Review Secret (2007) - Sebuah rahasia dalam alunan melodi

 


Secret (Original title: Bu Neng Shuo De. Mi Mi)| 2007|1h 41m

Genre : Drama, Music, Romance| Negara: Taiwan, Hongkong

Director: Jay Chou | Writers: Jay Chou, Chi-long To

Pemeran: Jay Chou, Gwei Lun-Mei, Anthony Chau-Sang Wong, dll

IMDB : 7.7/10

My Rate : 9/10

 

Pertemuan tidak terduga antara Xiao Yu dan Xiang Lun mengubah hidup mereka, tetapi sebuah rahasia menjadi penghalang hubungan keduanya.

 

Sinopsis

 

Ye XiangLun (Jay Chou) seorang prodigy piano yang saat itu baru pindah ke sekolah musik yang terkenal, kebetulan ayah Xianglun (Anthony Chau-Sang Wong) adalah seorang guru di sekolah tersebut. Saat itu Qingyi (Alice Tzeng) sedang membawa Xianglun berkeliling sekolah untuk memberikan penjelasan dan memperlihatkan tempat yang ada di sekolah tersebut. Hingga mereka sampailah ke sebuah gedung tua dimana Qingyi mengatakan bahwa gedung tersebut biasanya digunakan untuk latihan piano, hanya saja di hari kelulusan gedung tersebut akan dihancurkan. 


Secret 2007
Xianglun bertemu Xiaoyu pertama kali
 

Xianglun ingin melihat lebih lanjut ke dalam gedung tersebut. Dirinya memilih untuk berjalan - jalan sendiri dari pada ditemani oleh Qingyi. Saat memasuki gedung tersebut terdengar suara alunan melodi dari sebuah piano yang dimainkan. Xianglun melihat ke dalam satu per satu ruangan hingga melihat suatu ruangan yang pintunya terbuka. Di ruangan itulah Xianglun pertama kali bertemu dengan Lu Xiaoyu (Gwei Lun-Mei) yang sedang meletakkan buku di rak atas dengan tangga.

 

Xianglun tidak mengetahui bahwa Xiaoyu berada di satu kelas dengannya. Dirinya baru sadar saat Xiaoyu terlambat masuk ke kelas dan duduk tepat di belakang Qingyi. Sejak pertemuan tersebut, hubungan antar keduanya semakin dekat. Dimulai dari rasa penasaran Xianglun kepada Xiaoyu, mereka makin sering berinteraksi bahkan mengantarkannya pulang.

 

Namun, setelah hari dimana Xianglun mengantarkannya pulang, Xiaoyu tidak muncul di kelas. Meski Xianglun mencarinya kesana kemari, tetapi tidak menemukannya. Xiaoyu sering muncul secara tiba - tiba di hadapan Xianglun. Xiaoyu selalu beralasan bahwa dirinya berlatih piano hingga tidak dapat hadir di kelas. Mereka menghabiskan sore itu bersama dan berjalan -jalan.

 

Tumbuhnya rasa cinta

 

Rasa suka mulai tumbuh di hati mereka masing - masing. Xianglun melakukan pertandingan piano dengan seorang yang dipanggil pangeran piano demi mendapatkan sebuah patitur yang amat langka. Dirinya menunjukkan permaianan piano yang amat apik, hingga sang pangeran piano mengakui kemampuan Xianglun dan memberikan patitur tersebut kepadanya. Tak disangka, ternyata Xianglun ingin mendapatkannya untuk memberikan kepada Xiaoyu.

 

Setiap hari Xianglun mengantarkan Xiaoyu pulang ke rumahnya. Mereka menghabiskan waktu bersama sepanjang sore, hingga Xianglun terlambat pulang ke rumah. Ayah Xianglun mulai mencurigai tingkah laku Xianglun. Ayahnya ingin agar Xianglun fokus dengan bermusik dibandingkan dengan hal - hal lain di luar musik.


Secret 2007
Qingyi yang terus memperhatikan Xianglun di kelas
 

Di sisi lain, Qingyi selama ini diam - diam menyukai Xianglun dan terus menerus memperhatikannya di dalam kelas. Qingyi juga mulai memperlihatkan gerakan - gerakan untuk mendekati Xianglun. Namun, Xiaoyu telah mengutarakan rasa sukanya kepada Xianglun yang disambut dengan baik oleh Xianglun. Xiaoyu juga memberitahukan rahasianya kepada Xianglun yaitu sebuah lagu yang dimainkannya di awal mereka bertemu. Lagu tersebut tidak boleh dimainkan di gedung tua tempat mereka bertemu.

 

Suatu hari, Xianglun meminta Xiaoyu untuk menemuinya di ruang latihan piano. Namun, yang datang ke ruangan tersebut adalah Qingyi. Xianglun yang matanya tertutup, mengira bahwa Xiaoyulah yang datang ke ruangan tersebut. Saat Qingyi mencium Xianglun, terdengar teriakan dari luar dimana tukang sapu sekolah tersebut memanggil - manggil nama Xiaoyu. Xianglun sadar bahwa yang bersamanya bukan Xiaoyu, dirinya pun berlari keluar untuk mencari Xiaoyu.

 

Sejak kejadian tersebut, Xiaoyu tidak pernah hadir di kelas bahkan di sekolah. Xianglun terus berusaha menemui Xiaoyu dengan datang ke rumahnya. Namun, hal itu tidak membuahkan hasil apapun. Ibunya Xiaoyu selalu meminta dirinya untuk pergi dan tidak mengganggu Xiaoyu.

 

Dimanakah sebenarnya keberadaan Xiaoyu dan akankah cinta mereka kembali bersatu?

 

Ulasan

 

Film ini adalah film debut pertama Jay Chou yang bertindak sebagai Direktor, penulis, dan pemeran utama. Sebagai seorang yang pekerjaan utamanya adalah musisi, film ini termasuk dalam kategori film yang patut dan layak di tonton. Meski banyak orang yang mengatakan bahwa Jay Chou memiliki kemampuan yang baik di belakang layar, tetapi belum memberikan suguhan yang memuaskan di depan layar (sebagai pemeran). Bukan hanya mengambil peran sebagai direktor, penulis, dan pemeran, Jay Chou juga menggunakan almamaternya sebagai lokasi pengambilan gambar yaitu Tamkang High School.

 

Secret 2007
Pengambilan tangan close up saat bermain piano

Dinilai dari segi sinematografi, angle dalam pengambilan gambar cukup baik dan sesuai dengan kebutuhan dari cerita. Untuk adegan - adegan penting saat mereka memainkan piano, angle yang digunakan adalah angle close up sehingga membuat penonton juga dapat menikmati secara detail. Pemilihan sound effect dan soundtrack juga cukup bagus memperlihatkan musikalitas yang tinggi dari film ini. Tidak heran jika film ini menjadi pemenang dalam kategori Best Original Song dan Best Visual Effect di ajang Golden Horse Award.

 

Cerita yang ditampilkan sebenarnya cukup sederhana dimana lebih menitikberatkan pada kisah asmara antara Xianglun dan Xiaoyu. Namun, terdapat sebuah plotwist yang tidak dapat terbaca atau tertebak saat menonton film ini. Interaksi dan chemistry antara pemainnya juga amat bagus. Meski saya akui memang akting JayChou dirasa kurang, tetapi dapat tertutupi dengan akting dari Gwei Lun-mei. Sehingga tidak terlihat canggung atau aneh.

 

Terdapat sedikit bumbu mengenai orang ketiga di dalam film ini dimana Qingyi menyukai Xianglun secara diam - diam. Namun, saya rasa bumbu tersebut benar - benar terlalu sedikit sehingga kurang dari memberikan rasa di dalam cerita. Harusnya kisah tersebut dapat diperkuat atau ditambahkan lagi, sehingga muncul konflik yang lebih bisa menambah suasana. Tokoh Qingyi juga tidak terlalu di eksplore, hanya berfokus pada tokoh Xianglun dan Xiaoyu saja.

 

Cerita film ini sebenarnya sedikit tricky, meski dieksekusi dengan cukup baik. Terdapat beberapa detail yang mungkin harusnya lebih diperhatikan terutama kekonsistenan dari timeline waktunya. Sedikit spoiler, dimana Xiaolang dan Xiaoyu sebenarnya terpisah waktu 20 tahun. Namun, Xiaolang dan Xiaoyu menggunakan seragam yang sama dan jenis tipe-X yang digunakan juga sama. Seharusnya secara logika 20 tahun adalah waktu yang sangat panjang, akan ada perbedaan dengan mengikuti jaman.

 

Adegan yang saya sukai adalah adegan saat tokohnya memainkan piano. Terutama saat pertandingan piano yang dilakukan oleh Jay Chou. Di adegan tersebut, Jay Chou sebagai seorang musisi dapat menunjukkan kepandaiannya dalam bermain piano. Gelar prodigy yang dibawa oleh Xianglun juga bukan hanya sebatas gelar, karena terlihat dari kemampuan bermain piano yang spektakuler.


Secret 2007
Xianglun bermain piano saat bertanding piano
 

Secara keseluruhan, film ini amat baik dan saya rekomendasikan untuk cineas yang sangat menyukai genre drama romantis. Meski tidak banyak adegan yang 'unyu - unyu' tetapi kita dapat merasakan romantisme dari film ini.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa cinta tidak mengenal perbedaan waktu. Saat kita mencintai seseorang seringkali rasa mengalahkan logika. Kita dapat berbuat segala sesuatu yang berada diluar logika hanya untuk bisa bersama dengan orang tersebut. Namun, kita juga harus belajar untuk melepaskan, jika memang orang tersebut bukanlah orang yang seharusnya kita cintai.

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar