Review Exit (2019) - Melepaskan diri dari asap berbahaya


Exit (Original title: Eksiteu) | 2019 | 1h 43m

Genre : Action, Comedy| Negara: South Korea

Director: Lee Sang-geun | Writers: Lee Sang-geun
Pemeran: Cho Jung-Seok, Lim Yoon-a, Du-shim Ko, dll

IMDB : 7/10

Tomatometer : 83%

My Rate : 10/10

 

Sebuah asap berbahaya mengepung seluruh kota, Yong Nam dan Ui Joo harus berjuang dengan berbagai cara untuk bisa selamat dari asap tersebut.

 

Sinopsis

 

Lee Yong Nam (Cho Jung Seok) seorang mantan atlet panjat dinding belum juga mendapatkan pekerjaan. Dirinya masih tinggal bersama dengan orang tuanya. Desakan dari orang rumah agar dirinya mencari pekerjaan semakin sering di dengarnya.


Sinopsis Exit
Acara ulang tahun ibu Yong Nam

 

Di hari ulang tahun Ibunya, mereka semua datang untuk merayakan secara besar - besaran di sebuah gedung. Yong Nam tidak sengaja bertemu dengan cinta pertamanya, Ui Joo (Lim Yoon Ah). Mereka pun mengenang masa lalu termasuk kejadian memalukan dimana Ui Joo menolak pernyataan cinta dari Yong Nam.

 

Gas Mematikan

 

Seseorang menyebarkan gas mematikan ke seluruh penjuru kota. Gas tersebut menyebar dengan cepat hingga ke gedung tempat perayaan ulang tahun Ibu Yong Nam. Kekacauan hebat terjadi di seluruh kota, semua orang bergegas untuk melarikan diri.

 

Setelah mengetahui penyebab terjadinya kekacauan tersebut, keluarga Yong Nam bergegas kembali ke dalam gedung meski salah satu kakaknya secara tidak sengaja menghirup asap tersebut. Asap makin meninggi, Yong Nam meminta semuanya untuk pergi ke atap gedung. Dengan pengetahuannya sebagai mantan pendaki dinding dan bantuan dari Ui Joo, mereka berhasil sampai ke atap gedung.


Sinopsis Exit
Yong Nam sedang mencari cara untuk ke atap

 

Kesalahan terjadi, pintu ke arah atap ternyata terkunci. Yong Nam pun mulai mencari cara untuk bisa memecahkan masalah tersebut, mengingat urgensi keadaan yang tinggi. Apakah Yong Nam akan berhasil menyelamatkan diri dan keluarganya?

 

Ulasan

 

Exit adalah sebuah film yang memiliki ide cerita yang cukup baik. Film ini juga menjadi film debut pertama Yoon A SNSD sebagai tokoh utama dalam karirnya sebagai seorang aktris. Akting yang dipertunjukkan dari para pemainnya juga cukup baik dan tidak terlihat kaku.

 

Pemilihan musik dan sound dari film ini cukup mendukung setiap adegan yang dilakukan dan memunculkan rasa ketegangan. Pengambilan gambar juga amat baik sehingga bisa memperlihatkan proses yang terjadi secara penuh kepada penonton. Kombinasi ini membuat penonton menjadi serasa ikut ambil bagian dalam setiap kejadian.

 

Teknik editing yang digunakan juga cukup baik. Tidak heran jika film ini memenangkan 14 penghargaan dari 35 nominasi. Yoon A dan Jung Seok saya rasa perlu mendapatkan penghargaan yang lebih untuk akting mereka. Akting yang ditunjukkan cukup sulit karena mereka harus banyak menggunakan kekuatan fisik dan juga berlari dengan menggunakan masker bukan hal yang mudah dilakukan.


Yong Nam memanjat gedung

 

Adegan yang berkesan adalah saat Yong Nam mencoba mencapai atap dengan cara memanjat dinding dari luar. Reaksi dari para keluarganya cukup menarik. Meski adegan ini amat berbahaya, tetapi karena reaksi keluarganya jadi agak sedikit lucu. Selain itu, saat Yong Nam melepaskan tali yang digunakannya, hal itu menambah ketegangan yang terjadi.  

 

 
Pesan dalam Film Exit

 

Rasa kemanusiaan itu masih ada

 

Saat sedang mengalami masalah yang pelik seperti itu, Yong Nam dan Ui Joo masih mementingkan keselamatan orang lain dibandingkan keselamatan mereka sendiri. Kepedulian orang - orang juga muncul saat mengetahui bahwa Yong Nam dan Ui Joo sedang berjuang untuk bertahan hidup. Orang - orang pun melakukan upaya yang mereka bisa untuk menyelamatakan keduanya.

 

Mungkin terkadang kita merasa tidak ada orang yang akan membantu kita saat sedang dalam masalah. Sering merasa dikecewakan atau tidak dipedulikan. Namun, jangan pernah patah semangat dan terus berjuang. Akan ada bantuan yang tidak terduga mendatangi kita.

 

Keluarga akan selalu memperdulikan

 

Meski Yong Nam tidak dalam kondisi yang baik. Dirinya belum bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan dinilai gagal oleh keluarganya. Namun, saat Yong Nam dalam bahaya, keluarganya tetap merasa khawatir dan bersedih.

 

Saat kita merasa putus asa dan seakan tidak ada yang peduli. Ingatlah sebenarnya keluarga kita masih memikirkan kita. Meski mungkin cara mereka peduli akan berbeda beda.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Exit merupakan film yang layak untuk ditonton selain menawarkan ketegangan juga memiliki hal - hal yang juga menghibur. Selain itu juga mengajarkan kita mengenai kemanusiaan. 

 

Quote

Anakku kembali dengan selamat

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar