Review Gnome Alone (2017) - Menyelamatkan dunia dari serangan Trog


Gnome Alone | 2017 | PG | 1h 25m

Genre : Animation, Adventure, Comedy| Negara: US, Canada, China

Director : Peter Lepeniotis | Writers: Robert Moreland, Michael Schwartz, Zina Zaflow

Pemeran: Becky G, Josh Peck, Tara Strong, dll

IMDB : 5.6/10

My Rate : 7/10

 

Chloe menemukan sebuah batu hijau dalam ruang rahasia di rumah barunya dan mengambilnya menyebabkan sesosok makhluk aneh muncul, dirinya harus membasmi makhluk tersebut dengan bantuan Gnomes.

  

Sinopsis

 

Chloe (Becky G) harus ikut ibunya untuk pindah ke Tenderville. Mereka selalu tinggal berpindah - pindah sehingga membuat Chloe tidak memiliki teman. Mereka akan tinggal di sebuah rumah yang terlihat menyeramkan dibandingkan dengan rumah di sekitar mereka.

 

Saat memasuki rumah tersebut, Chloe telah disambut dengan suasana yang tidak biasa. Terdapat beberapa patung Gnome yang berbaris dari pintu hingga ke dalam rumah. Selain itu, Chloe juga menemukan sebuah jalan rahasia menuju loteng rumah tersebut.

 

Ibu Chloe tidak mengetahui bahwa rumah tersebut memiliki loteng. Di dalam loteng, Chloe melihat sebuah batu hijau berkilau yang menarik perhatiannya. Chloe pun mengambil batu tersebut dan menjadikannya sebuah kalung.

 
Terbukanya Portal Ruang Waktu

 

Chloe bertemu dengan Liam (Josh Peck), seorang anak yang berpenampilan culun yang tinggal di sebelah rumahnya. Mereka bertemu saat Chloe sedang meletakkan para Gnome di depan rumahnya untuk dibuang. Tiba - tiba hal aneh mulai dirasakan oleh Chloe, dirinya merasa ada yang tidak wajar di rumah tersebut.

 

Keesokan harinya, Chloe memulai sekolah dengan menggunakan kalung yang dibuatnya dari batu tersebut. Sebuah portal terbuka dan muncullah sesosok makhluk aneh dari portal tersebut saat Chloe pergi. Tidak diketahui pasti mengenai makhluk ungu tersebut.

 

Saat berada di sekolah, Chloe menjauhi Liam yang mencoba menyapanya. Chloe tertarik dengan kumpulan para anak popular, Brittany, Tiffany, dan Chelsea. Liam telah memperingatkan Chloe untuk tidak bergabung dengan mereka karena Liam mengetahui bagaimana mereka sebenarnya. Namun, Chloe tidak mendengarkan.

 

Chloe mencoba mendekati Brittany dan mengajaknya berteman. Brittany melihat kalung yang dikenakan oleh Chloe dan meminjam kalung tersebut. Chloe memberikan kalung tersebut kepada Brittany dan Liam mengatakan akan sulit mengambil kembali kalung tersebut dari Brittany.


Gnome Alone
Para Trogs

 

Sepulang sekolah, Chloe menemukan Trog, yaitu sosok ungu yang keluar dari portal waktu. Trog sangat gampang lapar dan meminta makanan terus menerus. Saat merasa telah membuat Trog tersebut kekenyangan, ternyata muncul Trog yang lain. Di rumah itu tidak hanya ada satu, tetapi lebih.

 

Para Gnome muncul dan menolong Chloe dari serangan Trog. Gnome menganggap Chloe sebagai pencuri. Ternyata batu yang diambil Chloe adalah batu yang menjadi kunci dari portal tersebut. Saat batu itu diambil, maka portal akan terbuka. Para Trog akan bisa berpindah dimensi melalui portal tersebut dan bisa menghancurkan dunia.

 


Gnome yang ada di rumah tersebut

Chloe harus mengambil kembali batu tersebut dan mengembalikannya kepada para Gnome agar portal tersebut kembali terkunci. Apakah Chloe akan berhasil?

 

Ulasan

 

Gnome Alone adalah sebuah film animasi komputer yang bertemakan fantasi komedi. Film ini memiliki animasi dan gambar yang baik. Memiliki cerita yang cukup bagus, dimana tidak hanya mengenai seorang anak yang berjuang melawan makhluk aneh yang tiba - tiba muncul di rumahnya, tetapi dalam film ini juga mengajarkan sebuah pesan yang baik bagi anak - anak. Meskipun film ini adalah film animasi, tapi perlu bagi orang tua untuk menilai apakah film ini cocok untuk di tonton oleh anak mereka.

 

Hanya saja menurut saya ceritanya berjalan agak lambat dan klimaks dari ceritanya kurang berasa. Adegan yang seru saya rasa hanya pada akhir film, tapi pun itu hanya sebentar. Sensasinya seperti naik roller coaster, belum sampai puncak tiba - tiba sudah turun dan berhenti. Masih banyak peluang untuk film ini di optimalkan kembali dari segi cerita.


Chloe dan Liam 
 

Karakter dari tokohnya sedikit membuat jengkel bagi para penonton. Tokoh utama dibuat terlalu naif dan tidak bisa membedakan mana yang benar dan salah, mana yang urgent dan mana yang tidak. Pembangunan karakter memang ada, tetapi juga berjalan dengan lambat. Sehingga membuat saya sebagai penonton merasa sedikit gregetan dan kesal. Meski tidak dijelaskan secara gamblang apa yang menyebabkan Chloe sangat ingin menjadi popular.

 

Tokoh utama dalam film ini juga tidak terlalu memiliki rasa ingin tahu atas situasi yang terjadi. Saat dirinya melihat hal yang aneh seperti trogs dan para gnome yang hidup, dirinya tidak terlalu terlihat terkejut. Terlebih lagi tokoh Gnome yang harusnya memiliki andil besar terlihat hanya sebatas mereka bertarung dengan Trog. Ada sedikit cuplikasi latar belakang Gnome dan Trogs, tetapi menurut saya juga kurang wah.

 

Secara keseluruhan, tidak ada yang begitu membuat terpana akan film ini. Namun, masih layak untuk ditonton jika untuk sekedar menghibur. Film Gnome ini saya rasa juga bisa ditonton oleh anak - anak di atas 5 tahun, tetapi tokoh Trogs yang digambarkan sebagai monster bertaring bisa jadi membuat anak sedikit takut. Film ini informasinya akan dibuatkan sekuelnya yang dirilis pada Juli 2024. Apakah akan melanjutkan kisah dari film ini atau akan membuat cerita baru yang lebih menarik?

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah mengenai pertemanan sejati. Seorang teman sejati akan rela membantu kita saat kita dalam kesusahan. Sedangkan jika kita berteman hanya untuk mendapatkan popularitas dan melakukan segala hal untuk dapat bergabung dalam lingkaran pertemanan yang demikian, bisa jadi kita hanya akan dimanfaatkan. Sehingga kita harus pintar dalam memilih lingkaran pertemanan.

 

Jangan sampai kita kehilangan teman yang berharga demi ego untuk masuk ke lingkaran pertemanan yang mungkin tidak sesuai dengan kita. Nilailah seseorang dari hatinya dan jangan hanya dari penampilannya. Tampilan bisa jadi menipu.

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar