Review The Emoji Movie (2017) - Bukan Kesalahan untuk menjadi Berbeda


The Emoji Movie | 2017 | 1h 26m

Genre : Animation, Adventure, Comedy| Negara: US

Director: Tony Leondis | Writers: Tony Leondis, Eric Siegel, Mike White

Pemeran: T.J. Miller, James Corden, Anna Faris, dll

IMDB : 3.4/10

My Rate : 7/10

 

Gene, sebuah emoji yang berusaha untuk memperbaiki ekspresi yang dimilikinya agar sesuai standar dengan bantuan Jailbreak, seorang emoji hacker.

 

Sinopsis

 

Setiap aplikasi yang ada di dalam smartphone atau ponsel pintar adalah sebuah planet dan dunia tersendiri. Textopolis merupakan sebuah kota dari aplikasi pengirim pesan. Dalam kota ini hiduplah para emoji yang memiliki ekspresinya masing - masing.

 

Para emoji bekerja di kubusnya masing - masing. Saat pemilik ponsel akan mengirimkan emoji di dalam pesannya, maka akan ada sebuah mesin yang besar yang bertugas melakukan scan pada mereka. Setelah scan berhasil maka emoji itu akan muncul di pesan.

 
Malfunction Ekspresi

 

Gene adalah anak dari emoji dengan ekspresi 'Meh'. Dirinya diharapkan untuk meneruskan pekerjaan orang tuanya dan bekerja sebagai seorang 'Meh'. Namun, dirinya memiliki kemampuan untuk bisa memunculkan berbagai macam emosi yang ada di dalam dirinya. Gene belum bisa menyembunyikan ekspresinya yang lain.


Gene bersama dengan orang tuanya
 

Khawatir dengan hal tersebut, ayahnya berencana untuk menunda hari kerja Gene. Namun, Ibunya merasa Gene bisa melakukan pekerjaannya dengan baik. Tempat dirinya bekerja dipimpin oleh seorang emoji bernama Smiler yang selalu memiliki ekspresi senyuman lebar. 

 

Sebuah kekacauan terjadi saat Alex, pemilik ponsel tersebut memilih Meh di dalam pesan yang akan dikirimnya. Gene yang gugup akhirnya memunculkan semua ekspresi tanpa terkendali dan membuat sebuat emoji berbentuk aneh. Smiler tidak suka dengan hal tersebut dan berencana untuk menghapus Gene dari Textopolis.


The emoji movie
Alex yang sedang memilih emoji


Gene bertemu dengan Hi-5 dan berencana untuk pergi keluar aplikasi demi bertemu dengan Jailbreak. Jailbreak terkenal sebagai seorang hacker yang dipercaya dapat membantu mereset Gene dan membuatnya memiliki ekspresi yang seharusnya. Di tengah pengejaran Bot yang bertugas menghapusnya, Gene bersama Hi-5 pergi untuk mencari Jailbreak.

 

Akankah Gene berhasil menemukan Jailbreak dan mereset ulang dirinya?

 

Ulasan

 

The emoji movie adalah sebuah film komputer animasi yang diproduksi oleh Columbia Picture dan Sony Picture Animation. Film ini dibuat oleh penulis, Leondis, yang terinspirasi oleh film Toy Story. Awalnya film ini berjudul Emoji Movie : Express yourself. Film ini mengangkat tema yang unik yaitu imajinasi mengenai kehidupan para emoji.

 

Emoji atau yang kita kenal juga dengan emoticon adalah gambar yang digunakan untuk mengekspresikan diri dalam sebuah percakapan melalui ponsel. Penggunaan emoji merupakan sesuatu yang amat sering dilakukan. Ada beberapa emoji yang menjadi favorit dan ada juga yang sering terabaikan. Hal ini yang diangkat menjadi tema dalam film ini.

 

Ide cerita yang amat menarik tersebut tetapi masih memiliki beberapa celah dari segi ceritanya. Beberapa hal yang menurut saya perlu untuk diperhatikan relevansinya dengan dunia nyata. Emoji bekerja di sebuah kubus dimana nanti jika pengguna akan menggunakan emoji tersebut, maka mereka akan discan menggunakan sebuah mesin yang besar. Pertanyaan yang timbul adalah bagaimana cara menentukan emoji yang bisa bekerja di dalam kubus tersebut?

 

Seperti yang diketahui bahwa para emoji tinggal di sebuah kota yang penuh dengan emoji. Para emoji juga dapat berkeluarga yang pastinya akan memungkinkan memiliki jenis emoji yang serupa dan tidak hanya satu. Sehingga pertanyaan yang timbul lagi selain bagaimana menentukan emoji mana yang pantas untuk masuk ke dalam kubus, bagaimana kabar para emoji yang tidak dipilih untuk masuk ke dalam kubus?

 

Gene yang memiliki kemampuan untuk memiliki banyak ekspresi menjadi suatu yang dianggap kesalahan. Gene dituntut untuk bisa menjadi seorang 'Meh' dan menunjukkan ekspresi sebagaimana seharusnya. Hal itu akhirnya menyebabkan dirinya pergi ke wallpaper untuk bertemu seorang emoticon lain bernama Jailbreak agar bisa mereset dirinya.

 

Tujuan akhir mereka adalah Dropbox yaitu suatu penyimpanan awan (cloud storage). Namun, entah mengapa daripada memilih jalan mengikuti koridor untuk langsung ke dropbox, mereka memilih untuk masuk melalui aplikasi - aplikasi lainnya. Pertanyaan lainnya muncul yaitu apa hubungan dropbox dengan mereset ulang ekspresi sebuah emoji. Secara teknis menurut saya hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali.

 

Meskipun dari segi logika cerita masih banyak hal yang menjadi kekurangan, tetapi film ini masih bisa dinikmati dengan baik dan terdapat pesan yang bisa kita pelajari. Sehingga menurut saya nilai 3.4 di IMDB terlalu sadis karena masih banyak film lain yang tidak terlalu bagus tetapi mendapat nilai di atas nilai tersebut. Film ini memiliki gambar dan warna yang menarik bagi anak - anak, tetapi tokoh dan hal - hal yang ada di dalamnya mungkin menjadi suatu hal yang cukup berat bagi anak untuk bisa memahami.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film The Emoji Movie adalah mengenai penerimaan atas diri sendiri. Dunia di tempat kita hidup seringkali menuntut kita untuk menjadi seseorang yang sesuai dengan 'standar' pada umumnya. Sehingga hal ini membuat orang yang 'berbeda' menjadi seperti disingkirkan dan dipaksa untuk menjadi sama.

 

Padahal menjadi berbeda itu belum tentu menjadi suatu hal yang buruk. Bisa jadi perbedaan itu akan membuat suatu terobosan baru yang lebih baik. Sehingga penting untuk mengajarkan pada anak - anak bahwa menjadi diri sendiri itu adalah suatu hal yang penting. Tidak perlu merasa minder atau malu jika kita berbeda. Jadikan perbedaan itu sebagai pemersatu bukan pemisah.

 

(aluna)

Temukan filmnya disini!

 

 

Posting Komentar

0 Komentar