Review It Comes (2018) - Kamu Tidak Dapat Menghindar dari Panggilannya


 It Comes (Original title: Kuru) | 2018 | 2h 15m

Genre : Drama, Horror, Mystery| Negara: Japan

Director: Tetsuya Nakashima | Writers: Hideto Iwai, Nobuhiro Monma, Tetsuya Nakashima

Pemeran: Jun'ichi Okada, Nana Komatsu, Satoshi Tsumabuki, dll

IMDB : 6.2/10

My Rate : 8/10

 

Sesosok makhluk dari masa lalu yang tidak diketahui wujudnya kembali mengganggu kehidupan Hideki dan saat ini berencana untuk membawa anak mereka, Chisa ke alam mereka. 

 

Sinopsis

 

Seorang anak merasa sesuatu memanggilnya ke dalam hutan, sosok itu pula terus mengganggunya dan ingin membawanya karena dirinya adalah anak yang nakal. Anak itu mengatakan bahwa dirinya akan mendatangi Hideki dan dirinya tidak dapat lari dari panggilan tersebut. Makhluk itu akan mendatanginya karena Hideki yang selalu berbohong.

Beberapa tahun kemudian, Hideki (Satoshi Tsumabuki) telah menikah dengan seorang wanita bernama Kana (Haru Kuroki) dan kehidupan mereka terlihat begitu bahagia. Saat berkunjung ke kampung halamannya, Hideki kembali mendengar suara - suara dan bayangan - bayangan yang aneh. Namun, dirinya terus mengabaikannya.

 

Kana merupakan wanita yang cantik meski sedikit pendiam. Kana memiliki sisi gelap dimana dirinya dibesarkan oleh seorang ibu yang bermasalah. Bahkan Ibunya memilih meninggalkan acara pernikahan Kana. Kana bertemu dengan Hideki di tempat kerjanya, rumor mengatakan Hideki membantunya untuk membayar hutang keluarga.

 
Suara yang terus memanggil

 

Beberapa tahun bersama akhirnya mereka dianugrahi seorang anak. Sejak mendengar kabar tersebut, Hideki mulai menulis sebuah blog untuk menceritakan mengenai keluarga dan perkembangan anaknya. Banyak yang memuji Hideki berdasarkan yang ditulisnya di dalam blog tersebut.

 

Meski demikian, Hideki terlihat seperti menyembunyikan sesuatu dalam hidupnya. Hingga suatu hari temannya berkata bahwa ada seseorang datang ke kantornya dan meminta untuk bertemu dengannya. Orang tersebut berkata bahwa hal tersebut bersangkutan dengan Chisa. Hideki tidak berhasil menemukan orang tersebut malah suatu yang mengerikan terjadi kepada teman kantornya.

 

Hari yang ditunggu pun akhirnya datang. Kana melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Chisa. Hideki pun makin giat untuk menuliskannya di dalam blog yang dimilikinya dan berhasil membangun image yang baik di lingkungannya.

 

Chisa tumbuh menjadi anak yang sehat, tetapi Hideki kembali mendengar suara - suara panggilan tersebut. Kali ini suara tersebut memanggil nama anaknya Chisa dan seakan ingin membawanya pergi. Hideki pun meminta pertolongan temannya untuk mencari seorang spiritual agar dapat menghindarkan keluarganya dari makhluk tersebut.


 

Apa yang akan terjadi pada Chisa selanjutnya?

 

Ulasan

 

It comes a.k.a Kuru adalah film yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul Bogiwan ga Kuru karangan Ichi Sawamura. Ide cerita yang ditampilkan amat menarik, jalan cerita juga tidak mudah ditebak serta penuh misteri. Efek CGI yang digunakan juga cukup halus dan membuat penonton menjadi masuk ke dalam cerita.

 

Hanya saja film ini dibuat berdasarkan sebuah novel yang dimana tiap chapternya menyoroti karakter yang berbeda. Sehingga saat menonton film ini seakan tidak mengetahui dengan pasti tokoh utama dari kisah ini. Beberapa tokoh yang pada awalnya saya anggap tokoh utama, seperti Hideki yang muncul dari awal film ini, ternyata malah menghilang di tengah - tengah cerita lalu tokoh baru dengan latar belakang cerita baru muncul. Meskipun demikian, cerita yang disajikan tetap tersusun secara sistematis dan mudah untuk diikuti.

 

Karakter dari tokoh Hideki berhasil membuat saya merasa kesal. Hideki digambarkan sebagai sosok yang ingin selalu dinilai baik dan terlihat sempurna. Namun, terlihat begitu plin plan dan lama dalam bertindak padahal keluarganya sedang dalam bahaya. Sayangnya saat tokoh ini sudah berhasil memicu emosi dari para penonton, tokoh ini tiba - tiba hilang. Ibarat lagi menggebu-gebu tiba - tiba hilang begitu saja.

 

Dengan jalan cerita yang cukup menarik, film ini diakhiri dengan akhir yang juga cukup baik. Meski saya masih mengganggap akhir tersebut belum benar - benar berakhir. Penonton tidak mengetahui dengan pasti apakah makhluk tersebut masih ada atau sudah lenyap. Tidak juga dijelaskan asal usul dari makhluk tersebut. Memang ada beberapa dialog yang menyinggung mengenai makhluk tersebut, tetapi tidak dengan jelas menjelaskannya.


Nana yang berpenampilan berbeda dari biasanya
 

Akting dari para pemainnya menurut saya cukup baik. Nana Komatsu yang biasanya berakting sebagai gadis SMA yang lembut dan pendiam, disini dirinya berani mencoba tantangan baru dengan karakter yang sedikit berbeda. Aktris cilik yang memerankan Chisa juga bisa memberikan sensasi horror yang dibutuhkan. Sehingga akting para pemainnya cukup bisa diberi ancungan jempol.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah saat kita memutuskan untuk memiliki anak, maka kita harus bisa mempertanggungjawabkannya. Memiliki anak tidak hanya sebatas memiliki, tetapi kita juga harus bisa memberikan lingkungan yang baik, pendidikan, dll. Sehingga anak tersebut bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan tidak kesepian.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar