[DESTINASI] Healing sambil Ngopi di Kopi Nako Kebon Jati

 

Kopi Nako Kebon Jati
Sumber. Foto Pribadi Penulis

Lokasi :  Kopi Nako Kebon Jati 

Alamat : Jl. Perjuangan, Cipayung Datar, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770

Jam Buka: Senin - Jumat 8am-10pm

                   Sabtu - Minggu 7am-10pm

Instagram: https://www.instagram.com/kopinako.kebonjati

 

Minum kopi sambil ditemani pemandangan yang indah serta duduk di bawah pepohonan yang rindang menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat dan mengisi kembali energi yang telah digunakan selama bekerja. Kopi Nako Kebon Jati menjadi salah satu rekomendasi tempat buat kamu menikmati semua hal tersebut.

 

Kopi Nako memiliki dua tempat parkir, dimana tempat parkir di lapangan dan di basement. Setelah turun di tempat parkir utama yang lapangan kamu bisa masuk dengan berjalan kaki sebentar hingga sampailah ke pintu masuk sebenarnya dari Kopi Nako Kebon Jati. Namun, disediakan juga bentor bagi yang merasa tidak kuat untuk berjalan kesana. Sebenarnya jalannya tidak terlalu jauh, tetapi jika dibutuhkan bisa digunakan.

 

Setelah melalui pintu utama kamu akan langsung disambut dengan barisan pepohonan rindang dan juga beberapa tempat duduk yang dapat kamu gunakan. Terdapat fasilitas gazebo jika kamu mau sambil berlesehan atau rebahan. Pastinya yang paling banyak adalah meja kursi seperti di kafe pada umumnya. Terdapat pula bagian yang menggunakan bean bag yang langsung menghadap ke pemandangan. Namun, untuk area beanbag saya tidak menyarankan kamu menggunakannya saat matahari sedang teriknya. Pastinya karena panas, hehe.


Kopi Nako Kebon Jati
Tempat duduk Beanbag (Sumber. IG Kopi Nako Kebon Jati)

 

Nongkrong - nongkrong pastinya butuh makan dan minum donk. Di tempat ini disediakan beberapa pondokan tempat makanan. Pertama, di dekat pintu masuk ada yang menjual roti bakar, jagung bakar, pisang bakar, dll. Masuk ke area utama ada tempat yang menjual es krim dan disebelahnya terdapat pondok yang menjual bakso. Sebagai tokoh utamanya pastilah tempat yang menjual kopi. Untuk makanan berat juga tersedia pondokan khusus menjual makanan berat seperti nasi, ayam, gorengan, dll.

 

Awal saya datang ke tempat ini dengan ekspektasi akan banyak pengunjung yang berusia 20 tahunan atau remaja yang mencari tempat untuk kumpul atau foto - foto. Namun, ternyata perkiraan dan ekspektasi saya meleset. Sebagian besar pengunjung (saat itu saya datang di hari rabu sebelum dzuhur) adalah keluarga lengkap dengan anak - anak mereka yang masih kecil, bapak ibu paruh baya yang sepertinya berkumpul untuk reunian, dan beberapa sejoli serta anak muda lainnya. Semakin siang orang yang datang semakin ramai, tapi kebanyakan merupakan rombongan.

 

Setelah berkeliling melihat spot - spot disana, saya mencoba untuk memesan minuman yang disediakan di pondok minuman. Disediakan pastinya menu utama adalah kopi, tetapi bagi yang bukan pencinta kopi juga bisa mencoba jamu atau teh yang ada di menu. Saya mencoba untuk memesan Rosberry, yang merupakan salah satu menu andalan di bagian bukan kopi. Rosberry adalah minuman the rosella yang ditambah dengan strawberry. Perpaduan rasa manis dan asam yang pas dan pastinya segar.


Kopi Nako Kebon Jati
Menu Rosberry (Sumber. Foto Pribadi Penulis)
 

Sudah sampai disana, pastinya saya tidak menyia - nyiakan kesempatan untuk mencicipi varian makanan yang ada di sana. Saya memesan Bakso Djati spesial yang berisi 2 bakso urat kecil dan 1 bakso urat besar. Rasanya lembut, kuahnya segar, hanya saja agar terasa lengket setelah memakannya. Mungkin karena lemak dari daging yang digunakan.

 

Saya juga memesan somay istimewa dengan isi somay, kentang, dan telur. Teksturnya yang lembut tetapi padat, membuat perut kita merasa terpuaskan. Bumbu somay tersebut terbuat dari kacang, tetapi tidak begitu pekat. Saat memesan kita bisa meminta bumbu untuk dipisahkan jika kamu tidak bisa makan bumbu kacang.

 

Jangan lupa juga untuk mencicipi es krim di pondok es krim. Selain es krim juga tersedia kopi dan jus dalam botol yang bisa dibeli untuk oleh - oleh atau di bawa pulang. Es krim tersedia dalam 2 varian yaitu coklat dan kopi. Tekstur es krim lembut tetapi terasa padat. Bukan seperti es krim murahan dibanding harganya cukup worth untuk dicoba. Rasa coklatnya seperti dark chocolate yang mahal. Untuk rasa kopi, sekali makan benar - benar kopi murni.


Kopi Nako Kebon Jati
Es Krim Kopi dan Coklat (Sumber. Foto Pribadi Penulis)
 

Tempat yang paling ramai pembeli, sampai membuat antrian panjang yang mengular adalah pondok yang menjual makanan berat. Mungkin karena saya datang mendekati makan siang, banyak yang membeli di pondok tersebut. Meski saya tidak mencoba membelinya, tetapi dari penglihatan ke beberapa makanan yang dibawa pengunjung. Makanan yang dipesan memang terlihat menggiurkan. Ada ayam goreng, gorengan yang digoreng keemasan, dan lainnya.


Kopi Nako Kebon Jati
Pondok yang menyediakan makanan berat (Sumber. IG Kopi Nako Kebon Jati)

 

Ingat, saat ke tempat ini dilarang untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Di sebelah kafe (tapi di bagian luar) ada warga yang berjualan snack seperti tahu gejrot, cimol, cilok, telur gulung, dan rujak. Jika tertarik untuk membeli bisa di makan di luar ya. Karena jika ketahuan membawa makanan tersebut, tidak akan diperbolehkan masuk. Penjualnya juga sangat kooperatif dengan memberi tahu setiap pembeli terkait hal tersebut.

 

Saya berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan gocar dari Stasiun Bogor dengan bayaran lebih kurang 64ribu rupiah. Namun, saya menyarankan kepada kamu yang mau berkunjung ke tempat ini, jangan pernah mengulangi kebodohan saya dengan datang menggunakan GoCar. Sebab tempat ini berada di agak ke atas dan tidak banyak mobil umum yang lewat. Jadi memang tempat dimana orang yang membawa kendaraan sendiri menyempatkan waktunya untuk datang kesana.

 

Jika kamu tetap ingin mencoba untuk datang menggunakan GoCar, pastinya harus siap untuk was - was apakah bisa mendapatkan mobil untuk turun ke bawah/kota. Saat saya memesan mobil untuk turun, beberapa driver menolak untuk menerima pesanan yang akhirnya agak sulit untuk mendapatkannya. Beruntungnya ada driver yang sedang berada di dekat situ yang akhirnya nyangkut di akun GoCar saya. Bahkan supir mobil yang mengantarkan saya naik saja sampai berpikir dan khawatir kalau saya tidak bisa kembali turun.

 

Jadi saya sarankan jika kamu mau berkunjung ke tempat ini, bawalah kendaraan sendiri. Sehingga tidak was - was dan bisa menikmati segalanya dengan santai. Kamu juga bisa pergi sewaktu-waktu jika cuaca tiba - tiba buruk. Jika cuaca hujan, agak sulit untuk berteduh karena areanya yang terbuka.

 

Untuk toilet, ini adalah hal yang penting pastinya, toiletnya cukup bersih. Tersedia dua jenis toilet, yaitu gedung toilet seperti pada umumnya yang berada di sebelah pondok makanan berat. Terdapat pula toilet yang berbentuk seperti toilet portable yang berada di bagian pintu masuk belakang. Toiletnya saya katakan bersih karena ada mas penjaganya yang selalu sigap membersihkan saat selesai digunakan. Namun, jangan kaget jika melihat ke atas, atapnya menggunakan tutup yang transparan.

 

Secara keseluruhan, Kopi Nako Kebon Jati saya approve sebagai tempat yang nyaman untuk healing. Meski ramai tetapi suasananya membuat kita tetap bisa menikmati hari, sambil memperhatikan beragam tingkah dari pengunjung. Yuk, jadikan Kopi Nako Kebon Jati sebagai salah satu wishlist tempat yang akan kamu kunjungi.

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar