Review Policeman and Me (2017) - Jatuh cinta pada pertemuan pertama


Policeman and Me (Original Title: P to JK) | 2017 | 2h 4m

Genre : Comedy, Romance| Negara: Japanese

Director :  Ryûichi Hiroki | Writers: Maki Miyoshi, Nami Yoshikawa

Pemeran: Kazuya Kamenashi, Tao Tsuchiya, Mahiro Takasugi, dll

IMDB : 5.2/10

My Rate : 6/10

 

Kako Motoya (16 thn) berpura - pura menjadi mahasiswi berumur 22 thn selama kencan buta dimana dirinya bertemu dengan Kota (26 thn), polisi yang jatuh cinta kepadanya dan tiba - tiba mengajaknya menikah.

 

Sinopsis

 

Kako Motoya (Tao Tsuchiya) ditipu oleh teman - temannya yang ternyata mengajak dirinya untuk ikut dalam kencan buta. Dirinya diminta untuk berpura - pura menjadi seorang mahasiswi berumur 22 tahun. Padahal saat itu Kako masih merupakan anak SMA berumur 16 tahun.


Policeman and Me (2017)
Kako dan Kota pulang dari kencan buta
 

Dalam kencan buta tersebut Kako bertemu dengan Kota Sagano (Kazuya Kamenashi) yang ternyata adalah seorang polisi berumur 26 thn. Kota jatuh cinta kepada Kako, tetapi sikapnya berubah saat dirinya mengetahui umur Kako yang sebenarnya. Kako yang khawatir berlari meninggalkan Kota dan malah ke tempat anak - anak nakal.

 

Tempat tersebut adalah sebuah gudang dimana anak - anak brandal berkumpul. Kako mengenal salah satu orang disana yaitu Okami (MahiroTakasugi). Kato datang menolong Kako dari gangguan para brandal tetapi malah membuat Kako terluka karena tidak sengaja terkena pukulan dari Okami.

 
Ingin melindungi selamanya

 

Kako yang telah tersadar dan berada di rumah sakit, menanyakan kepada Kota alasan Kota tidak ingin berpacaran dengannya. Alih - alih berpacaran, Kota malah mengajaknya untuk menikah. Untuk menunjukkan keseriusannya, Kota juga menemui orang tua Kako dan berjanji akan melindungi Kako selamanya.


Policeman and Me (2017)
Orang tua Kako

 

Orang tua Kako awalnya menentang hal tersebut, tetapi karena melihat kegigihan Kota akhirnya ayah Kako luluh. Setelah melamar Kako, Kako mulai pindah untuk tinggal bersama dengan Kota. Kehidupan mereka masih begitu berbunga - bunga.

 

Okami kembali ke sekolah setelah di hukum beberapa waktu. Okami terus menerus memperhatikan Kako karena rasa bersalahnya telah melukai Kako. Kako mengetahui bahwa Okami sebenarnya tidak seperti bayangan orang - orang. Okami bekerja paruh waktu untuk memenuhi kebutuhannya dan keluarga.

 

Kako mulai dekat dengan Okami meski Kota melarangnya karena menganggap Okami berdampak buruk terhadap Kako. Apa yang akan terjadi selanjutnya?

 

Ulasan

 

Policeman and Me adalah sebuah film adaptasi dari manga berjudul P to JK karangan Maki Miyoshi. Mengangkat sebuah tema yang menurut saya cukup unik dimana seorang petugas kepolisian berumur 26 tahun menikahi seorang anak SMA berumur 16 tahun. Mungkin di beberapa tempat hal ini adalah hal yang melanggar moral, tetapi saya juga tidak bisa mengklaim hal tersebut karena tidak mengetahui dengan pasti budaya yang ada di Jepang.

 

Memang film Policeman and Me ini jalan ceritanya berada di luar ekspektasi saya. Sebab jika hanya seperti jatuh cinta biasa, mungkin bisa masuk akal karena biasanya juga kita bisa mengidolakan orang yang lebih tua. Namun jika sampai menikah rasanya memang kurang bisa diterima. Terlebih lagi tugas orang tua di cerita ini tidak terlalu terlihat.

 

Ada adegan dimana orang tua dari Kako merasa sedikit keberatan, tetapi tidak sama sekali ada edukasi yang disampaikan kepada anaknya. Menurut saya seharusnya sebagai orang tua bisa memberikan penjelasan kepada anak mereka yang masih amat muda dan labil. Apalagi sebuah pernikahan adalah suatu hal yang tidak mudah dilakukan.

 

Dalam film ini terlihat begitu mudahnya orang tua Kako dan pimpinan tempat kerja Kota luluh dan memberikan ijin untuk pernikahan tersebut terjadi. Padahal harusnya jika itu melanggar hukum pastinya kan menjadi suatu yang ilegal. Bahkan temannya saja sampai kaget saat mengetahui Kota menikah dengan Kako.

 

Hal aneh lainnya dari cerita dalam film ini adalah dimana Kota sebagai seorang polisi terlalu membawa pekerjaannya secara personal bukan profesional. Kota selalu saja tertarik dengan kehidupan Okami, salah satu teman Kako yang memang terlihat sedikit nakal. Sehingga terlihat seperti selalu ikut campur dan di kota itu kerjaan polisi a.k.a. Kota hanya mengurusi hidup Okami saja.


Policeman and Me (2017)
Okami, Kako dan teman - temannya

Cerita yang menurut saya menarik dan bisa jadi nilai plus adalah cerita tentang persahabatan Kako dan teman - temannya. Serta bagaimana mereka merangkul Okami untuk bisa menjadi seorang pribadi yang lebih baik. Meskipun harusnya ini bukan menjadi cerita utama dalam film ini, tetapi cerita ini lebih menarik untuk saya.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah saat suatu hubungan suami istri atau romantis terjalin dengan pelaku yang memiliki jarak umur yang jauh, sangat besar kemungkinan akan timbul masalah dalam hubungan tersebut. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan pola pikir dan pengalaman hidup. Sehingga penting untuk orang yang menjalani tipe hubungan seperti ini sama - sama bisa mempelajari pola pikir masing - masing.

 

(aluna)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar