Review Film #Alive (2020) - Terkepung antara para Zombie ganas

 


#Alive (Original title: #Saraitda) | 2020 | 1h 38m

Genre :Action, Drama, Horror| Negara: South Korea

Director: Il Cho | Writers: Il Cho, Matt Naylor

Pemeran: Yoo Ah-in, Park Shin-Hye, Jeon Bae-soo, dll

IMDB : 6.3/10

Tomatometer : 88%

My Rate : 10/10

 

Oh Joon Wo terjebak di apartementnya dan berupaya untuk mencari jalan keluar, setelah sebuah virus mengerikan tersebar dan membuat orang - orang berubah menjadi monster yang mengerikan.

 

Sinopsis

 

Oh Joon Wo (Yoo Ah In) terbangun sendirian di apartemennya dengan kondisi dunia yang kacau balau. Orang - orang berubah dan saling menyerang satu sama lain. Melihat kekacauan yang terjadi di sekitarnya, ketakutan mulai menjalar di dalam dirinya.

 

Tiba - tiba seseorang yang mengaku tetangganya menerobos masuk ke dalam apartemen Joon Wo. Orang tersebut menunjukkan tanda - tanda terinfeksi dan mulai menyerang Joon Wo. Dengan sekuat tenaga Joon Wo akhirnya berhasil mengeluarkan orang tersebut dari apartemennya.

 
Upaya Bertahan Hidup

 

Keadaan makin memburuk setelah koneksi telpon dan internet juga terputus, membuat dirinya benar - benar terisolasi dari dunia luar. Joon Wo juga belum mendapatkan kabar lebih lanjut mengenai keluarganya. Ayahnya hanya mengirimkan pesan dan berharap Joon Wo dapat bertahan.

 

Kebodohan dilakukan oleh Joon Wo yang berteriak saat melihat seorang polisi wanita diserang oleh para zombie. Zombie pun mengetahui keberadaannya dan menerobos masuk ke dalam apartemennya. Beruntungnya Joon Wo berhasil lolos dari serangan tersebut.


#Alive
Joon wo yang menerima pesan suara dari ibunya

 

Bertahan hidup bukan hal yang mudah dilakukan. Stok makanan dan minuman di rumahnya mulai menipis. Joon Wo mulai kehilangan semangat hidupnya ditambah pesan suara yang dikirimkan Ibunya membuat dirinya makin terpukul. Keluarganya telah diserang oleh para zombie.

 

Dengan amarah yang membuncah, Joon Wo keluar dari apartemennya dan mengonfrontasi para zombie. Namun, setelah melihat jumlah zombie yang cukup banyak, Joon Wo pun mencoba untuk melarikan diri dan kembali ke kamarnya. Apakah yang akan terjadi kepada Joon Wo selanjutnya?

 

Ulasan

 

Film #Alive adalah film yang didasarkan pada naskah original dari film yang berjudul #Alone (2020). Film ini mengangkat tema yang menarik seputar Zombie. Setelah berhasil dengan film Train of Busan, #Alive juga berhasil menunjukkan kualitas yang sangat baik.

 

Unsur - unsur sinematik seperti cara pengambilan gambar, editing, dan efek yang digunakan amat baik. Make up yang digunakan para pemeran zombie dan efek lainnya juga terlihat realistis. Pemilihan lagu dan musik juga amat baik dan mendukung ketegangan dari film tersebut.

 

Akting dari Yoo Ah In bisa patut untuk diacungi jempol. Melalui aktingnya di film ini dirinya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Actor dalam Cine 21 Awards. Pemain pendukung lainnya juga memberikan totalitas akting yang memukau.


 

Penonton dapat merasakan setiap ketegangan yang terjadi. Terlebih setiap adegan yang memiliki intens yang tinggi, musik yang digunakan juga menambah ketegangan tersebut. Dengan kualitas yang amat baik, saya menjadi penasaran dengan #Alone. Apakah film referensinya juga memiliki kualitas yang sama baiknya?

 

Untuk perhatian, di dalam film ini terdapat beberapa adegan yang dipenuhi dengan darah, kanibalisme, dan kekerasan. Sehingga untuk para sineas bisa mempersiapkan diri sebelum menonton film ini. Ending dari cerita bisa dikategorikan sebagai Happy Ending.

 

Adegan yang mengesankan adalah saat Joon Wo telah menyerah dan mencoba untuk mengakhiri hidupnya. Tiba - tiba dirinya menyadari bahwa masih ada orang yang selamat selain dirinya. Pada adegan tersebut terlihat perubahan ekspresi dari Joon Wo yang terlihat bahagia karena merasa masih ada sebuah harapan dalam hidupnya.

 

Pesan dalam Film #Alive

 

"Aku harus bertahan"

 

Joon Wo merasa kaget dan ketakutan dengan keadaan sekitar yang kacau. Namun, dirinya merasa sedikit lega saat menerima kabar dari keluarganya. Ayahnya meminta dirinya untuk terus bertahan.

 

Saat kita berada di dalam suatu masalah yang pelik dimana seakan tidak ada jalan keluar yang terlihat. Kita harus bisa terus bertahan dan yakinlah semua akan berlalu. Banyak orang yang mencintai kita dan berharap kita tetap hidup dan tidak menyerah dengan keadaan.

 

"Saat ini kau hidup karena kau ingin hidup."

 

Joon Wo berterima kasih pada Yubin karena telah menyelamatkannya. Saat Joon Wo ingin mengakhiri hidupnya, Yubin memberitahukan keberadaannya. Sehingga membuat Joon Wo membatalkan niatnya dan kembali bertahan hidup.

 

Setiap orang pasti pernah merasakan titik terendah dalam hidupnya dan bisikan untuk mengakhiri hidup tersebut muncul. Namun, sebenarnya mereka tidak benar - benar ingin mati. Mereka hanya butuh seseorang yang menganggap mereka ada dan bersedia untuk menemani mereka di titik terendah tersebut.

 
Layak ditonton atau tidak?

 

Film #Alive merupakan film yang layak untuk ditonton bahkan saya rekomendasikan sebagai film yang dapat ditonton ulang. Setelah Train of Busan yang sukses dengan tema Zombienya, film #Alive menjadi alternatif lain dengan tema yang sama.

 

Quote

Aku pun sungguh ingin bertahan

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar