Review The Thinning (2016) - Pengurangan Jumlah Manusia di Muka Bumi


 

The Thinning | 2016 | 1h 21m

Genre : Action, Drama, Horror| Negara: US

Director: Michael J. Gallagher | Writers: Michael J. Gallagher, Steve Greene

Pemeran: Logan Paul, Peyton List, Lia Marie Johnson, dll

IMDB : 5.4/10

My Rate : 10/10

 

Pengurangan jumlah penduduk dilakukan dengan mengeliminasi pelajar yang bernilai rendah, tetapi Blake dan Laina merasa ada yang aneh dengan sistem tersebut.

 

Sinopsis

 

Area di dunia untuk tempat manusia hidup terus berkurang dan populasi terus meningkat. Hal ini menyebabkan PPB mewajibkan setiap negara untuk melakukan pengurangan 5% dari penduduk di negaranya setiap tahun. Amerika membuat program yang disebut dengan The Thinning dimana setiap pelajar diwajibkan untuk mengikuti tes standardisasi tiap tahun. Murid dengan nilai terendah akan dieksekusi.

 

Tekanan yang cukup besar dirasakan tiap pelajar saat mendekati waktu tes dilaksanakan. Para pelajar khawatir mendapatkan nilai yang rendah dan dieksekusi. Sehingga tidak banyak dari mereka melakukan segala cara untuk dapat lolos tes tersebut, seperti menggunakan lensa kontak yang bisa memberi tahu jawaban, menuliskan di tangan, dll.


Penggunaan lensa kontak yang membantu melihat jawaban
 

Tes ini berlaku untuk semua orang termasuk dengan anak dari Gubernur Dean Redding (Matther Glave), Blake (Logan Paul). Malam sebelum tes, Blake dan pacarnya Ellie Harper (Lia Marie Johnson) pergi bersama. Ellie khawatir jika dirinya tidak dapat lulus. Hal itu diketahui oleh Gubernur dan dirinya merasa Ellie menjadi pengganggu bagi putranya

 
The Thinning

 

Hari pelaksanaan tes seleksi akhirnya datang. SMA Vista Point adalah tempat dimana Blake bersekolah. Penjagaan amat ketat dilakukan oleh pria yang memakai topeng dan bersenjata. Semua pelajar diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk ke sekolah. Setiap orang yang berencana untuk berbuat curang dan tertangkap akan dipukuli oleh para penjaga.

 

Penjaga bertopeng yang menjaga selama tes berlangsung

Blake menemui Laina (Peyton List), seorang pelajar yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai seorang guru dan secara ilegal menjual lensa kontak yang dapat membantu pelajar menjawab soal. Blake menemui Laina untuk membeli lensa tersebut untuk diberikan kepada Ellie. Namun, Laina telah menjual stok terakhir kepada murid lesnya.

 

Laina memiliki seorang teman bernama Kellan (Calum Worthy) yang memiliki kepintaran di bidang teknologi dan dapat meng-hack CCTV di sekitarnya termasuk di sekolahnya. Kellan juga sering merekam fenomena yang ada di sekitar dan dikirimkan ke email seorang reporter yang terkenal. Meski sampai saat ini tidak ada tanggapan dari reporter tersebut.

 

Selama tes berlangsung, sekolah ditutup dengan penutup besi 'lockdown'. Tes dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan yang ada di perangkat tablet masing - masing. Tidak ada satupun siswa atau guru yang mengetahui hasil dari tes tersebut. Hanya Mason King (Michael Traynor) yang mengetahui hasil tes mereka dan akan memberitahukan daftar nama pelajar yang tidak lulus kepada para guru.


Penjaga memantau hasil tes di ruang kendali

 

Setiap siswa yang dinyatakan tidak lulus akan dibawa secara paksa untuk dilakukan The Thinning yang juga dilaksanakan atas perintah gubernur. Saat hasil diumumkan Ellie dinyatakan tidak lulus. Blake merasa tidak terima dan mencoba untuk menyelamatkan Ellie dengan menyerang sampai meminta bantuan dari ayahnya. Namun, ayahnya mengatakan bahwa dirinya tidak dapat melakukan apapun.

 

Setahun kemudian, Blake berencana akan dengan sengaja membuat tesnya gagal dengan menjawab pertanyaan secara asal - asalan. Namun, ayahnya mengetahui rencana tersebut saat melihat video yang dibuat oleh Blake kepada media. Tidak ada yang mengetahui dengan pasti kabar dari para siswa yang dieksekusi. Blake mengira eksekusi tersebut akan menghilangkan nyawanya.

 

Pada hari tes dimulai, semua berjalan sebagaimana seharusnya. Namun, hasil dari tes tersebut diluar dugaan. Laina dinyatakan tidak lulus, sedangkan Blake dinyatakan lulus. Ternyata ayah Blake yang seorang gubernur melakukan campur tangan dengan meminta Mason King mengganti status kelulusan untuk menyelamatkan Blake dari The Thinning.

 

Guru Laina merasa ada yang aneh dengan hasil ujian tersebut. Laina dikenal sebagai anak paling pintar di sekolahnya, tetapi malah dinyatakan tidak lulus. Untuk membantu Laina, guru tersebut memberikan kunci akses agar Laina dapat melarikan diri. Blake yang juga mengetahui hal tersebut mencoba untuk masuk ke ruang kendali dan melihat hasil ujian.

 

Komputer di ruang kendali semuanya memiliki password yang pastinya tidak diketahui oleh Blake. Blake akhirnya memutuskan untuk merusak listrik yang ada di sekolah tersebut. Kegaduhan terjadi, Laina dapat melarikan diri dari ruang eksekusi. Namun, apakah dirinya akan berhasil keluar dari sekolah dengan selamat? Bagaimana dengan Blake dan anak lainnya?

 

Ulasan

 

Film ini menurut saya memiliki ide cerita yang amat baik. Mengangkat fenomena sosial dimana memang saat ini jumlah populasi di setiap negara terus meningkat, sedangkan tempat tinggal kita di bumi makin sedikit. Dengan global warming yang mengurangi daratan dan permasalahan lainnya memang membutuhkan suatu solusi yang signifikan.

 

Jaman dahulu, Indonesia menerapkan sebuah program KB '2 anak saja cukup' untuk membatasi jumlah penduduknya. Sedangkan China pernah menerapkan program dimana hanya boleh memiliki 1 anak dalam 1 keluarga. Namun, hal ini tidak lagi berlaku.

 

Sedangkan di film ini, salah satu cara untuk mengurangi penduduk adalah dengan melakukan seleksi dan eliminasi kepada para pelajar yang dilakukan tiap tahunnya. Dengan harapan bahwa yang tersisa adalah yang memiliki kualitas yang baik sehingga Amerika dapat berjaya di dunia. Namun, dari film ini kita juga bisa melihat bagaimana masih adanya campur tangan dalam hasil kelulusan.

 

Program terbaik di dunia tidak akan pernah terwujud dengan baik jika dalam pelaksanaannya tidak dilaksanakan dengan baik. Seringkali masih ada 'tunggangan' dari beberapa pihak yang memiliki kepentingan, baik kepentingan politik atau yang lainnya. Masyarakat yang tidak terlalu memahami akan hanya menerima dan pasrah mengikuti program yang ada.

 

Selain jalan cerita yang menarik, akting dari para pemainnya juga cukup baik. Pemilihan sound di setiap adegannya juga menambah ketegangan selama menonton yang juga dirasakan oleh penonton. Film ini memiliki ending terbuka dan membangkitkan rasa penasaran karena memang akan diteruskan ke sekuel keduanya yaitu The Thinning : New World Order.

 

Pelajaran yang kita ambil dari film ini adalah bagaimana sebuah program dari pemerintah dapat berdampak baik atau buruk terhadap kehidupan kita. Terutama jika ada campur tangan berbagai kepentingan di dalamnya. Sehingga kita menyadari bahwa yang terjadi bisa jadi akan diluar dari yang kita harapkan. Tugas kita untuk membuat semuanya berada di jalur yang benar.

 

(aluna)

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar