[OPINI] Kasta Terendah

Kasta? sadar atau tidak kita secara tidak langsung menerapkan sistem kasta. Dan orang-orang yang ada di atas biasanya merasa paling tinggi. Terkadang kita lupa kita memiliki derajat yang sama, sama-sama manusia yang berakal.

Segala harta yang kita miliki, kedudukan yang kita miliki dapat dengan sekejap menghilang. Kemudian apa gunanya sikap sombong yang kita tunjukkan? tidak akan ada artinya lagi ketika semua yang kita miliki diambil kembali. Semua yang ada pada diri kita adalah titipan belaka dari Tuhan. Semua milik Tuhan, so apa yang kita banggakan?

Saat ini, ketika kamu berada di atas. Kamu hanya lebih beruntung dari orang yang mungkin tidak seberuntung dirimu. Namun bukan berarti kamu berhak meningggikan diri, merendahkan orang lain.
Kamu bukan apa-apa.

Saya, Kamu, Mereka semua sama dihadapan Tuhan. Hanya amal ibadah yang membedakan. Dan kita, manusia, tidak pernah bisa dengan pasti dan akurat mengukur amal yang kita lakukan. Hanya Tuhan yang tahu pasti kadar amalan umatnya.

Kemudian apa yang kamu banggakan? kamu hanya beruntung. Hanya masalah waktu dan pengalaman.

Saya, Kamu, Mereka akan berbentuk sama saat dilihat dari ujung dunia. Yaitu partikel kecil yang sama sekali tidak terlihat. Sama seperti elemen pada inti atom.

so? Kamu masih merasa berada pada kasta tertinggi dan merendahkan orang yang kamu anggap kasta terendah?

Kasta terendah dalam tatanan masyarakat biasanya menjadi sasaran untuk menjadi kambing putih (gk jaman kambing hitam, hahahaha) tempat semua kesalahan ditumpahkan. Yang pembelaannya tidak akan terdengar, yang jeritannya tidak akan terdengar.

Tidak ada namanya kasta. Kita semua sama. MAKA MANUSIA KAN MANUSIA!!!

hargai dirimu, hargai orang lain baik yang lebih beruntung darimu, seberuntung kamu, atau mungkin belum beruntung.

itulah cara kamu seharusnya hidup. Hargai kehidupan dan sebarkan hal positif.

#renungan dan pengingat diri sendiri dan kamu

Posting Komentar

0 Komentar