Review Film Aloners (2021)

 

Film Aloners (2021)

Aloners (Original title: Honja saneun saramdeul) | 2021| 1h 31m

Genre : Drama | Negara: South Korea

Director: Hong Seong-eun | Writers: Hong Seong-eun

Pemeran: Jung Da-eun, Seo Hyun-woo, Park Jeong-hak, dll

IMDB: 6.9/10

Tomatometer : 98%

My Rate : 6/10

 

Jina membatasi interaksi dirinya dengan dunia luar dan lebih senang menyendiri, tetapi kematian tetangga apartement dan juga kehadiran anak baru di kantornya sedikit demi sedikit menggoyahkan hidupnya.   

 

Peringatan:

-

 

Sinopsis:

Jina (Gong Seung Yeon) bekerja sebagai customer call untuk perusahaan kartu kredit. Dirinya memiliki kinerja yang paling baik di antara rekan - rekannya meski dirinya masih dalam keadaan berduka akibat kematian Ibunya. Namun, hal itu tidak menjadi suatu tujuan atau kebanggaan baginya. Jina merasa hanya menjalankan tugasnya dan tidak terlalu peduli dengan pandangan orang lain.

 

Jina tidak banyak berinteraksi dengan orang sekitarnya. Dirinya lebih memilih menutup diri dan menyukai kesendirian. Dalam perjalanan dihabiskannya dengan menggunakan headset dan menonton video, dirinya pun membatasi interaksi dengan tetangganya, dan lebih menyukai berdiam diri di dalam kamarnya. Orang yang cukup dekat dengannya hanyalah bos di kantornya.

 

Perubahan mulai terjadi setelah ayahnya mulai menghubunginya kembali untuk membicarakan mengenai surat wasiat ibunya. Kematian tetangganya pun menjadi suatu hal yang mengejutkan baginya. Terlebih kesendiriannya mulai terganggu dengan kehadiran Soo jin (Jung Da Eun), seorang pegawai magang yang harus dilatihnya.



Pekerjaan sebagai customer call bukan pekerjaan yang mudah. Namun, Jina melakukannya dengan amat baik dengan tidak memasukkan perasaan ke dalam pekerjaan dan interaksinya dengan klien. Jina melakukannya layaknya sebuah robot tanpa perasaan. Hanya saja, Soo Jin tidak dapat melakukan hal tersebut dan membuat Jina sedikit kesal.

 

Akankah kedamaian Jina akan kembali?

 

Ulasan:

Film Aloners mendapatkan 10 kemenangan dan 10 nominasi, sebagian besar berkat akting Gong Seung Yeon dimana film ini adalah film debutnya. Berakting sebagai seorang penyendiri yang tidak menunjukkan emosi apapun memang memiliki kesulitan tersendiri. Gong Seung Yoon berhasil menunjukkan akting yang baik dalam film ini. Dirinya dapat memperlihatkan perasaan sedih dan kesepian dari tiap gerakan dan ekspresi wajahnya.

 

Ide cerita dari Film Aloners ini cukup baik, hanya saja dirasa eksekusi belum dilakukan maksimal. Sedikit berbeda dengan ekspektasi saat menonton trailer dari film ini. Film ini kurang meninggalkan kesan yang membekas pada penonton.


 

Kelemahan dari latar belakang cerita seperti latar belakang Jina yang menjadi penyendiri dan hubungan dengan ayahnya yang buruk, apakah hanya karena kematian Ibunya atau sudah dari lama. Banyak tokoh yang tidak memiliki nama dan hanya seperti figuran belaka. Latar belakang dari tokoh-tokoh pendukung juga tidak terlalu jelas. Sedangkan latar belakang tokoh merupakan hal yang cukup penting bagi penonton untuk memahami cerita. Sebab kita tidak bisa mengetahui secara keseluruhan jika tidak di tampilkan dalam layar.

 

Akhir cerita dari film ini juga sedikit kurang jelas. Sehingga secara keseluruhan film ini masih dapat dinikmati dengan baik. Hanya saja dirasa masih banyak peluang untuk dapat mengoptimalkan cerita kembali.

 
Adegan yang mengesankan:

Adegan mengesankan adalah saat Jina menelpon ayahnya dan meluapkan semua isi hati dan kekecewaan yang selama ini dipendamnya. Kematian ibunya menggoreskan luka yang cukup dalam di hatinya. Jina menganggap bahwa kematian ibunya merupakan bagian dari kesalahan ayahnya. Saat Jina meluapkan perasaannya, pada adegan itu mmerupakan klimaks dari emosi Jina. 

 
Dialog mengesankan:

"Aku selama ini hanya berpura-pura"

 

Ending:

Happy Ending.

 

Rekomendasi:

Okay to Watch! 

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar