Review Burning Body (2023) - Konflik Cinta dalam sebuah Misteri Pembunuhan

 


Burning Body (Original title: El cuerpo en llamas) | 2023| 8 episode

Genre : Biography, Crime, Drama| Negara: Spain

Creator : Laura Sarmiento Pallarés

Pemeran : Úrsula Corberó, Quim Gutiérrez, José Manuel Poga, dll

IMDB : 6.7/10

Tomatometer : 67%

My Rate : 8/10

 

Penyelidikan atas penemuan mayat seorang polisi lokal yang terbakar hangus membuka rahasia dan misteri atas hubungannya dengan kekasih dan rekannya sesama polisi.

 

Sinopsis

 

Sebuah jasad polisi lokal, Pedro, ditemukan dalam sebuah mobil yang terbakar. Penyelidikan dilakukan kepada orang - orang yang ada di sekitarnya. Berawal dari mantan suami Rosa, hingga akhirnya menjurus ke Rosa yang merupakan kekasih dari Pedro. Sebuah hubungan yang rumit menjadi sebuah motivasi atas pembunuhan tersebut.  

 

Serial ini memiliki 8 episode dengan sinopsis sebagai berikut:

 
Episode 1: The Resevoir


 

Rosa sedang memperebutkan hak asuh anak dengan suami sebelumnya, Javi. Namun, kekasihnya saat ini, Pedro, juga menghilang tanpa diketahui keberadaannya. Orang tua Rosa sangat khawatir dengan keadaannya dan meminta dirinya untuk pergi ke sebuah pesta demi menghibur diri.

 

Rosa pun pergi bersama Albert, rekan kerjanya di kepolisian untuk menikmati pesta tersebut. Teman kerjanya yang lain yang mengetahui hubungan Rosa dan Pedro merasa khawatir dengan ketidakhadiran Pedro di sisi Rosa. Hingga tiba - tiba jasad Pedro yang telah hangus terbakar di temukan di dalam mobilnya di dekat sebuah waduk. Dalam pengakuannya kepada Polisi, Rosa merasa bahwa Javi lah pelakunya.

 

Episode 2: Two Rosas

 

Penyelidikan atas kematian Pedro berlanjut. Polisi mendatangi Javi untuk meminta keterangan yang malah membuka kembali masa lalu Rosa. Rosa merupakan seorang penari di sebuah klub dan Javi merupakan penjaga keamanan di klub tersebut. Mereka mengikuti ujian masuk polisi hingga Rosa menjadi polisi lokal dan Javi menjadi Mossos. Namun, selama bekerja, Rosa beberapa kali menjalin hubungan dengan rekan kerjanya hingga foto vulgarnya tersebar.

 

Rosa melaporkan pelaku penyebar foto tersebut dan akan menjalani sidang atas laporannya. Rosa kembali menyudutkan Javi dengan mengangkat insiden tersebut kembali ke permukaan, seakan - akan Javi memiliki dendam dan melakukan pembunuhan karena cemburu. Javi yang merasa tidak terima menjadi tersangka menyebutkan Albert sebagai orang yang mungkin bisa menjadi tersangka mengingat kedekatan hubungannya dengan Rosa.

 

Episode 3: The Fall

 

Polisi mulai menyelidiki tentang Albert dan hubungannya dengan Rosa yang akhirnya membuat Rosa panik. Kehadiran Sofia dan pernikahannya dengan Javi tidak membuat Rosa menjadi lebih baik. Rosa terus menerus berhubungan dengan Albert dan Javi mulai curiga dengan kedekatan mereka.

 

Polisi menemukan fakta baru dimana Albert memiliki beberapa catatan kriminal, yaitu tahun 2012 didenda karena memukuli pedagang kaki lima dan 2014 terlibat atas kematian seorang tunawisma. Hal mengejutkan lainnya adalah pada tahun 2014 tersebut Albert dibebaskan berkat kesaksian Rosa yang menjadi saksi tunggal.  Polisi mulai mencurigai Rosa dan Albert atas kasus kematian Pedro.

 

Episode 4: Christmas

 

Hubungan Rosa dan Pedro sudah terjalin saat Rosa masih bersama dengan Javi, meski Javi hanya mengetahui hubungan Rosa dan Albert. Pedro memilih untuk meninggalkan kekasihnya demi bisa bersama dengan Rosa. Namun, Rosa tidak benar - benar ingin meninggalkan Javi. Hingga Javi akhirnya mengatakan bahwa dirinya berselingkuh karena mengetahui bahwa Rosa telah mengecewakan dirinya lagi yaitu berhubungan dengan Albert.

 

Polisi makin memperdalam penyelidikannya terhadap Rosa dan Albert. Walau Rosa telah berhasil membujuk orang tuanya untuk berbohong dengan cara memfitnah Javi di hadapan mereka. Namun, temuan di lapangan membuat polisi tidak seketika percaya dengan kesaksian mereka. Rosa dan Albert memilih untuk berpisah sementara waktu demi menghindari kecurigaan polisi.

 

Episode 5: Love

 

Kehadiran Pedro membuat hubungan Rosa dan Albert memburuk, Albert dipenuhi rasa cemburu. Albert mengirimkan tangkapan layar percakapannya dengan Rosa kepada Pedro dan membuat Pedro marah besar. Berdasarkan pengakuan teman - temannya, Pedro meninggalkan Rosa tetapi kembali lagi ke rumah tersebut.

 

Setelah kembali bersama, Pedro makin menunjukkan rasa cintanya kepada Rosa bahkan melamarnya. Namun Rosa sebaliknya, tingkahnya makin aneh dan masih berhubungan dengan Albert. Setelah mengumpulkan semua informasi dan fakta, Polisi akhirnya menetapkan Rosa dan Albert sebagai tersangka, serta menangkap mereka.

 

Episode 6: The Impossible

 

Rosa menjalani persidangan kasus foto vulgarnya tanpa bantuan siapapun selain pembela umum. Pengacara yang disewa oleh Pedro tidak lagi mau membelanya sejak penemuan jasad Pedro. Rosa kalah dalam persidangan tersebut dan pelaku dibebaskan dari segala tuduhan.

 

Seorang pengacara terkenal di utus untuk membela Albert. Namun, tidak ada seorang pun yang ingin membela Rosa hingga seorang pengacara wanita muncul dan menawarkan jasanya. Rosa mengungkapkan cerita kejadian malam itu yang memojokkan Albert kepada pengacaranya.

 

Episode 7: Face to Face


 

Sofia mulai menyadari masalah yang dialami ibunya, dirinya pun membuka sebuah fakta mengejutkan. Albert mulai menunjukkan perlawanan dengan memberikan versi cerita miliknya. Reka ulang peristiwa pun dilakukan di rumah Rosa dengan versi ceritanya masing - masing.

 

Tiga tahun berlalu, sidang pertama mereka pun dilaksanakan. Rosa tetap bersikeras bahwa Albert yang menjadi pelaku utamanya. Javi melakukan wawancara di TV dan menceritakan hubungannya dengan Rosa, tetapi pernyataan tersebut dapat memberatkan Rosa di pengadilan. Banyak fakta baru yang memberatkan terungkap dari keterangan para saksi.

 

Episode 8: May 1st 2017

 

Inspektur Ester sebagai penanggung jawab dalam penyelidikan kasus tersebut menjadi saksi akhir yang membuka semua bukti yang didapat dalam penyelidikan. Ester menyampaikan narasi berdasarkan hasil temuannya mengenai yang sebenarnya terjadi dalam pembunuhan Pedro. Narasi tersebut berbeda dari cerita yang disampaikan Rosa ataupun Albert.

 

Pembunuhan terhadap Pedro adalah pembunuhan berencana yang juga dilakukan untuk menjebak Javi, mantan suami Rosa. Dari semua pernyataan di pengadilan, terlihat bahwa dalang dibalik kasus tersebut adalah Rosa. Namun Rosa masih bersikukuh hingga akhir bahwa Albert yang melakukannya. Rosa dan Albert dinyatakan bersalah atas kasus tersebut.

 

Ulasan

 

Burning Body dibuat berdasarkan kisah nyata sebuah kasus pada tahun 2017 di Spanyol. Dalam serial tersebut, nama dan tempat disesuaikan dengan kisah nyatanya. Mungkin ada beberapa perubahan atau penambahan untuk kebutuhan entertaiment yang tidak terlalu signifikan dan tidak mempengaruhi cerita asli.

 

Kisah ini juga telah dibuat dalam sebuah film dokumenter berjudul Rosa Peral's Tapes yang berisi dokumentasi proses penanganan kasus tersebut dan pernyataan dari Rosa sebagai tersangka utama. Saya pun membandingkan antara serial tersebut dengan film dokumenter yang dibuat. Terdapat beberapa perbedaan yang terjadi.

 

Beberapa perbedaan terjadi dalam serial ini dan kisah nyatanya. Perbedaan pertama adalah Rosa memiliki 2 anak perempuan, sedangkan dalam serial tersebut hanya ada 1 anak saja. Proses penangkapan Rosa yang pada cerita aslinya ditangkap saat dirinya mendatangi kantor polisi, bukan saat berada di rumah. Kondisi penjara tempat Rosa ditahan juga tidak sebagus yang digambarkan di dalam serial tersebut.

 

Awal pertemuan Rosa dengan mantan suaminya pun berbeda dengan kisah aslinya, dimana Rosa ternyata masih berumur 16 tahun saat bertemu dengan mantan suaminya yang saat itu bekerja di klab malam. Cara bukti - bukti baru terungkap juga berbeda dimana pada aslinya jaksa penuntut umumlah yang membacakan tiap temuan tersebut. Namun, perbedaan ini tidak mengubah inti dari permasalahan dimana Rosa dituduh dan diyakini sebagai pelaku pembunuhan tersebut.

 

Perlu diperhatikan, dalam serial ini memiliki beberapa adegan yang didalamnya terdapat unsur kekerasan, sex, ketelanjangan, dan darah. Pengambilan gambar, pemilihan musik dan lagu, saya rasa amat baik. Pemilihan lagu yang tepat tersebut membuat konflik dalam film tersebut tersampaikan. Adegan intro yang ditampilkan juga membuat kesan misteri yang baik.

 

Walaupun dari awal cerita kita telah mengetahui siapa pelaku sebenarnya dalam pembunuhan yang terjadi, tetapi proses dan jalan cerita yang disajikan tetap membuat penonton merasa penasaran. Jalan cerita disusun secara sistematis dan mudah untuk diikuti. Pemilihan pemeran juga cukup baik dengan menunjukkan akting yang baik.

 

Dari menonton serial dan film dokumenter mengenai kasus tersebut, saya menyadari betapa besarnya pengaruh pemberitaan media terhadap prasangka dari para aparat hukum di pengadilan. Lebih kurang pastinya masyarakat akan terpengaruh dengan pemberitaan yang disampaikan di media. Hal ini bisa menyamarkan kebenaran dari sebuah kasus.

 

(Aluna)

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar