9 Film Festival Internasional (Famous International Film Festival)


Selain ajang penghargaan yang kita kenal seperti Oscar, Golden Globe, dll (baca: 5 Ajang Penghargaan Film Internasional), terdapat juga ajang bergengsi lainnya yang berbentuk Festival Film. Perbedaaannya adalah dalam acara festival lebih berfokus pada genre film tersebut. Terdapat beberapa festival film yang patut diketahui dan ditunggu penyelenggaraannya, yaitu:

The Toronto International Film Festival di Canada

The Toronto International Film Festival atau TIFF adalah salah satu film festival terbesar yang dihadiri di dunia, dimana setiap tahun akan dihadiri oleh lebih kurang 480 ribu orang untuk menonton acara tersebut. TIFF pertama kali diselenggarakan pada tahun 1976 dan terletak di Toronto. TIFF sendiri memiliki misi untuk mengubah pandangan orang terhadap film. Terdapat beberapa kategori yang menjadi penilaian dalam ajang ini. The People's Choice Award yang diberikan kepada film yang berdurasi panjang. Pemilihan pemenang berdasarkan pada voting tertinggi. Saat ini penghargaan tersebut lebih dikenal dengan "Grolsh People's Choice Award". Biasanya pemenang penghargaan ini selanjutnya akan masuk dalam nominasi Academy Award. Penghargaan ini juga diberikan kepada genre film Documentary dan Midnight Madness.

Selain berdasarkan pilihan dari penonton, festival ini juga memberikan penghargaan berdasarkan penilaian dari para juri di berbagai kategoru. Kategori utama dalam acara penghargaan ini untuk Canadian Films adalah Best Canadian Film, Best Canadian First Feature Film, dan Best Canadian Short Film. Terdapat juga pengharagaan untuk Best Intersational Short Film, FIPRESCI-International Critics; Prize untuk Spesial Presentation dan Dicovery Program, dan NETPAC Prize untuk film Asia terbaik yang ditampilkan dalam festival tersebut. 

The Cannes Film Festival

The Cannes Festival yang dahulu lebih dikenal dengan The International Film Festival adalah sebuah festival perfilman yang diadakan di Cannes, Prancis dan merupakan satu dari anggota Big Three Film festival di dunia.  Pada festival ini dilakukan preview atas film baru dari berbagai macam genre termasuk dokumentari dari berbagai belajan dunia. The Cannes Festival sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 1946 dengan penonton yang hadir hanya untuk para tamu yang mendapatkan undangan. Kegiatan ini dilakukan tiap tahunnya di Palais des Festivals et des Congres. 

The Venice Film Festival di Italy

The Venice Film Festival adalah film festival tertua dan termasuk dalam Big Three bersama dengan Cannes dan Berlin Intenational Film Festival. Pertama kali diselenggarakan di Venice, Italy pada Agustus 1932, dan merupakan bagian dari Venice Biennale. Penghargaan tertinggi pada acara ini adalah The Golden Lion (Leone d'Oro) yang pertama kali diperkenalkan tahun 1949 dan sekarang menjadi penghargaan paling bergengsi di dunia. Penghargaan kedua untuk Golden Lion pada tahun 1970 dimana diberikan sebagai pernghargaan penghormatan untuk orang - orang yang memberikan kontribusi penting bagi dunia perfiman. Gambar Winged Lion sendiri muncul di bendera Republic of Venice. 

The Berlin International Film Festival di Germany

The Berlin Interational Film Festival atau yang dikenal dengan Berlinale adalah film festival yang diselenggarakan di Berlin, Jerman. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1951 pada bulan Februari. Festival ini masuk ke dalam Big Three Festival film di dunia. Penghargaan tertinggi pada ajang ini adalah The Golden Bear (Goldener Bar) yang diberikan kepada film terbaik pada acara tersebut. Beruang adalah hewan Heraldik Berlin yang digunakan sebagai simbol dan bendera Berlin. 

The Sundance Film Festival di United States

The Sundance Film Festival yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Utah/US Film Festival dan US Film and Video Festival adalah sebuah ajang yang dilaksanakan secara tahunan oleh The Sundance Institute, serta menjadi ajang terbesar untuk film festival indipendent di United States. Kategori yang dipertandingkan adalah dokumentari, dramatic, film pendek, dan juga film panjang. Selain itu juga termasuk di dalamnya beberapa kegiatan lain diluar kompetisi seperti NEXT, New Frontier, Midnight, Premiers, dan Documentary Premiers. 

The Vienna International Film Festival

The Vienna International Film Festival atau dikenal dengan Viennale adalah festival film yang diselenggarakan setiap Oktober sejak 1960 di Vienna, Austria. Penghargaan film diberikan diakhir acara festival, termasuk didalamnya beberapa koleksi film terbaru dari seluruh dunia, baik National ataupun International Premieres. Selain itu, festival ini juga memfokuskan pada documentary films, short films, experimental films, dan crossover productions.

The Warsaw Film Festival

Warsaw Film Festival (WFF) diselenggarakan secara tahunan setiap Oktober di Warsaw, Poland. Dimana pada acara ini dilakukan preview terhadap beberapa film baru dari segala genre termasuk dokumentasi dari seluruh dunia. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1985. 

The International Film Festival of Kerala (IFFK)

Acara ini diselenggrakan secara tahunan di Thiruvananthapuram, Kerala, india. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1996 oleh Kerala State Chalachitra Academy atas nama Department of Cultural Affairs, Goverment of Kerala. Kompetisi diadakan secara terbatas untuk 14 film produksi terpilih dari Asia, Africa atau Latin Amerika. 

The San Sebastian International Film Festival (SSIFF) 

Acara ini diselenggarakan secara tahunan oleh FIAPF di Spanish City of Donostia - San Sebastian pada September di Basque Country. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1953 dan memilihi beberapa event penting bagi sejarah perfilman, seperti The International Premiers Vertigo dan The European Premiere dari Starwars. The Golden Shell (Concha de Oro) adalah penghargaan tertinggi yang diberikan dalam acara ini, yang juga dikenal dengan Gran Premio. 

***

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak hanya Festival Film di atas yang ada di dunia sebagai ajang perhargaan perfilman, tetapi masih banyak lagi Festival Film yang diadakan di masing - masing negara yang belum dapat dijabarkan satu persatu dalam postingan ini.

(Aluna)

Posting Komentar

2 Komentar