Review Narratage (2017) - Sebuah Kisah Cinta yang Belum Usai


Narratage (Original Title: Naratâju) | 2017 | 2h 20m

Genre : Drama, Romance | Negara: Japanese

Director :  Isao Yukisada | Writers: Rio Shimamoto, Anne Horiizumi

Pemeran: Kasumi Arimura, Jun Matsumoto, Kentaro Sakaguchi, dll

IMDB : 5.4/10

My Rate : 6/10

 

Izumi yang telah bersusah payah mengesampingkan perasaannya kepada Hayama (Guru SMAnya), harus diingatkan dengan semua kenangan yang telah mereka lalui saat tiba - tiba menghubunginya kembali.  

 

Sinopsis

 

Izumi (Kasumi Arimura) mengingat kembali kenangannya bersama dengan Hayama (Jun Matsumoto), yang merupakan cinta pertamanya pada masa SMA. Sebuah jam saku yang pernah diberikan oleh Hayama menjadi penghubung ingatannya dengan masa lalu. Meski kini Izumi telah menjalani hidupnya sendiri.

 

Beberapa waktu setelah kelulusannya dari SMA, Hayama kembali menghubungi Izumi untuk meminta bantuan Izumi dalam klub drama di sekolahnya. Hayama adalah seorang guru dan juga penanggung jawab klub drama di SMA nya. Izumi pernah menjadi anggota dari klub drama tersebut.


Narratage
Izumi yang membawa foto dan surat cintanya
 

Rasa suka yang telah dikubur oleh Izumi kembali bangkit saat dirinya menerima telepon tersebut. Meski telah mencoba melupakan perasaannya, tetapi Izumi selalu menyimpan foto dan surat cinta yang belum diberikannya kepada Hayama. Pertemuan pun terjadi setelah sekian lamanya.

 
Perasaan yang belum usai

 

Dalam pertemuan tersebut, beberapa teman Izumi juga ikut hadir. Hayama membutuhkan orang tambahan untuk penampilan drama, karena anggota yang kurang. Teman mereka juga membawa seorang tambahan bernama Ono (Kentaro Sawaguchi). Walaupun bukan alumni dari SMA tersebut, tetapi Hayama memperbolehkan Ono untuk ikut serta dalam pementasan.

 

Intensitas pertemuan mereka bertambah karena persiapan pementasan. Izumi turut hadir dalam setiap latihan untuk membantu Hayama. Perhatian Hayama kepada para muridnya mengingatkan kembali saat Hayama menolongnya selama berada di sekolah.


Narratage
Hayama dan Izumi di ruang sekolah
 

Semasa sekolah, Izumi menjadi dekat dengan Hayama dan sering berkunjung ke ruang kerjanya hanya untuk sekadar bercerita. Hingga rasa suka itu muncul dalam hati Izumi dan dirinya berniat untuk menyampaikan perasaannya kepada Hayama sebelum kelulusan. Namun, niatan tersebut diurungkannya setelah mengetahui bahwa Hayama pernah menikah dan seseorang itu masih ada di hatinya.


Narratage
Izumi Bersama dengan Ono
 

Ono mulai mendekati Izumi dan menyatakan perasaannya pada Izumi. Namun, Izumi yang masih menaruh rasa kepada Hayama menolak Ono. Hayama pun terus menunjukkan perhatiannya kepada Izumi meski tanpa kejelasan mengenai perasaannya. Izumi meminta penjelasan kepada Hayama mengenai siapa dirinya di hati Hayama.

 

Apakah Izumi akan berhasil untuk masuk ke hati Hayama?

 

Ulasan

 

Film Narratage merupakan sebuah film yang diadaptasi dari Novel berjudul Narataju karangan Rio Shimamoto dimana mengangkat tema mengenai rasa suka antar guru dan murid. Perbedaan dengan film lainnya yang bertema yang sama seperti Close Range Love (2014) atau My Teacher (2017) adalah fokus plot waktu yang berbeda. Narratage memfokuskan perasaan mereka yang terjalin setelah Izumi lulus dari sekolah. Meski rasa suka itu telah tumbuh saat Izumi masih bersekolah, tetapi intensitas kedekatan mereka terjadi setelah Izumi lulus sekolah.

 

Hanya saja, menurut saya, film ini memiliki durasi yang cukup lama untuk penonton bisa tetap fokus menonton yaitu 2 jam 20 menit. Apalagi tempo cerita yang berjalan lambat dengan banyak jeda di dalamnya. Selain itu cerita juga terasa kurang mengalir dan patah - patah. Sehingga tidak heran jika beberapa ulasan yang saya temukan, merasa film ini sedikit membosankan.

 

Hal yang menurut saya kurang masuk akal adalah Hayama yang merupakan seorang guru, sangat mudah untuk menceritakan masalah pribadinya kepada muridnya. Bahkan tidak ada upaya dari Hayama untuk membatasi hubungannya dengan Izumi. Padahal Hayama telah memiliki seorang istri yang dicintainya, meski hubungan mereka saat itu sedang tidak baik. Pihak sekolah juga tidak menaruh curiga kepada Hayama, padahal Hayama dan Izumi sering berada di satu ruangan berdua dalam waktu yang cukup lama.

 

Pemilihan musik di beberapa adegan saya rasa kurang sesuai. Film ini merupakan film romantis, tetapi ada musik yang malah membuat film terasa seperti sebuah film horror. Kemampuan akting dari para pemainnya juga menurut saya biasa saja. Belum ada yang dapat meninggalkan kesan yang 'wah' saat menonton film ini.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah jangan pernah memulai suatu hubungan baru jika kamu belum bisa menyelesaikan hubunganmu dengan masa lalu. Hal ini hanya akan melukai pasangan kita yang baru, karena kita tidak benar - benar berada pada masa kini. Hati kita masih tersangkut di masa lalu dengan semua kenangan dan rasa di dalamnya. Sehingga jika kamu mau memulai suatu hubungan, pastikan kamu telah berdamai dengan semuanya.

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar