Review Love and Goodbye and Hawaii (2017) - Perjalanan melepaskan rasa cinta


 

Love and Goodbye and Hawaii (Original Title: Koi to sayonara to Hawai) | 2017 | 1h 33m

Genre : Drama | Negara: Japanese

Director : Shingo Matsumura  | Writers: Shingo Matsumura

Pemeran: Aya Ayano, Risa Kameda, Aoi Kato, dll

IMDB : 6.9/10

My Rate : 8/10

 

Rinko dan Isamu masih tinggal bersama meski hubungan mereka sudah bukan lagi sepasang kekasih, hal ini membuat orang sekitar Rinko merasa aneh dengan keputusan Rinko yang tidak seperti pasangan pada umumnya.

 
Sinopsis

 

Rinko (Aya Ayano) tinggal bersama dengan mantan kekasihnya, Isamu (Kentaro Tamura). Dalam apartemen kecil tersebut, tempat tidur mereka hanya dipisahkan dengan sebuah rak baju. Meski hubungan romantisme mereka telah berakhir, tetapi hubungan antar keduanya masih terlihat baik - baik saja.

 

Rinko dan Isamu sering berolahraga dengan cara jalan cepat bersama. Rinko juga sering mengajak Isamu berlomba, meski demikian Rinko selalu menang dari Isamu. Biasanya Rinko akan meminta hadiah dari Isamu.


Love and Goodbye and Hawaii
Isamu dan Rinko berlomba

Rinko adalah seorang pegawai kantoran biasa, sedangkan Isamu adalah seorang mahasiswa S2 yang sedang menyelesaikan tesisnya. Mereka bertemu saat sama - sama kuliah S1 dan mulai berpacaran sejak saat itu. Namun, ternyata kisah mereka harus berakhir.

 

Perasaan yang belum terselesaikan

 

Rinko bersama dengan dua sahabatnya, Kasumi dan Tomomi berencana untuk pergi ke Hawaii untuk menghadiri pesta pernikahan teman mereka. Rinko berfokus untuk persiapan kepergiannya ke Hawaii dengan melakukan diet agar pakaian yang dibelinya muat. Selain itu, Rinko juga berlatih tarian untuk persembahan. Pergi ke Hawaii menjadi salah satu impian dari Rinko.

 

Sedangkan di sisi lain, Isamu yang sedang mengerjakan tesisnya merasa kesulitan. Isamu memilih untuk mengerjakannya bersama dengan teman - temannya. Namun, salah satu adik tingkatnya seperti menaruh rasa terhadap dirinya.


Love and Goodbye and Hawaii
Isamu dengan adik kelasnya

 

Teman - teman Rinko baru mengetahui bahwa Rinko dan Isamu telah putus. Mereka mengakhiri hubungan mereka sejak 6 bulan yang lalu. Namun, teman - temannya merasa bingung mengapa Rinko masih tinggal bersama Isamu. Rinko beralasan dirinya akan pindah jika telah memiliki uang yang cukup.

 

Rinko merasa hubungannya dengan Isamu malah semakin dekat setelah mereka putus hubungan. Rinko menjadi semakin nyaman, begitu pula dengan Isamu. Hubungan mereka seperti seorang sahabat. Namun, Rinko mulai mempertanyakan perasaannya setelah bertemu dengan adiknya.

 

Ibu Rinko telah mengetahui bahwa dirinya telah putus dari Isamu. Ibunya menitipkan uang melalui adiknya agar Rinko bisa segera pindah dari apartemen tersebut. Namun, Rinko menolak uang pemberian Ibunya dengan alasan dirinya akan pindah dengan menggunakan uang sendiri. Adik Rinko mengatakan jika memang demikian, sebaiknya mereka kembali menjalin hubungan saja.

 

Rinko menjadi bingung dan kehilangan fokusnya. Apakah mereka akan kembali bersama?

 

Ulasan

 

Love and Goodbye and Hawaii adalah sebuah film drama yang menitikberatkan pada ide cerita mengenai seseorang yang hubungannya telah berakhir dan proses menemukan kembali dirinya. Menurut saya ide cerita ini baik dan sangan relate dengan banyaknya pasangan di luaran sana. Penyajiannya juga mudah dipahami dan cukup sederhana. Namun tetap enak untuk dinikmati.

 

Pemilihan lagu dan musik juga amat baik untuk mendukung suasana di tiap adegan. Hanya saja memang banyak 'silent moment' yang mungkin bagi sebagian orang akan membuat bosan. Namun, saya merekomendasikan film ini untuk dapat ditonton terutama mungkin dengan teman yang tidak mudah move on di hubungan mereka.

 

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah perjuangkan sebuah hubungan yang pantas untuk diperjuangkan. Jangan pernah bertahan pada sesuatu yang tidak ingin dipertahankan. Belajarlah untuk bisa menerima dan tumbuh berkembang bersama luka yang mungkin dirasa. Semua memang membutuhkan waktu, tetapi jangan terpenjara dengan kata - kata 'butuh waktu'. Perjalanan panjang akan terjadi saat kita coba untuk melangkahkan kaki.

 

Posting Komentar

0 Komentar