Review Your Voice -KIMIKOE- (2017) - Kekuatan sebuah kata - kata


Your Voice -KIMIKOE- (Original title: Kimi no koe o todoketai) | 2017 | 1h 34m

Genre : Animation, Drama | Negara: Japan

Director: Naoyuki Itô  | Writers: Manabu Ishikawa

Pemeran: Misako Iino, Momone Iwabuchi, Yûki Kaji, dll

IMDB : 6.3/10

My Rate : 9/10

 

Nagisa Yukiai yang mempercayai keberadaan Roh Kata menemukan sebuah stasiun radio mini FM dan mencoba siaran melalui radio tersebut, ternyata suaranya didengar oleh orang yang tidak terduga. 

 

Sinopsis

 

Nagisa seorang anak SMA yang memiliki teman masa kecil, Kaede, Yuu, dan Shizuku. Kaede tidak terlalu suka dengan Yuu yang saat ini sekolah di sekolah yang berbeda. Yuu adalah cucu dari seorang kaya raya yang memiliki pengaruh di kota tersebut. Hal tersebut membuat Kaede sedikit merasa iri dengan kehidupan Yuu.

 

Nagisa tidak menyukai kebiasaan Kaede yang selalu berkata buruk tentang Yuu. Nagisa pernah mendengar cerita dari neneknya mengenai roh kata 'kotodama'. Nagisa percaya bahwa setiap perkataan memiliki sebuah roh. Jika kita memiliki sebuah permintaan harus dikatakan dengan lantang. Namun, saat kita mengatakan kejelekan, hal tersebut bisa berbalik kepada diri kita sendiri.

 
Radio Mini FM

 

Nagisa tidak sengaja menemukan sebuah kafe terbengkalai saat dirinya berteduh dari hujan. Dalam kafe tersebut banyak sekali piringan lagu dan juga peralatan untuk melakukan siaran radio. Nagisa merasa tertarik untuk mencoba melakukan siaran. Nagisa tidak berharap orang akan mendengarkan siarannya.


 

Sebuah pesan masuk ke emailnya yang ternyata sebuah tanggapan atas siaran yang dilakukannya. Tanggapan tersebut dikirimkan oleh Akane, anak dari pemilik radio tersebut. Ibu dan kakeknya mengalami kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kakeknya meninggal dan ibunya koma. Ibunya telah mengalami koma selama 12 tahun lamanya.

 

Saat mendengarkan siaran dari Nagisa, Akane mengingat kembali kenangannya bersama dengan Ibunya. Akane mencoba untuk melakukan siaran dan berharap suaranya dapat membangunkan kembali ibunya. Nagisa menghampiri Akane dan mereka memutuskan untuk melakukan siaran bersama.


 

Nagisa mencoba untuk meyakinkan Akane bahwa perkataannya akan tersampaikan dan membuat ibunya sadar kembali. Namun, Akane masih merasa ragu sebab ibunya telah koma selama 12 tahun. Selama 12 tahun itu pula Akane telah mencoba banyak hal untuk membuat ibunya tersadar.

 

Akankah mereka berhasil membuat sebuah keajaiban melalui siaran radio tersebut?

 

Ulasan

 

Film Your Voice - KIMIKOE- merupakan sebuah film dengan tema fantasi yang memiliki ide cerita yang menarik. Banyak dari kita sering kali tidak menyadari kekuatan dari sebuah kata - kata. Tema tersebut yang akhirnya diangkat di dalam film ini mengenai kekuatan dari sebuah kata.

 

Desain gambar yang ditampilkan dalam film ini masih memiliki kesan gambar tipe anime classic dengan garis gambar yang tidak begitu jelas. Namun, hal ini tetap membuat film ini cukup nyaman untuk dinikmati. Selain itu pemilihan musik dan soundtrack dari film ini juga amat baik. Bahkan kita juga bisa mendapatkan pelajaran dari lagu yang digunakan.

 

Saya berharap film ini bisa menampilkan adegan - adegan yang lebih mendalam dalam segi makna. Saya merasa adegan yang ditampilkan masih terlalu berada di permukaan, sedangkan pesan yang disampaikan sebenarnya cukup dalam. Meski demikian kita juga bisa melihat sebuah persahabatan, konflik yang bisa diambil hikmahnya. Sehingga saya merekomendasikan film  ini ditonton oleh anak - anak tetap dengan pendampingan orang tua agar anak bisa memahami konteks dari film ini.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah bahwa setiap perkataan itu dapat berdampak pada diri kita dan sekitar kita. Kita seharusnya berusaha untuk mengucapkan hal yang baik, karena perkataan buruk bisa berbalik mengenai kita. Perkataan yang kita ucapkan bisa saja terwujud, maka perlu berhati - hati dalam mengucapkan suatu kalimat baik mengenai diri sendiri ataupun orang lain.

 

(Aluna)

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar