Games Anak: Mengelola toko dan menyediakan kebutuhan pelanggan

 


Nama Aplikasi: Toko Manis Bayi Panda

Pengembang  : BabyBus

Google Play    :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sinyee.babybus.factory&hl=in&gl=US

 

Saat masih kecil, saya sangat senang jika di ajak ibu untuk berkunjung ke pasar atau sebuah toko. Selain asyik melihat mereka melayani pelanggan, saya juga senang saat melihat mereka membuat makanan atau minuman yang dipesan oleh pelanggan.



Toko Manis Bayi Panda adalah sebuah permainan yang mengajarkan anak untuk mengelola sebuah toko, dari menyediakan barang yang akan dijual hingga melayani pelanggan. Aplikasi ini dapat dimainkan untuk anak di atas 3 tahun. 1 Juta pengguna telah mengunduh aplikasi ini, sehingga mendapatkan nilai 4.2 dari 5. Sebuah nilai yang cukup baik untuk sebuah aplikasi.

 

Permainan yang ditawarkan adalah mengelola satu buah toko yang menjual jus buah, es krim, dan permen kepada para pelanggannya. Hanya saja, kita juga diminta untuk membuat masing - masing barang tersebut di pabriknya. Sehingga barang - barang tersebut tersedia di toko kita dan kita dapat menjualnya kepada pelanggan yang akan membeli.

 

Fitur yang disediakan dalam aplikasi ini adalah simulasi nyata pembuatan masing masing barang. Banyak variasi produk yang dapat dibuat dari masing - masing barangnya. Tersedia banyak sekali varian dan kombinasi pembungkus yang dapat dibuat.

 

Kelebihan dari aplikasi ini adalah animasi dan grafisnya yang bagus dan menarik, membuat anak akan betah untuk bermain melalui aplikasi ini. Selain itu anak dapat mengasah kemampuannya manajemen mereka dengan cara mengelola toko tersebut. Anak juga terasah dari segi kreatifitasnya, karena setiap proses pembuatan makanan yang akan dijual, anak dibebaskan untuk melakukan kombinasi yang diinginkan sesuai dengan keinginannya.

 

Dalam proses pembuatan makanan juga disertakan sebuah petunjuk yang mudah untuk diikuti, meski sesekali ada petunjuk yang masih rancu. Sehingga masih membutuhkan pendampingan dari orang tua. Namun, meskipun tidak di dampingi, anak juga dapat memecahkan permasalahannya sendiri dengan mudah.

 

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini antara lain munculnya iklan di tengah-tengah permainan. Hal yang wajar bagi sebuah aplikasi gratis, jika iklan muncul di tengah - tengah. Sehingga mau tidak mau anak harus terhenti sejenak permainannya, tetapi orang tua dapat membayar jika ingin menghilangkan iklan tersebut.

 

Meski petunjuk yang diberikan saat membuat makanan terbilang mudah diikuti. Namun, perlu dioptimalkan kembali untuk petunjuk di toko saat akan melayani pelanggan. Saya sebagai seorang dewasa yang mencobanya juga sedikit kebingungan awal mulanya. Meski akhirnya bisa saya tangani dengan mencoba mengklik dan menggeserkan item beberapa kali.

 

Kekurangan lainnya adalah kurangnya tantangan dalam permainan ini. Tidak ada target atau hal yang perlu dicapai. Hal ini dapat menjadi masukan kepada pengembang, mungkin bisa ditambahkan target atau goal yang memacu jika kompetisi dari anak.

 

Secara keseluruhan aplikasi ini amat bermanfaat baik bagi anak untuk meningkatkan jiwa kreatifitas dan kemampuan manajerial dari anak.  Silahkan mencoba!

 

(aluna)

 

 

 




Posting Komentar

0 Komentar