Review ClickBait (2019) - Menjadi terkenal di Dunia Maya

 


Clickbait | 2019 | 1h 20m

Genre : Comedy, Horror, Thriller| Negara: US

Director: Sophia Cacciola, Michael J. Epstein| Writers: Jeremy Long, Michael J. Epstein

Pemeran: Colby Stewart, Brandi Aguilar, Seth Chatfield, dll

IMDB : 3.2/10

Tomatometer : -%

My Rate : 7/10

 

Bailey yang kehilangan popularitas karena dikalahkan oleh seorang creator yang menarik simpati dengan penyakit kanker yang dialaminya, melakukan segala cara untuk kembali popular bahkan mengorbankan keselamatannya.

 

Sinopsis  

 

Bailey (Amanda ColbyStewart) adalah seorang vlogger yang menduduki peringkat pertama di website str33ker.com selama 6 minggu berturut - turut. Namun pada minggu ke tujuh peringkatnya menurun karena seorang vlogger lain muncul dengan kisahnya yang menderita kanker. Kisah tersebut berhasil menarik simpati para netizen.


Sinopsis Clickbait
Bailey sedang menonton creator lain

 

Bailey dan Emma (Brandi Aguilar) pergi ke sebuah pesta Halloween yang berisi para kumpulan vlogger. Keesokan paginya, video mereka yang sedang memasuki rumah tersebar di sosial media dan mendapatkan jumlah penonton yang banyak. Tidak seperti Emma yang ketakutan karena tidak mengetahui siapa yang merekam mereka, Bailey tidak terlalu memikirkannya karena popularitasnya meningkat karena video tersebut.

 

Mengejar Popularitas

 

Sebuah video lainnya tersebar di sosial media dimana seseorang masuk ke rumah mereka dan mengacak - ngacak lemari Bailey. Bailey memutuskan untuk melaporkannya ke polisi. Seorang polisi 'bodoh' muncul untuk menyelidiki hal tersebut, tetapi tidak membuahkan hasil apapun.

 

Penguntit tersebut kembali ke rumah mereka dan merekam semua aktivitas yang dilakukannya, kali ini lebih membahayakan. Emma dan Bailey kembali melaporkan kejadian tersebut kepada polisi dan menunjukkan video rekaman tersebut. Namun, Polisi tidak juga menanggapinya dengan serius. Emma menjadi lepas kendali dan frustasi.

 

Apa yang akan terjadi selanjutnya?

 

Ulasan

 

Clickbait adalah sebuah film yang mengangkat topik media sosial dan fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini. Media sosial menjadi sebuah media yang banyak digunakan oleh orang untuk mendapatkan popularitas. Orang - orang mulai kehilangan jati dirinya dan berlomba untuk menjadi yang paling popular.

 

Clickbait memiliki nilai 3.2 di IMDB meski telah berhasil memenangkan 6 penghargaan dari 22 nominasi. Menurut saya pesan yang disampaikan dalam film ini cukup dalam meski dari segi film terlihat seperti film dengan budget rendah. Namun, rasanya nilai 3.2 merupakan nilai yang terlalu kecil.


Jalan cerita ditampilkan secara sistematis. Cerita pun cukup menarik dan ringan untuk ditonton. Akting dari para pemain juga terbilang biasa saja tidak terlalu jelek atau bagus. Hanya saja penonton dibuat penasaran dengan pelaku penguntitan yang terjadi dan plotwist yang ditampilkan benar - benar tidak tertebak.


Sinopsis Clickbait
Bentuk iklan yang muncul

 

Adegan berkesan saat para kreator mengiklankan sebuah roti 'Toots Strudels'. Adegan ini sebenarnya merupakan sindiran halus kepada para produsen yang membuat barang - barang aneh dan mengiklankan di televisi atau media lainnya. Berbagai macam bentuk video dibuat hanya untuk mempromosikan barang tersebut dan kadang tidak masuk akal.

 

Pesan dalam Film Clickbait

 

"Tidak ada yang peduli jika aku pintar, yang mereka pedulikan adalah jika aku membuat wajah lucu sementara aku mewawancarai Hollywood yang paling aneh…"

 

Para vlogger di str33ker berlomba - lomba membuat video 'flash' demi mendapatkan popularitas. Mereka tidak mempedulikan video seperti apa yang mereka buat. Hal terpenting adalah video tersebut dapat meraih popularitas dan mendapatkan jumlah tontonan yang tinggi.

 

Hal ini terjadi di dunia saat ini dimana orang - orang berlomba - lomba menjadi popular. Banyak yang membuat video yang tidak mengedukasi bahkan bisa merugikan dirinya dan orang lain. Hal terpenting adalah mereka menjadi 'viral' dan mendapat popularitas. Padahal apa yang kita bagikan akan mempengaruhi citra kita di masyarakat.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Clickbait merupaka film yang cukup layak untuk ditonton. Lumayan menghibur jika ingin menonton film yang ringan dan sedikit aneh.

 

Quote:

Internet famous and famous are two completely different thing

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar