Review Anonymous Noise (2017) - Biarkan suara nyanyianku menggapai hatinya

 


Anonymous Noise (Original Title: Fukumen-kei Noise)| 2017 | 1h 56m

Genre : Comedy, Drama, Music| Negara: Japanese

Director: Kôichirô Miki | Writers: Ryôko Fukuyama, Rie Yokota

Pemeran: Ayami Nakajô, Jun Shison, Yuta Koseki, dll

IMDB : 6.4/10

My Rate : 8/10

 

Nino Arisugawa memutuskan untuk terus bernyanyi demi mewujudkan impiannya untuk bertemu kembali dengan seseorang yang amat penting baginya di masa kecil.

 

Sinopsis

 

Nino dan Momo adalah teman masa kecil dan tinggal di rumah yang bersebelahan. Mereka amat dekat dan memiliki perasaan satu sama lain. Momo mengatakan bahwa jika suatu saat mereka berpisah, maka nyanyian Nino akan membawa mereka untuk bertemu kembali.

 

Hari perpisahan tersebut akhirnya datang. Momo harus pindah mengikuti orang tuanya. Momo harus pergi tanpa mengucapkan salam perpisahan kepada Nino. Nino yang saat itu baru mengetahuinya, terlihat sangat sedih dan tidak rela berpisah dengan Momo. Sejak saat itu, Nino menjadi seorang yang sangat gampang mengalami serangan kepanikan yang membuat dirinya merasa sesak di dadanya.

 

Pertemuan kembali

 

Waktu terus berlalu, Nino (Ayami Nakajo) tumbuh menjadi seorang remaja yang cantik tetapi dirinya harus menggunakan masker agar pernapasannya tidak terganggu. Saat itu dirinya menjadi seorang siswa tahun pertama di SMAnya. Di SMA itulah dirinya bertemu kembali dengan Yuzu (Jun Shison).

 

Yuzu memiliki sebuah band yang dinamainya In No Hurry to Shout yang terdiri dari 4 orang yaitu, Yuzu, Kuro, Haruyoshi, dan vokalis mereka Mio. Band tersebut biasa tampil dengan menyembunyikan identitas mereka. Mereka menggunakan topeng yang membuat band ini memiliki kesan yang misterius.

 

Yuzu adalah satu - satunya penulis lagu untuk band tersebut. Namun, ide untuk menulis sebuah lagu tidak dengan mudah muncul di kepala Yuzu. Yuzu masih terperangkap pada masa lalunya, dimana pertama kali dia bertemu dengan Nino. Yuzu memberi nama panggilan khusus kepada Nino, yaitu Alice.

 

Saat sedang mencoba untuk menulis lagu dengan memainkan melodi yang dibuatnya, tiba - tiba Nino muncul dan menyanyikan lagu tersebut. Melodi tersebut adalah melodi yang dibuat oleh Yuzu saat pertama kali bertemu dengan Nino di sebuah pantai. Saat pertama mereka bertemu dan mendengarkan Nino menyanyikan melodi tersebut, Yuzu langsung jatuh cinta dengan suara Nino.

 

Semenjak kepergian Momo, Nino tidak sengaja bertemu dengan Yuzu di pantai. Yuzu mengatakan kepada Nino jika dirinya mengalami sesak nafas, Nino dapat menyanyikan lagu buatannya. Sejak saat itu, Nino selalu menyanyikan lagu tersebut. Yuzu juga mengetahui bagaimana perasaan Nino kepada Momo dan tujuan Nino tetap bernyanyi.


Anonymous Noise
Nino yang bertemu Kembali dengan Yuzu
 

Sehingga saat mereka bertemu kembali, hal pertama yang ditanyakan oleh Yuzu adalah apakah Nino telah bertemu dengan Momo? Yuzu yang telah bertemu dengan sumber inspirasinya, langsung menjadi lancar untuk membuat lagu. Namun, hal ini ternyata tidak membawa dampak baik pada bandnya. Mio yang mengetahui bahwa sosok Alice telah muncul merasa cemburu dan memilih keluar dari grup tersebut.

 

Nino tidak sengaja melihat audisi penyanyi yang diadakan oleh Momo (Yuta Koseki). Ternyata Momo telah menjadi seorang composer yang terkenal. Nino akhirnya memutuskan untuk ikut dalam audisi tersebut demi dapat bertemu dengan Momo. Namun, Momo saat mendengar rekaman seleksi awal, meminta agar Nino tidak dimasukkan ke dalam daftar peserta. Meski demikian, Ibu Momo tetap memasukkan Nino ke dalam daftar peserta. Pertemuan tidak terduga akhirnya terjadi.

 

Bagaimana selanjutnya hubungan antara Nino dan Yuzu, apakah Nino akan kembali bersama Momo?

 

Ulasan

 

Film ini adalah bentuk Live action dari sebuah manga series yang berjudul Fukumenkei Noizu karya Ryoko Fukuyama. Namun saya belum pernah membaca atau melihat manga tersebut. Sehingga semua ulasan murni dilakukan hanya dari film ini saja tanpa membandingkan dengan manga.

 

Dari segi cerita, ide yang diambil cukup menarik dan sepertinya belum banyak yang menggunakan ide cerita tersebut. Pondasi dan latar belakang cerita juga dijabarkan dengan amat baik, sehingga penonton dapat masuk ke dalam cerita. Konsistensi dari cerita juga cukup baik dan terlihat benang merah dari cerita tersebut.

 

Akting dari para pemainnya cukup baik. Ayami Nakao sebagai tokoh utama bahkan melakukan vokal training demi bisa memberikan kualitas akting yang maksimal. Meskipun menurut saya dari segi ekspresi para tokoh masih kurang bisa memperlihatkan dengan baik dan sedikit terlihat kaku. Namun, film ini masih dapat dinikmati dengan cukup baik.

 

Soundtrack dan musik yang digunakan dalam film ini cukup baik, tetapi menurut saya untuk lagu klimaksnya agak kurang, harusnya dapat dipilihkan lagu dengan tempo yang lebih cepat. Sebagai penutup atau closing dari film ini, musik dengan tempo cepat menurut saya lebih cocok karena dapat menunjukkan klimaks dari perasaan masing - masing tokohnya. Namun secara keseluruhan musik dan lagu yang digunakan melekat dan cocok untuk dimasukkan dalam playlist musik yang di dengarkan sehari - hari.


Anonymous Noise
Penampilan In No Hurry to Shout dengan vokalis Nino

Berdasarkan keseluruhan kombinasi elemen yang mendukung film ini, menurut saya film ini menjadi salah satu film yang mungkin akan saya tonton kembali. Terutama saat mereka melakukan aksi di atas panggung sebagai sebuah band. Penampilan tersebut amat menarik dan berkesan.

 

Beberapa pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah kadang kala kita terjebak dalam kenangan masa lalu. Kebahagiaan dan janji di masa lalu yang mungkin kita buat. Namun, setiap manusia dengan bertambahnya waktu pasti akan mengalami perubahan. Lingkungan dan kejadian - kejadian akan menempa dirinya menjadi seorang yang berbeda, melihat dunia dengan cara yang berbeda.

 

Janganlah terlalu lama terjebak pada masa lalu. Kita tidak boleh meletakkan harap kepada orang lain untuk dapat memiliki pemikiran yang sama dengan kita. Cobalah untuk membuka hati dan fikiran kita agar kita dapat menjadi seorang yang lebih baik. Lihatlah sekitar dan buatlah tujuan baru untuk dirimu capai.

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar