Review No Escape Room (2018) - Mencari Jalan untuk Keluar


No Escape Room| 2018 | 1h 25m

Genre : Horror, Mystery, Thriller| Negara: US

Director: Alex Merkin| Writers: Jesse Mittelstadt

Pemeran: Jeni Ross, Mark Ghanimé, Hamza Haq, dll

IMDB : 5/10

My Rate : 5/10

 

Karen dan Michael terjebak di sebuah desa terpencil dan memutuskan untuk mencoba mengikuti sebuah permainan Escape Room demi merekatkan hubungan mereka, tetapi malah terjebak dalam sebuah pengalaman yang mengerikan. 

 

Sinopsis

 

Karen (Jeni Ross) sedang menghabiskan waktu bersama ayahnya, Michael (Mark Ghanime). Mereka mencoba untuk memperbaiki hubungan antara keduanya yang tidak begitu baik. Namun, rencana yang telah disusun harus gagal karena tempat yang akan mereka kunjungi tutup. Dalam perjalanan masalah lain muncul yaitu mobil yang mereka kendarai mogok.

 

Michael mencoba untuk menghibur anaknya dan mencari alternatif kegiatan lain yang dapat mereka lakukan selama menunggu mobil mereka diperbaiki. Hal ini juga diharapkan dapat membuat hubungan antara keduanya menjadi lebih baik. Michael pun mencari ide dengan membaca koran yang ada di hadapannya.

 

Berbagai macam kegiatan tertera dalam koran tersebut. Namun perhatian mereka tertuju pada sebuah permainan Escape Room. Michael pun mengusulkan agar mereka bermain permainan tersebut, terlebih ini adalah permainan yang sedang popular di antara teman - teman Karen. Setelah bertanya dengan pemilik tempat mereka makan, mereka memutuskan untuk mencobanya.

 

Permainan dimulai

 

Sampailah mereka di sebuah rumah yang terlihat sepi. Saat memasuki rumah mereka disambut oleh Josie (Brianna Barnes) yang memandu permainan tersebut. Mereka juga bertemu dengan tiga orang lainnya yang akan ikut serta dalam permainan tersebut, yaitu Melanie, Tyler, dan Edward.


No Escape Room
 

Sebelum permainan dimulai, mereka harus meminum sebuah teh yang disajikan kepada mereka. Selain itu juga harus mendengarkan narasi cerita dan sebuah video mengerikan yang diputarkan di hadapan mereka. Mereka memiliki tugas untuk membebaskan lima orang yang terjebak di dalam rumah tersebut dalam waktu satu jam. Mereka harus berhati - hati agar tidak membangunkan sang 'inventor', tokoh yang diceritakan sebagai pemilik rumah tersebut.

 

Saat permainan di mulai, mereka mencoba untuk memecahkan teka - teki dan mencari clue di setiap ruangannya agar pintu dapat terbuka. Beberapa kejadian aneh mulai terjadi. Meski demikian mereka masih berpikir bahwa hal tersebut masih menjadi bagian dari permainan. Hingga akhirnya Tyler yang tidak suka dengan permainan tersebut memilih berhenti dan meninggalkan mereka.

 

Permainan terus berlanjut. Ketegangan makin meningkat dan kejadian aneh terus menerus terjadi. Apakah yang akan terjadi selanjutnya?

 

 

Ulasan

 

Escape Room merupakan suatu tema yang sempat viral pada jamannya. Tidak sedikit film yang mengambil tema tersebut. Namun, film No Escape Room belum secara maksimal menyajikan tema tersebut secara baik di dalam film ini. Pondasi cerita yang amat penting malah terlewatkan. Alur cerita pun berjalan cukup lambat.

 

Film ini berawal memiliki tokoh utama yaitu Karen dan ayahnya, Michael. Namun, selama setengah film, Karen dan Michael tidak menunjukkan bagian yang menonjol. Tokoh lain, Tyler dan Melanie, yang malah terlihat lebih menonjol dan seakan menjadi bagian penting dalam film ini. Akting yang kurang dari tokoh utama juga membuat mereka makin tenggelam.

 

Banyak juga jalan cerita yang tidak masuk akal dan tidak berdasar yang mungkin ditampilkan untuk memberikan efek misterius dalam film ini. Karen dan ayahnya terperangkap di desa yang tidak mereka ketahui dan malah ikut serta dalam permainan Escape Room. Bahkan saat mengetahui permainan tersebut dilakukan di rumah yang tidak jelas, mereka malah tetap melakukan tanpa kecurigaan sama sekali.

 

Saat memasuki rumah tersebut mereka seakan telah ditunggu dan dipertemukan dengan 3 orang lainnya, yaitu Melanie, Tyler, dan Edward. Tidak ada kejelasan secara pasti siapa dan bagaimana latar belakang dari 3 orang ini. Tidak ada juga penjelasan mengapa mereka dapat disatukan dalam satu permainan tersebut. Pembangunan ketiga karakter ini kurang maksimal yang membuat penonton tidak terlalu terhubung dengan mereka.

 

Secara pandangan saya, akan lebih baik jika masing - masing karakter tambahan tersebut juga dijelaskan mengenai latar belakang diri mereka dan yang mungkin menghubungkan dengan tokoh utama. Walau mungkin tidak perlu terlalu panjang lebar, tetapi membuat semuanya menjadi masuk akal. Sehingga bisa menjadi satu kesatuan cerita yang bisa jadi lebih menarik.

 

Asal usul dari rumah itu pun kurang kuat. Meski pada awal permainan, ada tokoh yang menjelaskan mengenai permainan di dalam rumah tersebut dalam sebuah narasi. Namun, hal tersebut tidak cukup kuat untuk menjawab semua yang terjadi di dalam rumah tersebut. Banyak hal yang masih menjadi tanda tanya seperti siapa itu inventor, makhluk apa yang mengganggu mereka, dan mengapa semua itu bisa terjadi. Pertanyaan tersebut masih belum bisa terjawab.

 

Akhir cerita juga masih belum jelas dan menurut saya bisa diberikan akhir cerita yang lebih baik. Akhir cerita bisa dalam bentuk plotwist atau lainnya yang pastinya menjelaskan semua yang terjadi sepanjang film tersebut. Sebuah kesimpulan yang mungkin bisa merangkum segalanya. Disini seakan penulisnya mencoba untuk membuat open ending, tetapi malah menjadi sesuatu yang aneh karena memang kurang dari pondasi sejak awal.

 

Film ini masih bisa dinikmati karena beberapa ketegangan yang ditampilkan meski tidak maksimal. Jadi bisa dibilang Film No Escape Room tidak terlalu buruk. Saya tidak setuju dengan beberapa review yang mengatakan bahwa menonton film ini hanya membuang waktu sia - sia. Masih ada pelajaran yang dapat kita ambil yaitu jika kita berada di sebuah tempat yang tidak kita benar - benar ketahui, lebih baik tidak mencoba hal - hal yang aneh. Harus benar - benar mencari tahu dengan benar sebelum datang ke suatu tempat.

 

(Aluna)

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar