Review The Stolen Years (2013) - Ingatan yang hilang mengubah segalanya

 


The Stolen Years (Original title: Bei tou zou de na wu nian) | 2013 | 1h 51m

Genre : Romance | Negara: Chinese|

Director: Barbara Wong Chun-Chun | Writers: Skipper Cheng, Barbara Wong Chun-Chun, Silver Hau

Pemeran: Baihe Bai, Hsiao-chuan Chang, Ken Lin, dll

IMDB : 6.2/10

My Rate : 8/10

 

He Man (Baihe Bai) dan Xie Yu (Hsiao-chuan Chang) adalah sepasang pengantin baru yang saling mencintai satu sama lain. Adegan diawali dengan interaksi antara keduanya, kemesraan, pertengkaran kecil saat awal bulan madu, dan kebahagiaan saat mereka berbulan madu. Hingga sebuah kecelakaan terjadi saat mereka mengendarai sebuah motor.

 

He Man terbangun di sebuah rumah sakit, dirinya langsung mencari Xie Yu dan memastikan keadaannya baik - baik saja. Namun, pihak rumah sakit mengatakan bahwa dirinya seorang diri berada di rumah sakit tersebut. Selain itu, kakak He Man mengatakan bahwa He Man dan Xie Yu telah bercerai. He Man merasa tidak percaya akan yang didengarnya, karena ingatan terakhirnya adalah mereka mengalami kecelakaan saat berbulan madu.


The Stolen Years
Heman berada di rumah sakit


Pada nyatanya, He Man mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkan dirinya cidera kepala dan koma selama 1 bulan di rumah sakit. Dokter mendiagnosa He Man mengalami cidera otak ringan yang menyebabkan ingatan jangka pendeknya menghilang. Dalam kasus ini He Man tidak dapat mengingat kejadian yang terjadi pada 5 tahun terakhir. Ingatannya terhenti pada tahun 2007 saat mereka melaksanakan bulan madu, sedangkan saat itu adalah tahun 2012.

 

He Man menanyakan kepada kakaknya alasan mereka bercerai, tetapi kakaknya pun tidak mengetahui hal tersebut yang diketahuinya adalah mereka terus bertengkar 2 tahun terakhir. Namun, Xie yu masih memberikan perhatian kepada He Man. Selama dirinya koma, Xie yu masih sering berkunjung ke rumah sakit. Mendengar hal tersebut He Man merasa senang.


The Stolen Years
Xie Yu dan He Man bercengkrama di ruang tamu


Setelah beberapa saat tinggal di rumahnya, He Man kembali ke rumah suaminya dan menunggunya datang. Dirinya ingin mengetahui mengenai ingatannya yang hilang dan alasan mereka bercerai, karena sebelumnya mereka merupakan pasangan yang romantis dan saling mencintai. He man memberitahukan bahwa dirinya mengalami lupa ingatan, Xie Yu mencoba untuk membantu He Man mengingat dengan cara menunjukkan barang - barang yang diberikan oleh He Man. Namun, He Man malah mendapatkan fakta bahwa Xie Yu telah memiliki kekasih baru.

 

He Man yang masih terperangkap dalam ingatan bahagia bersama Xie Yu di masa lalunya, belum bisa menerima kenyataan saat ini. Dirinya pun meminta untuk dapat tinggal di rumah Xie Yu sambil mencoba mengingat kejadian di antara mereka. Namun, hal ini membuat Lily (Amber An), kekasih Xie Yu merasa cemburu dan khawatir. Cemburu makin menjadi saat Xie Yu semakin sulit dihubungi.

 

Hubungan antara He Man dan  Xie Yu makin menghangat. Bangunnya dari koma, sikap He Man kembali ceria seperti awal mereka bertemu dan tidak memiliki pantangan apapun. Hal ini membuat Xie Yu melihat He Man dengan cara yang berbeda. Rasa cinta mulai kembali muncul di hati He Man, serta aktivitas yang mereka lakukan bersama dalam rangka mengembalikan ingatan He Man membuka kembali kenangan saat mereka masih bersama.

 

Saat membuka video - video masa lalunya, He Man melihat sebuah video dengan teman lamanya Xiaohuan (Christine Fan). He Man pun menghubungi Xiaohuan untuk bertemu. Xiaohuan merasa bingung saat mereka bertemu, karena selama ini mereka telah bermusuhan. Hal ini terjadi karena kesalahpahaman antara mereka. He Man menuduh Xiaohuan berselingkuh dengan Xie Yu.

 

Dari Xiaohuan, He Man mengetahui bahwa perubahan sikap ditunjukkan olehnya saat dirinya mengalami kenaikan jabatan 2 tahun yang lalu. He Man menjadi arogan dan hubungan dengan Xie Yu mulai memburuk. Berdasarkan hal tersebut Xiaohuan merekomendasikan He Man untuk dapat bertemu dan berkonsultasi dengan psikiater. He Man melakukan konsultansi dengan psikiater sejak 2 tahun yang lalu.

 

Setelah sekian lama berada di rumah, Philips, bos He Man meminta agar He Man kembali bekerja. Xie Yu menyampaikan hal tersebut kepada He Man, tetapi He Man awalnya menolak karena khawatir belum bisa kembali seperti semula. Namun, Xie Yu membantunya untuk dapat kembali bekerja dan beradaptasi dengan lingkungannya. Sesampai di kantor, He Man melihat begitu banyak penghargaan yang didapatkannya selama ini.

 

Kenyataan pedih

 

Keseharian He Man telah kembali, dirinya disibukkan dengan pekerjaan di kantor. Interaksi antara dirinya dan Xie Yu juga membaik. Hingga suatu ketika kenyataan pedih menghampirinya. Saat lembur di kantornya, He Man melihat kemesraan antara Xie Yu dan Lily. Di saat itulah He Man tersadar bahwa Xie Yu bukan miliknya lagi. Dengan perasaan sedih dan kecewa, He Man pergi meninggalkan mereka.

 

Xie yu menghubunginya dan memastikan keberadaan He Man. Pembicaraan pun terjadi di antara mereka, He Man mengutarakan semua yang dirasakannya, rasa kesepian dan kebingungan, serta ketakutan yang dirinya rasakan karena tidak dapat mengingat apa yang terlupakan. Terlebih dirinya tidak dapat mengingat mengapa perpisahan tersebut terjadi.

 

"Mengapa suatu hari aku bangun dan kamu tidak lagi milikku"

 

He Man meminta agar Xie Yu menjelaskan padanya alasan mereka berpisah. Kepingan ingatan mulai bersatu dan banyak kejadian tak terduga mulai muncul ke permukaan. Kenangan yang membuka kembali luka di antara mereka. Namun, beruntungnya hal ini membuat hubungan mereka semakin kuat dan mengambil keputusan untuk mencoba lagi semuanya dari awal. Apakah kebahagiaan di kesempatan kedua kali ini akan bertahan selamanya?

 

Bagi kamu yang menyukai film bertemakan romansa, film ini dapat menjadi salah satu pilihannya.  Dengan cinematik yang apik, menampilkan sebuah romansa melodrama yang pastinya mudah untuk dinikmati. Alur cerita maju yang ditampilkan begitu baik, terdapat beberapa adegan flashback akan kenangan mereka di masa lalu membuat cerita makin kuat. Selain itu, Film ini juga menyajikan sebuah cerita dengan plotwist yang pastinya membuat hatimu terenyuh.

 

Chemistry antara dua pemain terlihat dengan baik dan mereka dapat memerankan karakternya tanpa berlebihan dan terlihat alami. Bahkan Bai He dapat menampilkan akting yang baik dengan adanya beberapa perubahan karakter dari He Man di sepanjang cerita. Adegan yang amat saya sukai adalah saat He Man mengutarakan perasaannya kepada Xie Yu, terlihat emosi dan perasaan yang dipendamnya terpancar dengan baik pada ekspresi yang ditunjukkan.


The Stolen Years
He Man yang mengutarakan perasaannya melalui telepon
 

Namun, terdapat beberapa kelemahan dari segi skrip cerita, dimana Xie Yu dengan keadaannya saat itu sedang menjalin hubungan dengan wanita lain, terlihat mudah digoyahkan. Tidak ada perjuangan yang dilakukan Xie Yu untuk dapat mempertahankan hubungannya dengan Lily, yaitu wanita yang bersamanya saat itu. Dirinya amat mudah tergoyahkan dengan kenangannya dengan He Man. Selain itu, tidak ada closure yang jelas antara hubungan Xie Yu dan Lily dalam film tersebut.

 

Ada ketidaksesuaian pada timeline waktu yang saya temukan. Kakak He Man dan Xiaohuan mengatakan bahwa perubahan terjadi pada 2 tahun terakhir pernikahan mereka yaitu sekitar tahun 2010 - 2011, karna perceraian terjadi pada tahun 2011 dan pernikahan terjadi pada tahun 2007. Xiaohuan juga mengatakan bahwa He Man bertemu dengan psikiater tersebut pada 2 tahun terakhir yang pastinya adalah pada rentang waktu tersebut, tetapi dokumentasi yang dimiliki oleh psikiater tersebut terlihat dari awal 2009 - 2010. Hal ini sebenarnya bukan merupakan hal yang besar, tetapi cukup berpengaruh pada logis alur cerita.

 

Selain itu, kembalinya He Man ke kantor terlihat begitu mudah. Dirinya dapat dengan mudah beradaptasi dan menghandle proyek - proyek yang belum terselesaikan. Padahal dirinya mengalami lupa ingatan. Proses yang terlihat hanyalah saat Xie Yu membantu He Man untuk mengenal rekan kerjanya dalam sebuah rapat. Selanjutnya tidak terlihat bagaimana He Man mungkin mempelajari proyek yang dimilikinya atau client -clientnya.

 

Terlepas dari itu semua, film ini layak untuk ditonton dan saya berikan nilai 8 dari 10. Sebuah pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah bagaimana kita dapat menghargai keberadaan orang yang kita sayang saat kita memilikinya atau bersamanya. Seringkali kita merasa sesuatu itu berharga saat kita kehilangannya. Jangan sampai kita merasa menyesal akan keputusan yang kita ambil. Kesempatan kedua tidak selalu hadir dan datang, tidak seperti cerita dalam sebuah film, dalam dunia nyata bisa jadi kesempatan kedua itu tidak pernah hadir.

 

Berbeda dengan kebanyakan dimana film diadaptasi dari sebuah novel. Karena jalan ceritanya yang menarik, film ini kemudian diadopsi ke dalam sebuah novel dengan judul yang bersama sebulan setelah rilis ke pasaran oleh seorang novelis bernama Ba Yue Chang An.

 

Bagaimana pendapatmu? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar.

 

(aluna)



 

 

 

 

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar