Review Cats (2018) - Perjalanan Menuju Peachtopia


 

Cats (Original title: Cats and Peachtopia)| 2018 | 1h 27m

Genre : Animation, Adventure, Comedy| Negara: China

Director: Gary Wang | Writers: Gary Wang, Sam Xu

Pemeran: Dermot Mulroney, Nicole Tompkins, Conor Polley, dll

IMDB : 5.4/10

My Rate : 9/10

 

Cape, seekor kucing yang pergi untuk mencari ibunya ke Peachtopia, berpetualang sendiri dan  menemukan sebuah kenyataan yang diluar bayangannya.

 

Sinopsis

 

Blanket adalah seorang kucing yang dirawat oleh seorang perempuan di sebuah apartemen. Saat dirinya masih kecil, mereka menemukan seekor kucing hitam tua yang kedinginan. Akhirnya kucing tersebut dirawat bersama dengan Blanket.

Kucing hitam tua itu memberikan kalungnya kepada Blanket. Saat itu kucing tua itu membawa banyak kucing liar untuk masuk ke apartemen yang menyebabkan pemiliknya marah dan mengusirnya. Blanket mencoba mencari kucing tersebut tetapi dirinya tidak berhasil dan malah mengalami hal yang mengerikan selama dirinya berada di luar.


Cats
 

Beruntung Blanket ditemukan kembali oleh perempuan tersebut dan kembali dirawat. Saat ini dirinya telah menjadi seorang kucing tua yang gemuk. Dirinya juga telah menjadi ayah dan memiliki seekor anak kucing laki - laki bernama Cape.

 

Perjalanan menuju Peachtopia
 

Cape yang masih sangat muda, amat bersemangat dan merasa bosan terus menerus berada di dalam rumah. Dirinya sangat ingin mengetahui kehidupan di luar apartemen tersebut. Namun, Blanket tidak ingin Cape keluar karena dirinya telah merasakan pedihnya berada di luar rumah.

 

Rasa penasaran Cape makin besar, setelah pemilik mereka membawa seekor burung beo bernama Biggie. Biggie telah berpindah - pindah rumah berkali - kali. Meski dirinya tidak pernah hidup bebas di alam lepas.

 

Blanket mengatakan bahwa dirinya pernah pergi ke luar dan pergi ke Peachtopia. Biggie merasa Peachtopia hanyalah sebuah mitos belaka. Blanket berbohong dan menunjuk dimana tempat Peachtopia berada dan mengatakan bahwa ibu Cape berada disana.


Cats

 

Cape sangat ingin pergi ke Peachtopia. Dirinya membuat banyak barang yang akan digunakannya untuk pergi kesana. Hingga dirinya berhasil membuat sebuah roket yang menerbangkan dirinya keluar jendela.

 

Apa yang akan dihadapi Cape selanjutnya?

 

Ulasan

 

Film Cats atau juga dikenal sebagai Cats and Peachtopia adalah sebuah film animasi fantasi yang diproduksi oleh China. Film ini mendapatkan nilai yang cukup buruk di IMDB karena banyak yang mengatakan bahwa film ini tidak layak untuk di tonton oleh anak kecil. Padahal menurut saya memang tidak semua animasi itu ditujukan untuk anak kecil.

 

Kritik lainnya dilontarkan oleh para penonton karena ide ceritanya yang menyerupai film Finding Nemo. Dimana seorang ayah ditemani seorang temannya mencari anaknya yang hilang. Dalam hal ini Blanket bersama dengan Biggie si burung beo, mencari Cape yang pergi keluar dari rumah.

 

Ide cerita yang ditampilkan dalam film ini memang tidak begitu unik, karena ada beberapa film yang juga memiliki ide cerita yang sama. Namun, menurut saya, jalan cerita yang ditampilkan cukup menarik, tidak seburuk itu hingga mendapatkan nilai 1 (nilai yang banyak diberikan di IMDB). Film ini masih dapat dinikmati dari segala sisinya.

 

Animasi yang ditampilkan cukup baik dan halus. Karakter dari masing masing tokohnya juga amat kuat, tetapi tidak saling tumpang tindih. Meski saya secara pribadi tidak terlalu menyukai karakter dari Blanket yang terlalu lemah dan ceroboh. Lagu soundtrack yang digunakan juga cukup baik.

 

Sebagai pencinta kucing dan hal - hal yang berbau kucing, film ini cukup menarik untuk ditonton. Penonton akan disajikan dengan berbagai banyak bentuk dari karakter kucing itu sendiri. Ada yang lucu, menyeramkan, bahkan aneh. Sehingga saya merekomendasikan film ini untuk para pencinta kucing.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil adalah jangan mudah menyerah meski keadaan mungkin tidak mendukung kamu untuk bisa mencapai impian kamu. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini selama kita yakin dan percaya. Berjuanglah untuk bisa mendapatkan hal yang kamu inginkan.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar