Review Youth (2017) - Masa Muda yang Penuh Perjuangan

 


Youth (Original title: Fang hua) | 2017 | 2h 15m

Genre : Drama, Romance, War | Negara: China

Director: Xiaogang Feng  | Writers: Geling Yan

Pemeran: Xuan Huang, Miao Miao, Elane Zhong, dll

IMDB : 7/10

My Rate : 8/10

 

Sekumpulan remaja yang tergabung dalam rombongan seni militer dihadapkan dengan konflik antara persahabatan, cinta, pengkhianatan, dan perjuangan yang mengubah hidup mereka.

 

Sinopsis

 

Pada tahun 1970, Liu Feng membawa He Xiaoping untuk bergabung dengan romboingan seni militer. Saat itu He Xiaoping berdasar dari sebuah pedesaan, sehingga sikap dan kebiasaannya berbeda dengan orang yang ada di tempat tersebut. Terutama dengan para anak elite yang ada di tempat tersebut.


 

Xiaoping yang amat senang masuk ke militer berencana untuk mengambil foto dengan menggunakan seragam dan mengirimkan kepada keluarganya. Xiaoping saat itu dianggap remeh dan terus dirundung oleh keluarganya. Dengan statusnya yang masuk ke militer, dirinya mengharapkan agar tidak ada lagi yang memandang sebelah mata padanya.

 

Awal mula perundungan

 

Xiaoping baru akan mendapatkan seragamnya beberapa minggu lagi karena persediaan yang telah habis. Namun, Xiaoping tidak sabar untuk melakukan pemotretan. Xiaoping mengambil seragam rekannya yang tergantung di dalam kamar asrama dan berharap tidak di ketahui.

 

Lin Dingding yang ingin mengambil obat di dalam seragamnya menyadari seragamnya menghilang. Beberapa saat kemudian, seragam tersebut kembali ke tempatnya. Dingding mencurigai Xiaoping, tetapi Xiaoping tidak juga mengaku.

 

Saat mereka ditugaskan pergi ke suatu tempat untuk tampil. Rekan Xiaoping melihat fotonya yang terpajang di studio foto. Semua rekannya lalu merasa kesal dengan Xiaoping, sejak saat itu semua anggota rombongan seni terus membulinya. Ditambah lagi dengan aroma tubuh Xiaoping yang dianggap terlalu menusuk.


 

Liu Feng yang dikenal sebagai prajurit teladan dan sering mendapatkan penghargaan menjadi satu - satunya yang baik kepada Xiaoping. Selain karena Liu Feng yang membawanya ke tempat tersebut, Liu Feng juga satu - satunya orang yang mengetahui latar belakang kehidupan Xiaoping. Namun, Liu Feng menyukai Dingding.

 

Apa yang akan terjadi pada Xiaoping dan Liu Feng?

 

Ulasan

 

Film Youth merupakan film yang mengambil tema kehidupan remaja yang menjadi anggota sebuah rombongan seni militer. Mereka tinggal di sebuah asrama dan dididik secara militer. Banyak pandangan orang luar yang merasa saat hidup di militer mereka akan mendapatkan pandangan yang lebih baik dari orang sekitar. Namun, tidak banyak yang mengetahui seberapa keras hidup di lingkungan militer.

 

Ide cerita yang diambil cukup menarik dan relate dengan kehidupan di masyarakat meski latar belakang waktu yang diambil adalah tahun 1970 an. Cerita tokoh utama di narasikan oleh tokoh ketiga. Akting dari para pemain juga cukup baik dan tidak berlebihan. Terlihat juga kemampuan seperti menari, menyanyi, dan bermain musik dari para pemainnya.

 

Namun, efek animasi yang digunakan dalam film ini saat perang berlangsung terlihat palsunya. Meski demikian tidak terlalu mempengaruhi jalannya cerita. Jalan cerita juga sebagian besar menitikberatkan pada kisah hubungan antar individu, konflik persahabatan, percintaan, tidak terlalu diperlihatkan kehidupan mereka sebagai seorang militer. Terdapat beberapa adegan mereka berlatih senjata, tetapi terlihat seperti main - main saja.

 

Menurut saya film ini bisa di eksplor lebih baik lagi agar lebih mengena pada emosi dari para penontonnya. Mengingat film ini diputar selama 2 jam 15 menit, banyak hal yang bisa dibuat lebih dalam. Film ini menjadi salah satu yang saya rekomendasikan.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dalam film ini adalah bagaimana perjuangan dari para tentara dalam peperangan. Banyak yang mereka korbankan bahkan nyawa dan kehidupannya sendiri. Mereka juga banyak menyaksikan rekan-rekannya yang tewas di medan perang. Sehingga kita perlu menghargai perjuangan mereka dan memperlakukan para veteran perang dengan baik.

 

(Aluna)

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar