film Festival Internasional) Pemenang dan nominasi pada ajang tersebut dapat dijadikan sebagai referensi bagi para pencinta film untuk masuk dalam daftar film yang patut untuk ditonton. 

(aluna)



Posting Komentar

4 Komentar

  1. Film yang masuk nominasi emang bagus" banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget dari segala segi memang patut untuk jadi rekomendasi tontonan

      Hapus
  2. Hmm, bener si, dari segala aspek patut diapresiasi.

    Next, bikin rekomendasi film mungkin?

    BalasHapus