Review The end of April (2017) - Misteri di balik sebuah apartemen


The End of April (Original title: Sawoleuiggeut) | 2017 | 2h

Genre : Drama, Mystery, Thriller | Negara: Korea Selatan

Director: Kwang-Bok Kim | Writers: Kwang-Bok Kim

Pemeran: Ji-Soo Park, Bit-na Lee, Jang So-yeon, dll

IMDB : 5.6/10

My Rate : 7/10

 

Hyun-Jin pindah ke sebuah apartemen tua demi mencari tempat yang nyaman baginya untuk persiapan ujian pegawai negeri, tetapi malah bertemu dengan tetangga yang aneh dan membuatnya terjerumus dalam permasalahan yang pelik. 

 

Sinopsis

 

Hyun-jin (Ji-soo Park) menyewa kamar di sebuah apartemen tua. Dirinya berencana untuk menetap disana dalam rangka persiapan ujian masuk pegawai negeri. Dirinya berharap tempat tersebut dapat memberikan ketenangan selama tinggal disana.

 

Apartemen tersebut terlihat tua dan sedikit menyeramkan. Tidak banyak penghuni yang tinggal di tempat tersebut. Saat pertama datang, Hyun-Jin bertemu dengan 2 anak kecil yang duduk di tangga, tetapi tidak pernah memberikan respon saat dirinya menyapanya.

 

Tetangga aneh yang mengganggu

 

Saat pertama datang ke tempat tersebut, Hyun-Jin disambut dengan sambutan yang tidak ramah dari tetangganya. Tetangganya tersebut adalah sebuah keluarga yang terdiri dari seorang perempuan, suami, dan anak perempuannya. Perempuan tersebut meminta agar Hyun-jin tidak berisik dan tidak mengganggu keluarganya.


The End of April
Joo Hee dan Ibunya
 

Disisi lain, Park Hyun-jin (Jang So-yeon), selanjutnya disebut Nona Park, seorang pegawai negeri yang bekerja di dinas sosial baru saja pindah ke daerah yang sama. Dirinya diperingatkan tentang seorang pemuda yang sedikit keterbelakangan mental dan tinggal di sebuah toko kelontong. Pemuda tersebut dianggap sering mengganggu perempuan yang lewat.

 

Hyun Jin bekerja di sebuah pabrik, tetapi dirinya mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari atasannya. Dirinya melihat seorang pegawai membunuh atasan tersebut di ruang kerja mereka. Namun, tiba - tiba saat Hyun Jin melarikan diri, dirinya bertemu dengan atasan tersebut dan masih dalam keadaan hidup.

 

The End of April
Sebuah suara mengganggu Hyun-JIn belajar


Malam harinya sebuah suara aneh muncul dari rumah tetangganya. Suara tersebut seperti suara teriakan yang amat mengganggunya. Saat melaporkan hal tersebut ke pemilik apartemen, malah dirinya yang dituduh membuat kebisingan dan tetangganya telah melaporkan hal tersebut sebelumnya. Hyun-jin pun merasa aneh dengan hal tersebut.

 

Kejadian aneh pun terus terjadi apalagi setelah dirinya berinteraksi dengan anak dari tetangganya, Joo-Hee (Lee Bit-na) yang saat itu masih merupakan seorang pelajar. Apa kejadian aneh akan terus berlanjut?

 

Ulasan

 

Film The End of April ini memiliki ide cerita yang menarik dan sulit untuk di tebak. Namun, jalan cerita yang disajikan cukup lambat serta alur cerita yang sedikit membingungkan. Film ini masuk dalam kategori Pshychology thriller yang dimana, menurut saya, penonton harus menonton secara seksama agar dapat memahami jalan cerita yang terjadi.

 

Selain itu, film ini juga harusnya dapat dieksplore lebih lagi terutama di bagian ending. Perlu sebuah adegan atau scene yang menjelaskan semua hal agar menjadi suatu yang masuk akal. Dengan durasi 2 jam sebenarnya cerita yang disajikan cukup menegangkan. Namun, endingnya terasa begitu diburu - buru dengan waktu yang tersisa. Akan lebih bagus jika ending tersebut lebih di asah kembali.

 

Kemampuan akting dari para pemain cukup baik. Bahkan tokoh utama dalam film ini memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik dalam aktingnya di film ini. Tokoh pendukung juga menurut saya dapat memberikan tampilan akting yang membantu tiap scenenya menjadi lebih baik dan misterius.

 

Film ini dapat dijadikan pilihan bagi kamu yang menyukai mengenai film bertemakan pshychology thriller. Meskipun nilai di IMDB sebesar 5.6, tetapi film ini saya rasa tidak seburuk itu. Banyak hal menarik yang tidak terduga terutama plotwist yang mungkin tidak dapat diperkirakan.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah sebuah luka atau trauma dapat membuat seseorang berubah. Sehingga mengobati trauma tersebut merupakan suatu hal yang amat penting agar kehidupan dapat berjalan baik. Dukungan dari orang sekitar juga amat dibutuhkan.

 

(Aluna)

 

Temukan filmnya disini!

 

Posting Komentar

0 Komentar