Review Film It's a Summer Film! (2020) - Perjuangan seorang Film Maker Indie wujudkan film impian


It's a Summer Film! (Original title: サマーフィルムにのって, Samā Firumu ni Notte) | 2020 | 1h 37m

Genre : Comedy, Drama, Fantasy| Negara: Japan

Director: Sôshi Masumoto | Writers: Sôshi Masumoto, Naoyuki Miura

Pemeran: Marika Itô, Daichi Kaneko, Yumi Kawai, dll

IMDB : 6.8/10

Tomatometer : 100%

My Rate : 10/10

 

Hadashi memutuskan untuk membuat film samurai epik dengan tokoh utama yang menawan, demi mengalahkan film romantis buatan klubnya.

 
Sinopsis Film It's a Summer Film!

 

Klub Film sedang membuat sebuah film romantis yang dipimpin oleh Karin (Mahiru Coda) untuk ditampilkan di festival sekolah. Meski semua orang terlihat menyukainya, Hadashi/Barefoot (Marika Ito) merasa film tersebut mengesalkan untuk ditonton. Namun, dirinya tidak dapat melakukan apapun mengenai hal tersebut.

 

Hadashi amat menyukai film laga bertemakan Samurai. Dirinya bersama dua teman lainnya Bito-ban/Kickboard (Kawai Yuumi) dan Blue Hawaii (Inori Kilala) sering bertemu di tempat persembunyian mereka untuk menonton film samurai. Begitu banyak film yang mereka miliki, termasuk juga aksesoris lainnya.

 

Mewujudkan film impian

 

Bito-ban yang senang membaca, tidak sengaja membaca cerita yang sedang dibuat oleh Hadashi. Bito-ban menyarankan agar Hadashi membuat film dari cerita tersebut. Namun, Hadashi masih belum bisa menentukan akhir ceritanya dan merasa sulit menemukan pemeran tokoh utama sesuai dengan kriterianya.

 

Suatu hari, Hadashi menghadiri sebuah Festival Film Samurai. Di tempat itulah dirinya bertemu dengan Rintaro (Kaneko Daichi) dan merasa bahwa Rintaro adalah orang yang cocok untuk memerankan Inotaro, tokoh utama dalam ceritanya. Hadashi meminta Rintaro untuk bermain di dalam film samurai buatannya. Meskipun mendapatkan penolakan dari Rintaro, Hadashi tidak mudah menyerah.


It's a Summer Film!
Rintaro bersama Hadashi

 

Hadashi mulai berusaha untuk mewujudkan film buatannya sendiri dengan bantuan teman - temannya. Hadashi mencari pendanaan dengan cara bekerja paruh waktu. Dirinya juga mencari teman - teman lainnya untuk menjadi kru dalam pembuatan film tersebut.

 

Rintaro akhirnya dengan terpaksa bersedia berperan dalam film buatan Hadashi. Hadashi berencana untuk tidak membuat film tersebut jika Rintaro tidak menjadi tokoh utamanya. Hal itu yang akhirnya mengubah pikiran Rintaro. Apakah film mereka akan berhasil dibuat?

 

Ulasan Film It's a Summer Film!

 

Film It's a Summer Film! merupakan film debut dari Soshi Masumoto sebagai sutradara. Film yang berlatar belakang kisah siswa SMA ini menyajikan cerita yang ringan dan juga menghibur, tetapi unik. Ide cerita tidak rumit dan mudah untuk diikuti.

 

Cerita tersusun dengan sistematis dan rapi. Pada babak pertama kita dapat mengetahui inti cerita dimana Hadashi ingin membuat sebuah film sesuai dengan keinginannya. Konflik kemudian muncul saat sebuah plotwist terjadi. Plotwist tersebut benar - benar tidak terduga dan membuat jalan cerita sedikit berubah. Penyelesaian dan happy ending yang ditampilkan menurut saya amat memukau karena penyelesaian tersebut tidak hanya mengenai penyelesaian sebuah film tetapi juga penyelesaian kisah di dalam film tersebut.

 

Film ini berisikan beberapa Kontradiksi yang membuat cerita menarik. Film yang dibuat Karin bertemakan romantis, sedangkan Hadashi membuat tema film Laga. Gaya Karin juga amat berbeda dengan Hadashi yang terlihat tomboy. Bahkan kru film mereka pun terlihat memiliki kepribadian yang berbeda.

 

Hal menarik terjadi saat Blue Hawaii yang tadinya amat memihak Hadashi dengan film laganya, mulai jatuh cinta dengan film romantis. Saat itu dirinya mengatakan isi hatinya dihadapan teman - temannya karena selama ini dirinya mencoba untuk menutupi rasa sukanya tersebut dari Hadashi. Namun, disini kita dapat melihat makna persahabatan sebenarnya, dimana Hadashi dan Bito-ban tidak menjudge buruk Blue Hawaii. Hadashi dan Bito-ban malah mendukung Blue Hawaii meski bertentangan dengan film kesukaan mereka. 

 

Akting dari para pemain juga cukup baik. Marika Ito sebagai pemeran utama mendapatkan penghargaan sebagai Best New Actress dalam Japan Movie Critics Award melalui aktingnya di film ini. Namun, memang tidak bisa dipungkiri, dari ekspresi, intonasi bicara, cara bersikap, dan aspek lainnya, Marika memberikan akting yang memukau.

 

Pemilihan lagu dan musik dilakukan dengan baik. Banyak musik yang terdengar ceria dan lucu sesuai dengan adegan yang mereka lakukan danmembuat adegan menjadi lebih menarik. Penggunaan make up juga tidak berlebihan sesuai dengan karakter mereka sebagai anak SMA. Pengambilan gambar dan editing juga cukup baik.

 

Adengan yang mengesankan adalah saat mereka berkumpul bersama setelah menyelesaikan shooting. Pada saat itu suasana begitu hangat dan para pemain terlihat begitu akrab. Mereka pun membagi pemikiran mereka mengenai makna film.

 

Dalam film ini terdapat beberapa adegan kekerasan yaitu permainan perkelahian menggunakan pedang atau yang menyerupainya.

 

Pesan dalam Film It's a Summer Film!

 

"Melalui filmku, aku ingin menghubungkannya dengan masa depan"

 

Melalui film kita bisa menampilkan cerita ke sebuah layar. Cerita dalam film tersebut bisa menghubungkan masa kini dan masa lalu, tetapi juga bisa menghubungkan ke masa depan. Sehingga pembuatan film yang baik, dengan cerita yang baik adalah hal yang terpenting untuk diingat. Hal ini membuat suatu film menjadi layak untuk disajikan kepada penonton. 

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film It's a Summer Film! merupakan film yang layak untuk ditonton dan juga menjadi rekomendasi film yang worth to rewatch dengan happy ending. Film ini cocok untuk para cineas yang menyukai cerita yang unik dan ringan. Selain itu melalui film ini kita juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai cerita di balik layar pembuatan film.

 

(Aluna)

 

 


Posting Komentar

0 Komentar