Review Application - Pleco, Membantumu Mencari Kata yang tidak Dimengerti

  

Pleco
Aplikasi Pleco

Nama Aplikasi           Pleco Chinese Dictionary
Pengembang              
Pleco Inc.
Google Play                :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pleco.chinesesystem&hl=en&gl=US
Apps Store                 :
https://apps.apple.com/us/app/pleco-chinese-dictionary/id341922306 

Pleco adalah sebuah aplikasi kamus bahasa mandarin yang membantu kita untuk mencari kata - kata mandarin yang tidak kita ketahui. Aplikasi yang dikembangkan pada tahun 2000 oleh Michael Love ini dilatarbelakangi dengan kesulitan Michael dalam menghafal kosakata mandarin. Terlebih lagi Michael harus membuka kamus bahasa mandarin dan mencari kata yang tidak diketahui. Kesulitan ini yang akhirnya membuat Michael membuat aplikasi pleco. 

Aplikasi ini banyak disarankan oleh beberapa pengajar bahasa mandarin kepada para muridnya. Gw mengetahui aplikasi ini dari Laoshi yang mengajari gw bahasa mandarin. 

Fitur

Pleco
Pencarian menggunakan tulisan tangan

 

Pencarian menggunakan ketikan kata

Kamus yang terbaik. Pleco memiliki database kosakata yang cukup lengkap karena berasal dari beberapa kamus lainnya yang menjadi acuan. Namun tidak semua kamus dapat digunakan dalam mode gratis. 

Kinerja aplikasi yang cepat. Aplikasi berjalan dengan cepat dalam menampilkan hasil pencarian, sehingga pengguna akan dapat menemukan kata yang dibutuhkan dengan cepat. 

Pencarian yang mudah. Pencarian dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui tulisan hanzi, pinyin tanpa nada, atau kombinasi antara hanzi dan pinyin. Pengguna juga dapat menggunakan tulisan tangan untuk menulis hanzi yang dicari. Dapat juga menggunakan inputan melalui suara. 

OCR. Pengguna juga dapat melakukan pencarian secara langsung dengan menyorotkan kamera ke dokumen yang dibutuhkan. Tanpa harus mengambil gambar terlebih dahulu, pengguna hanya mengarahkan kamera ke tulisan yang akan diartikan dan arti dari dokumen tersebut akan langsung muncul. Hanya saja fitur ini tidak dapat dinikmati secara gratis ada biaya yang harus dikeluarkan. 

Audio Pronunciation. Biasanya pengguna juga ingin mengetahui bagaimana cara baca dari huruf atau kata yang dicarinya. Pleco memberikan kemudahan dimana  kita dapat memutar suara yang disediakan dan mendengar bagaimana kata tersebut diucapkan. Suara berasal dari native-speaker yang pastinya akan memberikan pronunciation yang tepat. 

Mendukung semua karakter. Seperti yang kita ketahui ada 2 jenis karakter hanzi, yaitu tradisional dan simplified. Pleco dapat mendukung semua jenis karakter untuk pencariannya, sehingga semua pengguna dapat dengan mudah menggunakannya. 

Flashcard. Pengguna yang mempelajari suatu bahasa baru biasanya sering lupa dengan kata - kata yang telah dipelajari. Pleco menyediakan flashcard yang dapat digunakan untuk mengingat kosa kata yang mungkin terlupakan. Fitur ini dapat diakses dengan melakukan pembelian di dalam aplikasi

Kelebihan dan Kelemahan

Meskipun memiliki beberapa fitur yang dapat diakses dengan melakukan pembelian di dalam aplikasi, aplikasi Pleco ini tetap dapat digunakan secara optimal dalam mode gratis. Untuk para pengguna yang hanya membutuhkan pleco untuk mencari kosa kata dengan cara menulis hanzi, berbicara, dan menuliskan pinyin, mode gratis sudah mencukupi. 

Jika pengguna ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap pengguna harus melakukan pembayaran dan pembelian. Perbedaan sistem pembayaran ini dengan aplikasi lainnya adalah aplikasi lainnya biasanya melakukan pembayaran dalam periode tertentu seperti bulanan atau tahunan. Sedangkan Pleco menggunakan sistem pembayaran sekali bayar, dengan melakukan sekali bayar kita dapat menggunakan fitur yang kita butuhkan. Hanya saja setiap fitur akan memiliki harga yang berbeda dan dapat dibeli secara terpisah atau paket. Pastinya jika pembelian secara paket akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Menurut gw, kalau kalian hanya butuh untuk mencari kosa kata, cukup menggunakan mode gratis saja tanpa harus melakukan pembelian. Dari semua aplikasi kamus yang pernah gw gunakan, gw mengakui bahwa Pleco memang aplikasi yang amat membantu dalam mempelajari bahasa Mandarin. 

Sekian ulasan gw, silahkan mencoba

Wǒ xiān zǒu le. Bai bai

(aluna)














Posting Komentar

0 Komentar