Ngaji.ai, Belajar mengaji dengan mudah dan menyenangkan

 

ngaji.ai

Nama Aplikasi: Ngaji.ai - Tutor Belajar Ngaji

Pengembang  : Team Novo Indonesia

Biaya               :  Gratis

Google Play    :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.novoxulm.ngajiai&hl=en&gl=US

 

Al Quran adalah kitab suci agama Islam yang berisikan petunjuk dan pedoman hidup. Sebagai umat Muslim wajib rasanya harus bisa membaca Al Quran (ngaji). Tidak sedikit orang yang mau belajar mengaji tetapi bingung mau mulai darimana atau malu jika harus bertemu dengan orang. Aplikasi ini bisa menjadi alternative bagi kamu untuk belajar ngaji secara mandiri. Meski saya sarankan setelah selesai menggunakan aplikasi ini bisa melanjutkan dengan belajar langsung dari seorang guru.

 

Ngaji.id adalah sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk membantu orang belajar mengaji. Pengguna akan dibantu oleh AI untuk mengetahui kebenaran dari pelafalannya. Selain itu, juga dapat mendengarkan contoh pelafalan yang tersedia di dalam aplikasi.

 

Aplikasi ini di desain dengan tampilan UI yang cukup mudah untuk dipahami oleh pengguna. Fokus pembelajaran adalah memastikan cara baca pengguna telah sesuai. Materi dapat diakses dengan menekan tombol kelas yang tersedia di menu. Kelas pelajaran terbagi menjadi dua yaitu Pra Tahsin dan Tahsin.

 

Pra Tahsin diperuntukkan untuk awal mula mengaji dengan materi pengenalan dasar seperti huruf dan beberapa tanda baca dalam mengaji. Kelas ini terdiri 8 kelompok materi dimana masing masing terdiri dari 5 - 14 rincian materi di dalamnya. Setelah selesai mempelajari semua materi, pengguna dapat melakukan Ujian Pra Tahsin untuk mengetahui kemampuan setelah pelajaran selesai dilakukan.

 

Kelas Tahsin dapat diakses setelah kelas pra tahsin selesai dikerjakan atau bagi orang - orang yang memang sudah mengetahui dasar - dasar dalam mengaji. Kelas Tahsin terdiri dari 7 kelompok materi lanjutan yang di dalamnya terdiri dari 4 - 9 rincian materi. Hanya sayangnya materi yang diakses baru sebanyak 4 kelompok materi dari 7 kelompok tersebut. Ujian tahsin pun masih dalam pengembangan dan belum tersedia.

 

Kelebihan lainnya juga tersedia fitur tadarus. Pengguna dapat mengaji Al Quran melalui fitur ini dan juga akan dievaluasi kebenaran pembacaan menggunakan AI. Tersedia untuk menyimpan ayat yang dirasa penting, penanda akhir bacaan, dan juga contoh audio.

 

Kekurangan dari aplikasi materi yang belum tersedia secara lengkap. Aplikasi ini memiliki potensi yang cukup besar dan amat membantu. Namun, sayangnya materi yang tersedia belum lengkap dan belum diketahui juga apakah pengembang akan menyempurnakan aplikasinya atau tidak. Diharapkan pengembang tetap berusaha menyempurnakan aplikasi ini dan pengguna aplikasi juga akan bertambah. 

 

Saran bagi pengembang untuk bisa mengoptimalkan fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini seperti menu peringkat. Saat ini menu tersebut tersedia, tetapi tidak memberikan suatu manfaat apapun bagi pengguna selain mengetahui posisi di antara pengguna lainnya berdasarkan jumlah bintang. Selain itu, mungkin bisa ditambah fitur pencarian perihal pertanyaan yang sering muncul bagi pengguna yang baru belajar Al Quran. 

 

(Aluna)

 


Posting Komentar

0 Komentar