Review Missing You (2016) - Trik Jitu Pembalasan Dendam


 

Missing You (Original Title: Neol gi-da-ri-myeo)| 2016 | 1h 48m

Genre : Crime, Thriller| Negara: Korea Selatan

Director: Hong-jin Mo| Writers: Hong-jin Mo

Pemeran: Shim Eun-kyung, Je-mun Yun, Kim Sung-oh, dll

IMDB : 6.7/10

My Rate : 9/10

 

Hee Joo yang kehilangan ayahnya karena dibunuh oleh seorang pembunuh berantai, harus bertahan hidup dan menantikan keadilan berada di pihaknya.

 
Sinopsis 

 

Kim Gi Beom (Kim Sung-oh) seorang terdakwa kasus pembunuhan berantai yang saat itu sedang dibacakan keputusan hukuman atas kejahatan yang dilakukannya. Dirinya dituntut atas 7 kasus pembunuhan, tetapi dari 7 kasus tersebut hanya 1 diakui oleh pengadilan bahwa dirinya yang melakukannya. Sehingga Gi Beom hanya dijatuhi 15 tahun penjara.

 

Persidangan tersebut di hadiri oleh semua keluarga korban. Saat itu kericuhan terjadi, karena keluarga korban tidak menerima hasil keputusan tersebut. Hal ini juga yang dirasakan oleh Daeyeong (Yoon Je-moon). Daeyeong adalah seorang detektif kepolisian yang salah satu rekannya menjadi salah satu korbannya.

 

Rekannya menjadi detektif yang bertanggung jawab atas kasus pembunuhan berantai tersebut. Namun, dirinya malah menjadi korban dari pembunuh itu. Dirinya dibunuh saat perjalanan pulang ke rumahnya. Beruntung dirinya dapat sampai ke rumah dan melihat anaknya untuk terakhir kali.

 

Rekannya tersebut meninggalkan seorang anak bernama Hee Joo. Daeyeong menemukan rekannya yang telah kehilangan nyawanya berada di pangkuan anaknya dan di hadapannya terdapat sebuah kue. Hari itu adalah hari ulang tahun rekannya, Daeyeong datang dengan rencana untuk merayakan ulang tahunnya. Namun malah menyaksikan hal yang tidak dapat dibayangkan olehnya. Hee Joo saat itu juga hadir di persidangan dan menyaksikan segala kericuhan yang terjadi di sana.

 

Kembalinya Pembunuh Berantai

 

15 tahun berlalu, Gi Beom telah selesai melaksanakan hukumannya dan dirinya pun bebas. Di hari kebebasannya, Daeyeong menyambutnya dengan melemparkan kue ke kepalanya. Daeyeong juga mengatakan akan memasukkan kembali Gi Beom ke dalam penjara, karena dirinya masih yakin bahwa pelaku sebenarnya adalah Gi Beom.

 

Hee Joo (Shim Eun-kyung) bukan lagi seorang anak berumur 7 tahun. Dirinya telah tumbuh menjadi seorang wanita yang cantik dan ceria. Hee Joo begitu ramah dengan orang di sekitarnya. Bahkan dirinya bekerja di kantor polisi tersebut, meski pun bukan pekerja resmi. Gaji yang diterimanya didapat dari uang patungan para polisi yang ada di sana.


Missing yOU
Kedekatan Hee Joo dan Daeyeong

Daeyeong yang masih mencurigai Gi Beom meminta 2 anak buahnya untuk mengawasi Gi Beom kemana pun dirinya pergi. Gi Beom tinggal di sebuah hotel dan memanggil seorang wanita untuk menemaninya. Pada kasusnya yang terdahulu, Gi Beom melakukan pembunuhan pada seorang wanita dengan menarik tangannya hingga patah dan membungkus kepalanya dengan plastik. Namun, cara pembunuhan dilakukan sesuai dengan moodnya.

 

Pembunuhan terjadi di dekat hotel tempat Gi Beom menginap. Malam itu setelah bersama dengan Gi Beom, wanita tersebut bertemu dengan seorang pria untuk dapat pergi ke tempat selanjutnya. Namun, pria tersebut dibunuh oleh orang yang tidak di kenal saat sedang buang ari kecil. Selanjutnya wanita itu juga dibunuh saat dirinya berada di dalam mobil.

 

Hee Joo saat itu berada di lokasi kejadian, hanya saja Hee Joo terlihat tidak seperti biasanya. Hee Joo seperti memiliki sebuah rahasia yang tidak diketahui orang di sekitarnya. Terlebih lagi di rumahnya terlihat hamparan foto - foto korban pembunuhan yang disusun rapi di lantainya, serta catatan kecil yang memenuhi dindingnya.


Missing You 2016
Hee Joo yang berbaring di atas foto para korban

 

Atas 2 korban pembunuhan tersebut, Daeyeong langsung menuduh Gi Beom sebagai pelakunya. Sedangkan Gi Beom sama sekali tidak ada di lokasi tersebut. Para bawahannya juga mengatakan tidak ada bukti yang menguatkan bahwa Gi Beom adalah pelakunya. Namun, Daeyeong tidak ingin mendengarkan keterangan itu dan menangkap Gi Beom.

 

Gi Beom yang berada di kantor polisi akhirnya dilepaskan, karena memang tidak ada bukti yang mengarah kepada pembunuhan tersebut. Disinilah Hee Joo berpapasan dengan Gi Beom saat Gi Beom keluar dari kantor polisi. Hee Joo mencuci tangannya yang berpegangan dengan Gi Beom menggunakan cairan pembersih. Dirinya menyadari bahwa pria tersebut adalah pria yang membunuh ayahnya.

 

Hee Joo sering berada di atap sebuah gedung untuk memperhatikan ibunya dari kejauhan. Ibunya menikah dengan seorang pria yang suka memukulnya. Setelah beberapa kali memperingati pria tersebut, malam itu, Hee Joo mulai bertindak. Hee Joo menunggu pria tersebut di depan rumah setelah melihatnya memukuli ibunya. Hee Joo memukuli pria itu dengan batu sampai kehilangan nyawanya.

 

Keesokan harinya, di taman heboh dengan penemuan mayat seorang pria. Dimana pria itu tidak lain adalah pria yang dipukuli oleh Hee Joo. Gi Beom yang saat itu sedang lari pagi dan melewati taman itu, tidak sengaja melihat Hee Joo. Saat itu Hee Joo menggunakan pakaian yang mencurigakan memperhatikan dari jauh.

 

Gi Beom berlari untuk mengejarnya. Namun karena kecepatan dari Hee Joo, Gi Beom tidak berhasil menangkapnya. Di sisi lain, pria misterius yang melakukan pembunuhan di awal juga ternyata mengincar nyawa Gi Beom. Dirinya datang ke kamar hotel tempat Gi Beom menginap dan berencana membunuhnya.

 

Siapa sebenarnya Hee Joo dan rahasia apa yang disembunyikannya? Siapa pula pria misterius itu?

 
Ulasan

 

Film ini memiliki ide cerita dan jalan cerita yang menarik. Karakter dari para pemain juga dimainkan dengan sangat apik. Ekspresi dan karakter dari para pemainnya amat kuat. Bahkan Kim Sung-oh demi memainkan perannya di film ini, berhasil menurunkan 16kg dalam waktu 4 minggu. Namun hal tersebut terbayar dengan apik saat melihat figur Gi Beom dalam film ini yang terlihat meyakinkan untuk seorang psikopat.


Missing You 2016
Gi Beom yang berada di dalam hotel


 

Hal yang janggal adalah jika kita melihat timeline waktu dimana kejadian saat ini adalah 15 tahun kemudian, tampilan dari Gi Beom dan Daeyeong tidak banyak berubah. Gi Beom hanya berubah dari sisi potongan rambut. Seharusnya bisa dibuat lebih signifikan perubahan fisiknya.

 

Selain itu, yang mengesalkan lainnya adalah tokoh polisi yang ada di dalam film ini. Selain kurang objektif karena menangani sebuah kasus dengan langsung menuduh tokoh Gi Beom tanpa bukti yang kuat. Bahkan seperti mengesampingkan kemungkinan lainnya karena sebuah obsesi untuk membuat Gi Beom menjadi penjahat. Sehingga membuat pelaku yang sebenarnya tidak terlihat.

 

Tokoh polisi juga disini terlihat tidak profesional. Sehingga seperti dengan mudah untuk dikalahkan atau di bodohi oleh penjahatnya. Namun, secara keseluruhan, penonton tidak dapat dengan mudah menebak jalan cerita dari film ini. Bahkan menurut saya film ini melebihi ekspektasi dan harapan saya. Sehingga saya amat merekomendasikan film ini untuk kamu yang sangat suka dengan kisah - kisah thriller atau crime.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah kita tidak dapat menilai seseorang hanya dari luarnya saja. Kita harus bisa melihat dari segala sisi untuk dapat mendapatkan penilaian yang menyeluruh. Kejahatan di muka bumi ini mungkin akan berkurang, jika orang baik bersama sama berusaha untuk menghilangkan kejahatan.

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar