[OPINI] Motivation and System

Beberapa hari yang lalu, gw bercakap-cakap dengan temen gw via bbm. Awalnya kita ngomongin kesempatan. Dimana menurut gw, selama kita masih muda kita harus menggunakan waktu kita sebaik mungkin dan mengeksplore bakat yang ada di dalam diri kita. Kemudian kita beranjak dengan membicarakan semangat dan motivasi.

Kata temen gw, kita juga harus aware, jangan terlalu bersemangat. Dikarenakan dunia bekerja bukan karena goal atau mindset atau semangat. But universe works by the system. Motivasi hanya ilusi buatan manusia dan yang real adalah system. Tanpa di suruh, batu jatuh ke pusat bumi dikarenakan gravitasi. Sedangkan motivasi sifatnya unstable. 

Perkataan temen gw itu terus terngiang di pikiran gw. Dan akhirnya gw berpikir tentang hubungan sistem dan motivasi. Analogi gw itu gini, sistem itu kayak sebuah takdir yang pasti terjadi. Suatu akhir atau hasil yang pasti terjadi. Itu adalah sebuah sistem. Terus motivasi itu apa? motivasi itu adalah reason atau sebab sistem tersebut berjalan atau terjadi. Kalo di realkan itu seperti upaya manusia.

Jadi gini, loe tau kan bahwa rejeki gak pernah salah orang. Sistem akan berkata misalkan gw bakal dapat rejeki 100rb. Tapi gw gak tau kapan dan bagaimana caranya. Nah upaya gw biar dapat 100rb itu adalah motivasi. Misalnya dengan gw kerja, ngamen dsb. Tapi kalo gw gak usaha pun, mungkin aja gw dapat tuh 100rb. Kan dah ditakdirkan dapat, tapi gw gak tau kapannya , gak pasti. Dengan adanya motivasi itu loe sebenernya juga tetep gak pasti kapan dapat nya, tapi minimal gw jadi punya keyakinan bahwa gw bakal dapat tuh 100rb nya. Jadi gw bukan pasrah, tapi tawakal. #hehehe

Atau kalo pake analogi batu tadi, sistem berkata batu akan jatuh ke bumi karena adanya gravitasi. Tapi cara dia jatuh itu motivasi, misalnya kita tendang atau kita lempar. Jika kita tidak memberikan usaha itupun udah pasti jatuh kok. Tapi bisa sangat lamaaaaaaaaaaaaaaaaa, atau sangat cepaaaaaaattt. Dan itu gambling. Taruhan. Bukan suatu upaya.

jadi meski pun universe works by system, we still need motivation to make ourself believe that the system is not wrong. 

i think its the conclusion of this article and my conversation with my friend. 

hehe, just it. please comment below.., :P 

Posting Komentar

0 Komentar