[HUMAS] Public Speaking






Public Relations???

Public relations (PR) atau yang dikenal juga dengan sebutan Hubungan Masyarakat (Humas) bukanlah pekerjaan yang mudah . PR bisa dikatakan sebagai suatu posisi dimana setiap tindakan yang dilakukan akan mempengaruhi perusahaan atau lembaga. Biasanya PR sebagai titik puncak untuk menyampaikan apa saja yang berhubungan dengan perusahaan kepada masyarakat.

Sebagai seorang PR harus memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi karena seorang PR akan sangat sering berhubungan dengan orang lain.


Seorang public relations memiliki beberapa tugas seperti
a. Melakukan Rilis
Rilis biasanya akan berkaitan dengan  pers, sehingga seorang PR harus siap sedia saat media membutuhkan lebih materi tentang perusahaan.
b. Membentuk Reputasi
c. Meluruskan isu negatif
d. Sebagai jasa konsultan

PR harus didukung dengan kemampuan melakukan public speaking yang baik. Banyak dari kita sangat sulit untuk melakukan Public Speaking di depan khalayak ramai yang tidak kita ketahui.

Beberapa problem yang sering menjangkit seorang saat melakukan public speaking adalah grogi, gugup, kehilangan kata-kata. Bahkan meskipun kita sudah melakukan persiapan yang matang namun saat grogi menyerang maka semua persiapan tersebut dapat hancur seketika.

Bahkan ada sebuah phobia yang membuat seseorang takut untuk melakukan Public Speaking, phobia ini biasa dikenal dengan nama Glossophobia. Glossophobia ini ketakutan atau kecemasan yang tinggi saat melakukan bicara di depan umum. Hal ini sering terjadi. Namun sering kali seorang yang mengalami Glossophobia dapat melakukan apa saja di depan umum atau di panggung seperti menari dan bernyanyi namun tidak untuk berbicara.

Seorang yang introvert belum tentu mengalami Glossophobia, begitu juga dengan sebaliknya. Glossophobia dapat disembuhkan, salah satunya dengan melakukan therapy yaitu cognitive-behavioral.

Sebenarnya kecemasan itu sendiri berada di dalam diri kita sendiri sehingga kitalah yang harus mengaturnya.
Belajarlah untuk mengurangi nya dengan menambah kepercayaan diri kita dan terus belajar untuk memberanikan diri bicara di depan umum.

Persiapkan materi yang akan dipresentasikan , atur nafas saat akan naik ke atas panggung.

Selain itu pula seorang PR akan dilihat pertama kali dari penampilannya. Jangan biarkan oranglain memandang sebelah mata terhadap diri kita. Biasakan menggunakan pakaian  atau tampilan yang baik setiap saatnya. Dimana pun kita pergi dan dimana pun kita berada. Karena kita tidak akan tahu siapa yang akan kita temui. Bisa jadi klien kita atau pers atau yang lainnya.

Seorang PR juga harus memiliki 'berjuta wajah'  maksudnya adalah jangan biarkan orang tau tentang perasaan anda, atau masalah anda. Jadilah seorang profesional. Biarkan masalah anda menjadi masalah anda, jangan mengumbar yang tak perlu diumbar.

salam sukses
by: uwiepuspita

.


Posting Komentar

0 Komentar