Review Film On Your Wedding Day (2018) - Cinta pertama yang sulit untuk dilupakan

 


On Your Wedding Day  (Original title: Neo-eui kyeol-hoon-sik) | 2018 | 1h 50m

Genre : Comedy, Romance| Negara: Korea|

Director: Lee Seok-geun | Writer : Lee Seok-geun
Pemeran: Kang Ki-young, Park Bo-young, Yeon Bae-soo, dll

IMDB : 7.0/10

 

Cinta pertama berbeda dengan cinta monyet yang seringkali didasari oleh kekaguman atau obsesi. Cinta pertama adalah rasa suka yang pertama kali dirasakan oleh seseorang dengan kesungguhan dan dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan cinta pertama seringkali sulit untuk dilupakan.

 

Film ini dibuka dengan Hwang Woo-yeon (Kim Young-kwang) yang sedang bercerita kepada para muridnya tentang kejadian masa lalunya. Woo-yeon sering kali bercerita agar membuat siswanya tidak bosan berada di kelasnya. Sekembali ke ruang kelas, dirinya menemukan sebuah undangan dari Hwan Seung-hee (Park Bo-young) yang kemudian membuat dirinya kembali mengingat masa lalu.

 

Hwang Woo-yeon merupakan seorang siswa nakal di sekolahnya. Dirinya selalu berkelahi dengan teman sekolahnya dan akhirnya mendapatkan hukuman dari guru. Saat Hang Woo-yeon sedang dihukum oleh gurunya di ruang guru, seorang gadis cantik yang merupakan siswi pindahan, Hwan Seung-hee. Woo-yeon langsung terpesona dengan kecantikan dari Seung-hee.

 

Berita tentang seorang gadis pindahan yang cantik tersebar di seluruh sekolah, semua pria datang ke kelasnya hanya untuk melihat Seung-hee. Taek-ki, preman sekolah tersebut, mengirimkan pesan ke semua siswa yang ada di sekolah dan mengatakan bahwa Seung-hee adalah miliknya dan tidak ada yang boleh mengganggunya.

 

Woo-yeon yang mengenal Seung-hee terlebih dahulu akhirnya menjadi teman dekat, terlebih mereka adalah sama-sama siswa pindahan. Mereka pergi membolos bersama untuk makan Tteokbokki, yang awalnya Woo-yeon salah paham dan mengira Seung-hee mengajaknya untuk melakukan hal lain.

 

Taek-ki membuat Seung-hee kesal karena terus mengganggunya di sekolah dan dirinya memutuskan untuk kembali bolos dari sekolah dan Woo-yeon ikut bersamanya. Saat  mereka sedang makan tteokbokki, Taek-ki dan gerombolannya berkeliling mencari Seung-hee. Woo-yeon akhirnya mengusulkan agar mereka berpura-pura berpacaran. Namun, Seung-hee memberikan syarat agar Woo-yeon berhenti berkelahi. Mereka pun akhirnya berpacaran hari itu dan semakin dekat.

 

Seung-hee memiliki rahasia dalam hidupnya, dimana dia dan ibunya sedang dalam pelarian dari ayahnya yang pemabuk. Namun ternyata ayahnya dapat menemukan mereka dengan cepat dan membuat keributan di rumahnya. Woo-yeon tidak sengaja melihat kejadian tersebut, karena rasa khawatirnya saat Seung-hee tidak ada di sekolah dan akhirnya mendatangi rumahnya. Kejadian tersebut yang membuat mereka harus terpisah, Seunghee harus kembali pergi bersama ibunya.

 

Takdir mempermainkan mereka

 

Setelah lulus dari sekolah, Woo-yeon bekerja paruh waktu di sebuah restoran ayam dan tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah. Saat itu, temannya, Ok Geun-nam (Kang Ki-young) membawa brosur sebuah universitas di Seoul, karena dirinya berencana untuk melanjutkan universitas di sana. Tanpa sengaja Woo-yeon melihat salah satu foto di dalam brosur tersebut dan tidak lain adalah Seung-hee.

 

Demi mengejar Seung-hee ke Universitas Hankook dan masuk ke jurusan pendidikan jasmani, Woo-yeon belajar dengan keras bahkan meminta agar keluarganya tidak mengganggunya saat belajar. Hal tidak disangka terjadi, Woo-yeon dan Geun-nam lolos masuk ke Universitas Hankook. Setelah itu dirinya langsung berkeliling untuk mencari Seung-hee.

 

Pencarian membuahkan hasil, takdir mempertemukan mereka kembali. Woo-yeon kembali dekat dan tinggal di kosan yang sama dengan Seung-hee. Rasa cintanya pada Seung-hee masih sama seperti saat mereka pertama bertemu, tetapi ternyata Seung-hee telah memiliki pacar seorang kapten American Football.

 

Woo-yeon dibakar api cemburu dan tanpa sengaja mengetahui bahwa pacar Seung-hee bukanlah lelaki baik- baik. Namun, Seung-hee tidak mempercayainya dan akhirnya membuat hubungan mereka menjauh. Takdir terus menerus mempermainkan mereka, dengan mempertemukan mereka kembali dibeberapa moment tertentu.

 

"Cinta pertama itu seperti berjalan. Kau harus belajar untuk jatuh, agar bisa berjalan dengan benar."

 

Hal ini yang membuat film ini menarik. Sepanjang cerita penonton akan disuguhkan rasa penasaran apakah mereka akan bersatu atau tidak? Meski alur film menceritakan beberapa tahun perjalanan cinta keduanya, tetapi disajikan secara apik dan tidak terkesan dipadatkan atau terburu-buru.

 

Penonton juga diajak untuk merasakan saat tokoh mengalami jatuh cinta pertamanya, gejolak perasaan yang dialami, hubungan yang terjalin, saat mereka berpisah, dan beberapa moment lainnya. Penonton ikut merasakan perkembangan dari karakter tokohnya hingga mereka menjadi seorang yang lebih dewasa.

 

Dengan cerita yang lebih realistis pastinya membuat penonton lebih mudah untuk relate dengan kejadian yang ditampilkan. Bukan berbentuk cerita fantasi romantis yang biasanya menjadi jalan cerita dibeberapa film romantis. 

 

Pemeran dalam film ini saya rasa sangat pas dengan karakter dari masing-masing tokohnya dan dapat menggambarkan tokohnya dengan baik. Perbedaan tinggi antara Park Bo-young dan Kim Young-kwang membuat pasangan ini terlihat begitu romantis dan imut.

 

Secara keseluruhan, film ini adalah film yang ringan dan cocok untuk ditonton bersama pasangan kita agar dapat belajar mengenai suatu hubungan percintaan.  Film ini dapat ditonton untuk segala usia baik dari remaja, 30an, atau pertengahan. Saya memberikan nilai 9 dari 10, karena cerita yang amat relate dengan kehidupan yang saya alami dan mengajarkan kita mengenai kehidupan dan percintaan tanpa terlalu berlebih-lebihan.

 

Film ini juga diremakedalam sebuah Film China dengan judul My Love yang release pada April 2021. Untuk film tersebut akan saya ulas secara terpisah.


(Aluna)

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/hot/read/5032235/apa-arti-cinta-pertama-ketahui-lebih-mendalam

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar