Review Skip and Loafer (2023) - Kisah Gadis Desa yang Pindah ke Tokyo Demi Mimpinya

 


Skip and Loafer (Original title: Sukippu to rôfâ) | 2023| 12 episode

Genre : Animation, Comedy, Drama| Negara: Japan

Director:  Kotomi Deai| Writers: Katsurō Hidaka, Tomoko Shinozuka, Yoko Yonaiyama Pemeran: Megumi Han, Tomoyo Kurosawa, Maaya Uchida, dll

IMDB : 7.9/10

My Rate : 10/10

 

Mitsumi pindah untuk sekolah di Tokyo demi mewujudkan impiannya, tetapi dirinya menyadari banyak hal yang tidak diketahuinya terutama dengan budaya baru yang tidak ditemuinya di desanya.

 

Sinopsis

 

Mitsumi yang memutuskan untuk melanjutkan SMA nya ke Tokyo dari sebuah daerah di Ishikawa. Di hari pertamanya sekolah, Mitsumi bertemu dengan Shima yang akhirnya banyak membantunya selama di sekolah. Mitsumi juga mengalami banyak hal di sekolah barunya yang memiliki budaya yang amat berbeda dengan sekolahnya dahulu.

 

Serial ini memiliki 12 episode dengan sinopsis sebagai berikut:

 

Episode 1: Sparkling-Fresh


Mitsumi yang tersesat saat perjalanannya menuju sekolah bertemu dengan Shima yang tenyata juga merupakan anak baru di sekolahnya. Setelah mengacaukan hari pertama dengan datang terlambat dan tidak sengaja muntah ke baju salah satu gurunya di upacara penerimaan siswa baru, tidak ada satu pun siswa yang ingin mendekatinya. Beruntung Shima menegurnya dan mengajak dirinya berteman.

 

Episode 2: Fidgeting and Wandering

 

Mitsumi merasa cukup tertekan untuk memperkenalkan dirinya dihadapan kelas. Meski tidak berjalan dengan cukup baik, dirinya dapat bergabung dengan anak - anak lainnya dan pergi bersama untuk berkaraoke. Fumi, sahabatnya, memberikan dukungan agar Mitsumi bisa berbaur dengan teman - temannya di Tokyo. Hal ini membuat Mitsumi menunjukkan dirinya apa adanya.

 

Episode 3: Dreamy and Sparky

 

Mitsumi memutuskan untuk bergabung dengan OSIS demi mencari pengalaman di bidang kepemimpinan. Di tempat itulah dirinya bertemu dengan Makoto, murid yang serius dan pendiam di kelasnya. Dari pertemuan tersebut dirinya dan Shima berhasil mengenal lebih jauh Makoto dan membuatnya menjadi lebih terbuka.

 

Episode 4: Tingling and Scraping

 

Mitsumi mengetahui rahasia Shima yang merupakan seorang artis cilik di masa kecilnya setelah ditunjukkan sebuah video oleh Kanechika, seniornya yang ada di klub drama dan trauma yang dirasakan oleh Shima. Mereka berjanji untuk saling mendukung satu sama lain. Mitsumi juga belajar mengenai manajemen waktu dengan Takamine, meski akhirnya dirinya harus mencari sendiri model manajemen waktu yang tepat untuknya.

 

Episode 5: Prickly and Giddy




Sekolah mereka akan mengadakan pesta olahraga dan Mitsumi bergabung dengan klub voli meski tidak memiliki pengalaman di dalamnya. Dengan bantuan dari Mika, dirinya mulai berlatih dengan keras meski timnya hanya memenangkan peringkat kedua. Mitsumi yang sebelumnya ragu untuk bertemu dengan Shima karena popularitasnya di lapangan, memutuskan untuk tidak menghiraukan hal tersebut dan mencoba mendukung Shima dengan sepenuh hatinya.

 

Episode 6: Drizzling and Flickering



 

Setelah mendengar kabar darI Fumi yang jatuh cinta dengan teman satu sekolahnya, Mitsumi mulai melihat perasaannya kepada Shima dengan cara yang berbeda. Terlebih saat Shima tidak masuk sekolah, membuat Mitsumi khawatir dan menimbulkan pertengkaran antara keduanya. Mitsumi berinisiatif untuk menyelesaikan kesalahpahaman antara dirinya dan Shima. Shima menganggap Mitsumi sebagai teman terbaiknya.

 

Episode 7: Hectic and Hot Stuff

 

Mitsumi menjadi sekretaris OSIS dan Takamine menjadi wakil ketua yang akhirnya membuat Takamine kecewa. Meski demikian Kanechika mencoba untuk menghibur Takamine. Liburan musim panas semakin mendekat, Mitsumi sangat ingin pergi ke kebun binatang dan tidak sengaja mengajak Shima. Mitsumi terkejut saat Shima menyanggupinya. Kejutan lain saat Ririka, seorang model terkenal mendatangi Shima.

 

Episode 8: Heat and Complications

 

Nao dan Mika membuntuti Shima dan Mitsumi secara diam-diam saat mereka pergi ke kebun binatang dan mendapati bahwa memang tidak ada hubungan spesial di antara keduanya. Saat mengadakan pesta piyama, Mika awalnya menolak untuk ikut. Namun, akibat bujukan Nao, Mika pun bergabung dengan teman - temannya dalam acara tersebut. Disisi lain, Ririka yang merasa hidupnya hancur akibat Shima, terus menerus menyalahkannya dan tidak membiarkan Shima hidup bahagia.

 

Episode 9: Drowsy and Peppy

 

Mitsumi kembali ke kampung halamannya dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga serta teman - temannya. Setelah kembali ke sekolah, dirinya merasa banyak yang berubah dengan teman sekolahnya termasuk Shima yang sedikit menjauh. Mitsumi mencoba untuk kembali mendekati Shima yang ternyata mengubah sikapnya karena terpengaruh perkataan Ririka kepadanya.

 

Episode 10: Scrambling and Dripping

 

Festival budaya diadakan di sekolah mereka dan kelas Mitsumi memutuskan untuk mengadakan pertunjukan musikal, Shima diminta untuk ikut serta dan mengambil bagian. Mitsumi yang sibuk di OSIS sebagai staf persiapan festival tidak banyak ikut membantu di kelasnya dan memiliki sedikit konflik dengan teman di kelasnya. Shima mencoba untuk menghibur Mitsumi dan membuatnya Mitsumi menumpahkan pikirannya.

 

Episode 11: Hype and Excitement

 

Festival pun dimulai, Mitsumi sedikit iri dengan teman - temannya yang dikunjungi oleh teman lama mereka. Ibu Shima yang mengetahui bahwa Shima bermain drama ikut hadir dalam acara tersebut bersama dengan adiknya, Keiri. Keiri tersesat dan langsung menangis saat bertemu dengan Shima. Sementara itu, Mitsumi berkeliling sekolah demi mencari Ibu Shima dan malah bertemu Ririka saat berjalan kembali ke kelas.

 
Episode 12: Shining

 

Ririka mengatakan hal tidak terduga kepada Ibu Shima yang membuat Ibu Shima memutuskan untuk pulang ke rumahnya. Shima menemui Ririka setelah penampilannya dan meminta maaf atas kejadian masa lalu serta memintanya untuk membiarkan Shima menikmati masa SMA nya. Mitsumi bahagia melihat Shima yang menjadi lebih ceria setelah festival tersebut.

 

Ulasan

 

Skip and Loafer (Japanese: スキップとローファー, Hepburn: Sukippu to Rōfā) adalah serial yang diadaptasi dari serial manga Jepang karya Misaki Takamatsu. Serial ini mendapatkan penghargaan sebagai Favorite Slice of Life tahun 2023 dalam Anime Trending Awards. Dengan ide cerita yang tidak baru, tetapi unik.

 

Kualitas gambar animasi yang disajikan cukup baik dan halus. Penggunaan efek suara dan pengisi suara juga cukup baik. Alur cerita juga dibangun dengan cukup baik, sehingga tiap fase dibangun secara perlahan dan tiap konflik terasa berjalan halus.

 

Ide cerita yang diangkat dalam serial ini mengenai seorang anak desa yang pindah ke kota demi menggapai impiannya. Saat itu anak tersebut baru saja masuk ke sebuah SMA dengan budaya yang pastinya berbeda dengan sekolah lamanya. Banyak konflik yang muncul dan dialami oleh tokoh utama. Namun, tidak ada satu pun yang saya rasa berlebihan, hal itu yang sering juga terjadi di kehidupan nyata.

 

Saya merasa perbedaan yang mendasar dengan beberapa anime yang pernah saya tonton, yaitu ide cerita tersebut benar - benar murni seperti kisah anak SMA pada umumnya. Jika kebanyakan di anime lain lebih banyak menekannya atau menonjolkan kisah romantis antara tokohnya. Serial ini juga memiliki kisah romantis, tetapi hanya sekelumit saja dan lebih mengutamakan kisah persahabatan.

 

Hal tersebut membuat serial ini menjadi lebih seru dan ringan untuk dinikmati. Tidak ada pula adegan yang terlalu berlebihan atau reaksi - reaksi berlebihan dari tokohnya yang sering kita temui dalam anime lainnya. Sehingga menurut saya serial ini akan cocok jika dibuatkan dalam bentuk Live Actionnya. Selama dapat menemukan pemain yang tepat dan inti dari cerita yang tidak berubah, bisa jadi sebuah live action yang menarik.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari serial ini agar kita tidak mudah menilai orang lain hanya dari persepsi yang mungkin timbul dalam fikiran kita. Kita tidak bisa membaca pikiran seseorang. Penting bagi kita saat berteman dengan seseorang, kita harus melihat kepribadian mereka dengan baik bukan hanya berdasarkan asumsi dan persepsi.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar