Review Family of Strangers (2019) - lebih dari keluarga


 Family of Strangers (Original title: Closed Ward) | 2019 | 1h 57m

Genre : Crime, Drama | Negara: Japan

Director: Hideyuki Hirayama, Park Gyu Taek | Writers: Housei Hahakigi, Hideyuki Hirayama

Pemeran: Tsurube Shôfukutei, Gô Ayano, Nana Komatsu, dll

IMDB : 6.2/10

Tomatometer : -%

My Rate : 10/10

 

Hidemaru, Chu San, dan Yuki yang memiliki latar belakang masalah yang berbeda bertemu di sebuah rumah sakit kejiwaan, mereka memiliki kehidupan baru hingga suatu masalah merusak kebahagiaan tersebut.

 

Sinopsis

 

Hidemaru Kajiki (Tsurube Shofukutei) selamat dari eksekusi hukuman matinya, tetapi mengalami cidera tulang belakang yang membuat dirinya cacat. Untuk menutupi kegagalan tersebut, Hidemaru dikatakan meninggal agar tidak membuat kehebohan di masyarakat. Namun nyatanya, Hidemaru dipindahkan ke tempat yang berbeda.

 

Hidemaru di rawat di sebuah rumah sakit kejiwaan di Komoro, Nagano Prefecture. Keadaannya terus membaik, meski dirinya harus duduk di kursi roda. Hidemaru memiliki hobi membuat kerajinan gerabah.

 

Hidemaru bertemu dengan Nakaya Tsukamoto (Go Ayano) dan Yuki Shimazaki (Nana Komatsu). Tsukamoto (Chu san) memiliki gangguan auditory halusinasi. Sedangkan Yuki merupakan seorang siswa SMA yang mengalami depresi setelah menerima pelecehan seksual oleh ayah tirinya dan makin parah saat mengetahui dirinya sedang hamil. Mereka pun bersama di rawat di rumah sakit tersebut.

 

Sebuah keluarga baru

 

Chu San tidak terlihat sakit seperti pasien lainnya. Namun, saat dirinya bertemu dengan keluarganya dan mendapatkan tekanan, penyakitnya pun kambuh. Hidemaru menjadi seorang yang setia berada di sisinya dan menyambutnya saat Chu San kembali tenang.

 

Yuki dijemput oleh Ibu dan ayah tirinya, tetapi Yuki merasa ketakutan. Ibunya ternyata telah mengetahui bahwa Yuki telah dilecehkan, tetapi dirinya memilih mengusir Yuki dibanding meninggalkan suaminya. Yuki pergi dari rumah dan kembali ke rumah sakit. Hidemaru dan Chu San menyambut kembalinya Yuki dengan ramah.

 

Masa lalu Hidemaru terkuak saat seorang pasien membongkarnya di hadapan semua pasien. Hal itu membawa kembali ingatan Hidemaru ke saat kejadian tersebut. Hidemaru menangkap basah istrinya yang berselingkuh, dirinya pun dipenuhi dengan emosi dan membunuh mereka dengan membabi buta. Dirinya pun membunuh ibunya yang telah lama sakit dan berbaring di atas kasur.


Family of Strangers

Setiap pasien memiliki kisahnya dan rahasia masing - masing. Mereka bertemu di rumah sakit tersebut dan menjadikan mereka  sebuah keluarga. Bagaimana kehidupan mereka selanjutnya? Apa yang akan terjadi?

 

Ulasan

 

Family of Stranger merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul Heisa Byoutou karangan Hosei Hahakigi. Film ini memenangkan 2 penghargaan dalam Golder Rooster Award yaitu Best International Film dan Best International Actor. Penggunaan musik, sound, dan cara pengambilan gambar amat baik, serta menambah estetika.

 

Ide cerita yang diangkat dalam film ini juga cukup baik. Tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana kehidupan di dalam sebuah rumah sakit kejiwaan. Dengan menonton film ini dapat mengubah pandangan penonton mengenai seseorang yang mungkin mengalami masalah kejiwaan.

 

Alur yang disajikan memang sedikit lambat dan banyak keheningan. Namun, adegan tersebut membuat penonton juga ikut serta dalam pembangunan emosi di dalam cerita. Akting dari para pemain juga cukup baik, mengingat akting yang harus disajikan bukan perkara mudah.

 

Cerita pun disajikan secara sistematis. Latar belakang dan pondasi cerita juga disajikan dengan amat baik. Hal ini membuat penonton jadi bisa memahami secara gamblang cerita yang terjadi di dalam film tersebut dan para tokohnya.


Family of Strangers

 

Adegan yang mengesankan adalah saat penyakit Chu San kambuh setelah bertemu dengan keluarganya. Dirinya yang memiliki gangguan halusinasi suara seakan mendengar suara - suara negatif yang disampaikan oleh keluarga terus menerus. Entah mengapa saat melihat adegan tersebut ada rasa yang membuat sedih, terutama saat orang - orang di sekitarnya menatap ke arah dirinya dengan hening.

 

Perlu menjadi perhatian di dalam film ini terdapat adegan sex di beberapa scenenya. Meski adegan tersebut tidak diperlihatkan secara eksplisit atau terlalu vulgar.  Terdapat beberapa adegan kekerasan pula di dalamnya.

 

Pesan dalam Family of Stranger

 

"Ada banyak hal yang terjadi pada semua orang kan?"

 

Rahasia Hidemaru yang terbongkar membuat Yuki merasa penasaran. Yuki pun ingin menanyakan hal tersebut kepada Chu San. Namun, Chu San menolak untuk menjawabnya.

 

Setiap manusia di muka bumi ini pastinya memiliki ceritanya masing - masing. Sebuah masalah, rahasia, dan kehidupan yang menjadi milik dirinya. Tidak sedikit orang yang mungkin memiliki rasa ingin tahu kehidupan orang lain. Namun, tidak semua cerita harus di ceritakan. Kita perlu menghargai pula jika memang orang tersebut ingin menjaga kerahasiaan kehidupannya.

 

"Bukannya sudah tugas Anda sebagai keluarganya untuk mendukungnya?"


Chu San mengatakan bahwa dirinya akan keluar dari rumah sakit dan merawat ibunya. Namun, adiknya menolak hal tersebut dan khawatir kakaknya akan kambuh lagi. Pihak rumah sakit menganggap bahwa Chu San telah menunjukkan progress yang amat baik dan harusnya keluarganya mendukungnya.

 

Keluarga adalah orang terdekat yang ada di dalam hidup kita. Namun, tidak sedikit juga keluarga malah menjadi pihak terjauh dan membuat kita menjadi terjatuh. Seharusnya keluarga adalah tempat dimana kita kembali dan menjadi diri kita sendiri tanpa harus khawatir mengenai penilaian orang lain. Keluarga harus menjadi tempat yang membuat kita menjadi baik dan merasa baik.

 
Layak ditonton atau tidak?

 

Family of Strangers merupakan film yang 100% layak untuk ditonton. Banyak hal yang dapat kita pelajari dalam film ini, terutama mengenai cara pandang kita terhadap seseorang dan kondisi psikologisnya.

 

Quote

Aku pikir pasti menyenangkan jika kita bisa keluar dari rumah sakit ini dan hidup bersama.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar