[SERIES] DETECTIVE L - Tidak ada kasus yang tidak dapat dipecahkan

 




DETECTIVE L 2019|
60 Menit/Episode | Genre : Comedy, Drama, Romance, Fantasy |Total Episode : 24 Episode
Negara: ChinaPemeran: Bai Yu, Una You, Jeffrey Ji
IMDB 7.8/10

***
Seorang wanita menjadi anggota anggota kepolisian masih jarang terjadi. Berlatar belakang Shanghai tahun 1930, dikisahkan seorang gadis yang baru lulus dari pendidikan kepolisiannya, masuk ke Shanghai British Setlement. Dirinya memiliki ambisi untuk menjadi seorang detektif yang kompeten. Qin Xiaoman tinggal di sebuah apartement yang bernama Sullivan, disana pemilik dari apartement tersebut menawarkan harga yang murah kepadanya karena jarang ada yang mau tinggal di kamar yang dia tempati. Hal ini dikarenakan ada rumor bahwa disana adalah tempat kasus pembunuhan. Xiaoman menemukan gambar olah TKP berbentuk manusia dilantai, karena ketertarikannya terhadap misteri, dirinya akhirnya tinggal di tempat tersebut.

Dirinya kemudian tidak sengaja mendengar bunyi senjata yang ditembakkan dari kamar di depannya. Khawatir terjadi kasus lain, dirinya bergegas mengetuk pintu dari kamar tersebut. Disinilah Xiaoman bertemu dengan Lou Fei yang ternyata adalah seorang Detective terkenal yang bekerja di kepolisian tempat Xiaoman juga bekerja. Xiaoman mengetahuinya ketika dirinya sedang menceritakan kecurigaannya terhadap tetangga kamarnya kepada kepala polisi, kemudian LouFei muncul masuk ke kantor tersebut. 

Pertemuan mereka akhirnya menjadi awal kisah dan misteri yang terjadi di dalam film ini. Lou Fei bersama dengan Xiaoman mencoba untuk memecahkan kasus - kasus yang terjadi. Terdapat delapan kasus dalam serial ini. Kasus tersebut saling berhubungan satu sama lain dan merujuk pada satu kasus yang besar,  

Pertama adalah kasus pembunuhan seorang wanita bercheongsam kuning. Wanita tersebut dilaporkan menghilang oleh suaminya. Namun terdapat kejanggalan dalam laporan yang dibuat, dimana sang suami dapat mendeskripsikan secara rinci dan jelas mengenai bagaimana penampilan sang istri ketika menghilang. Hal ini yang kemudian membuat Lou Fei merasa curiga terhadap sang suami. Terlebih lagi keluarga sang suami begitu ketat menjaga interaksi sang suami dengan kepolisian. 

Kedua, kasus seorang wartawan yang dibunuh bersamaan dengan kasus surat ancaman kepada The Chammber of Commerce. Dalam kasus ini berawal dari seorang wartawan yang menyamar dan bekerja sebagai akuntan magang di kantor Chammber, hanya saja dirinya ditemukan terbunuh di rumahnhya. Dalam penyamarannya untuk mencari informasi mengenai pembunuhan tersebut, terdapat karyawan dari kantor tersebut yang mengetahui Luo Fei. Kemudian memanggil Luo Fei secara terpisah untuk menunjukan surat ancaman yang diterima oleh Chamber. Mereka meminta kemanan dari kepolisian karena akan mengadakan sebuah acara amal. Pada kasus ini muncul karakter baru yang digambarkan akan membantu LuoFei dalam memecahkan kasusnya, yaitu Huo Wen Si, seorang psikologis, yang nantinya akan mengambil part yang cukup besar juga dalam serial ini. 

Ketiga adalah kasus lagu kematian, dimana terdapat seorang pemusik yang kemudian meninggal dalam kondisi di dalam ruang tertutup. Sebelum mayatnya ditemukan, terdapat sebuah lagu yang terdengar dari ruangan tersebut. Dipercaya karena lagu itulah mereka meninggal. Kasus ini lumayan membuat Luo Fei kebingungan untuk memecahkan misteri dari lagu tersebut. Pada kasus ini pula terjadi perpecahan antara Luo Fei dan Xiaoman. 

Kasus ketiga membuka kembali luka Luo Fei terhadap Captain dan timbullah kecurigaan terhadap Captain. Captain didiagnosa mengalami cacat setelah menembak kepalanya dengan pistol. Namun Luo Fei masih meragukannya karena kasus yang diperiksanya selalu mengarah atau bersinggungan dengan Captain. 

Kasus keempat mengenai pembunuhan berantai beberapa wanita dengan tanda dimana wajah meraka dilukai terlebih dahulu. Dalam kisah ini akan digambarkan hubungan antar masing - masing wanita tersebut yang akhirnya menjadi latar belakang terjadinya pembunuhan tersebut.

Kasus kelima juga merupakan kasus berantai. Kasus tersebut mengenai kebakaran yang terjadi secara berantai. Anehnya dalam kebakaran tersebut tidak diketahui penyebabnya. Sehingga Luo Fei bersama dengan Xiao Man dan Bei Jen Ming melakukan penyelidikan bersama. Awalnya kasus ini akan ditutup oleh Kepolisian tanpa penjelasan. Namun, Luo Fei melarang karena kejadian tersebut terjadi secara berulang. Namun ternyata kasus tersebut bukan hanya kasus kebakaran biasa. Kasus tersebut membuka kasus baru yaitu hilangnya berlian di dalam brankas, dimana berlian tersebut hanya diketahui passwordnya oleh orang - orang yang telah mati dalam kebakaran tersebut. Kasus berlian ini berakhir dengan sebuah plot twist.  

Kasus ke enam adalah kasus pembunuhan berantai juga dimana para korbannya dibunuh dengan cara dibuat tertawa. Sehingga mayat yang ditemukan dalam keadaan tersenyum. Kasus ini merupakan kasus lama yang kemudian kembali muncul setelah kematian mantan kepala polisi sebelumnya. Kasus ini punya yang menjadi awal mula Luo Fei berhenti dari kepolisian karena ragu akan kredibilitas dari kepolisian. Dimana mantan kepala polisi menyetujui penawaran dari pembunuhnya dimana sang pembunuh akan berhenti membunuh selama kasus itu ditutup. Namun perjanjian tersebut akan batal ketika sang mantan kepala polisi tersebut meninggal. Sehingga kematiannya akan membuka kembali kasus tersebut, maka pembunuhan kembali dimulai. 

Kasus ke tujuh adalah mengenai kematian Wang Charli, dimana Wang Charlie adalah seorang yang paling kaya di kota tersebut, mengadakan pesta di rumahnya yang berada di puncak bukit. Setiap tamu harus naik dengan kereta gantung ke rumah tersebut. Pembunuhan terjadi secara tidak terduga. Saat ini hari setelah hujan dan kereta gantung mengalami kerusakan, sehingga tidak ada satu pun dari tamu yang boleh keluar dari rumah tersebut. Beberapa motif yang muncul adalah pembunuh ingin mengambil lukisan yang dimiliki oleh Wang Charlie. Kecurigaan juga muncul kepada saudara kembarnya yaitu Wang Da Shan, karena Wang Charlie memberikan hartanya kepada asistennya bukan kepada Wang Da Shan. 

Kasus terakhir adalah kemunculan Jin Bu Bai, yang merupakan orang kepercayaan Captain di kantor polisi. Dirinya menyerahkan diri dan meminta untuk dapat dipertemukan dengan Luo Fei. Saat itu, Jin Bu Bai mengatakan dirinya akan menyebarkan sebuah virus yang dapat membunuh jutaan orang. Virus tersebut seperti sebuah virus flu, namun lebih mematikan. Virus itu akan disebarkan melalui sungai dan mengalir ke rumah - rumah penduduk. 

Pada kasus ini, sebuah plottwist terjadi yang mengakhiri kisah dari serial ini. Plottwist ini berhubungan dengan kasus besar utama yang diceritakan. 

Dalam pemecahan kasusnya Luo Fei mengambil andil paling besar dalam menggunakan otak untuk memecahkan kasus. Sedangkan Xiaoman lebih banyak dengan keterampilannya dalam fisik atau berkelahi, Membuat mereka menjadi pasangan yang cocok. Selain itu, mereka juga dibantu oleh sosok Ben Jie Ming yang merupakan doktor yang membantu dalam hal otopsi mayat dan mencari penyebab kematian dari mayat tersebut. 

Ada suatu kebiasaan Xiaoman yang menurut penulis cukup menarik untuk memperlihatkan selesainya suatu kasus, yaitu Xiaoman selalu mengirimkan surat kepada bibinya mengisahkan kasus-kasus yang dilakukannya dan pelajaran apa yang dirinya dapat dari kasus tersebut. Namun, hingga akhir series ini, tidak pernah ditunjukkan apakah bibinya menerima surat tersebut, apakah surat tersebut dikirimkan, serta siapa dan bagaimana sosok dari bibi Xiaoman tidak pernah di tampilkan. 

***
Kelebihan dari series ini adalah kisah yang disuguhkan dan misteri yang ditampilkan cukup menarik. Serta bagaimana setiap kasusnya kemudian saling berhubungan menjadi suatu kasus utama yang besar yang berhubungan dengan masa lalu  Lou Fei dan musuhnya yang biasa di sebut dengan Captain. Latar belakang cerita yang menarik dan penyajian yang penuh teka - teki membuat penonton ikut merasakan bagaimana pola pikir dan cara untuk memecahkan misteri di setiap kasusnya. 

Tidak seperti kebanyakan kasus detektif yang berat dalam penyampaian alur ceritanya. Detective L juga menyuguhkan beberapa interaksi komedi yang lucu antar pemainnya. Sehingga membuat cerita cukup ringan untuk diikuti. Selain itu, terdapat juga kisah cinta yang memang tidak terlalu di explore di serial ini yaitu antara Xiaoman dan Loufei. Dimana Xiaoman mulai timbul rasa suka terhadap LouFei. Namun LouFei tidak terlalu berfokus terhadap hal tersebut. 

Kekurangan dari series ini menurut penulis adalah sosok Xiaoman yang seperti penulis gambarkan di atas memang masih kekurangan pengalaman dalam hal pemecahan kasus. Namun, melihat latar belakang Xiaoman sebagai lulusan terbaik dan dirinya ingin menjadi seorang detektif handal. Seharusnya sosok Xiaoman harus bisa mengimbangi pintarnya Lou Fei. Minimal memberikan bantuan dalam hal berfikir. Namun, di dalam series ini terkesan Xiaoman malah menghambat proses penyidikan dengan karakternya yang terus menerus banyak bertanya. Hal ini sebenarnya juga menjadi salah satu kisah di dalam serialnya dimana Xiaoman dianggap LouFei terlalu banyak bertanya dan menghambat pergerakan Lou Fei. 

Sebenarnya tokoh antagonis sudah terlihat dari awal kemunculannya, meskipun di dalam jalannya cerita selalu dibuat cara untuk memanipulasi pikiran penonton sehingga bahwa tokoh tersebut merupakan tokoh protagonis. Namun tetap terlihat ciri - ciri atau indikasi sesungguhnya siapa tokoh antagonisnya. 

Selain itu, setiap kasus digambarkan memiliki hubungan dengan kehidupan Lou Fei. Akhir cerita juga dirasa masih menggantung, masih banyak pertanyaan dan perlu beberapa penjelasan tentang akhir dari cerita ini sebenarnya. Jika serial ini akan di teruskan ke session 2, maka akhir cerita tersebut dapat menjadi misteri yang baik untuk mengawali session ke 2. Namun jika tidak akan diteruskan, maka akhir cerita tersebut kurang sempurna. 
 
***
My Rate: 8/10 

(aluna)









Posting Komentar

0 Komentar