Review Unfriended: Dark Web (2018) - Bahaya Berurusan dengan Sekelompok Cracker

 


Unfriended - Dark Web (2018) | 2018 | 1h 32m

Genre : Horror, Mystery, Thriller| Negara: US

Director: Stephen SuscoWriters: Stephen Susco

Pemeran: Colin Woodell, Stephanie Nogueras, Betty Gabriel, dll

IMDB : 6/10

Tomatometer : 59%

My Rate : 7/10


Matias mengambil sebuah laptop yang ditemukannya serta mencoba untuk menggunakannya hingga laptop itu beberapa kali mengalami masalah dan membawa dirinya ke dalam sisi gelap dari internet yang membahayakan.

 

Sinopsis

 

Matias (Colin Woodell) menggunakan sebuah laptop baru dan setelah mencoba beberapa kali masuk, dirinya akhirnya berhasil menemukan password dari pengguna tersebut. Laptop tersebut masih berisikan data - data dari pemilik lamanya 'Norah C.IV. Matias mengabaikan semua yang dilihatnya dan terus menggunakan laptop tersebut.

 

Matias mulai masuk ke akun miliknya dari spotify, facebook, google drive dll. Selain itu, dia juga mulai menginstal aplikasi miliknya 'Papaya' yang dikembangkan untuk berkomunikasi dengan kekasihnya, Amaya (Stephanie Nogueras). Matias berharap bahwa perangkat baru ini bisa membuat aplikasinya berjalan lebih cepat. Namun, ternyata laptop tersebut malah memunculkan banyak kendala.

 
Kejadian Aneh
 

Saat melakukan video call dengan Amaya melalui facebook. Banyak sekali pesan yang masuk ke akun facebook Norah. Pesan - pesan tersebut terlihat aneh, hingga ada salah satu pesan yang mengetahui bahwa Matias telah mencuri laptop tersebut.


Unfriended
Matias mendapatkan pesan aneh saat sedang video call dengan Amaya
 

Keanehan lainnya dimana memori dari laptop tersebut terlihat penuh yang ternyata karena sebuah folder yang disembunyikan. Dalam folder tersebut terdapat aplikasi bernama River yang ternyata membawa Matias ke sebuah situs tersembunyi. Matias yang saat itu sedang melakukan video conference melalui Skype dengan teman - temannya memberitahukan mereka mengenai situs tersebut.

 

Teman - temannya mulai merasa penasaran dan mencoba untuk mencari tahu bersama. Sebuah folder berisikan video - video aneh ada di dalam laptop tersebut. Saat itulah mereka mengetahui sedang berurusan dengan hal yang berbahaya. Hal ini diperburuk saat pemilik laptop tersebut mendatangi Amaya dan mengancam Matias.

 

Apa yang akan dilakukan Matias di keadaan tersebut?

 

Ulasan

 

Unfriended: Dark Web adalah sebuah sekuel terpisah dari film Unfriended tahun 2015. Film ini merupakan debut pertama Stephen Susco sebagai seorang direktor. Film ini memiliki ide dan sudut pandang yang menarik dimana penonton melihat mereka hanya dari tampilan sebuah layar laptop. Meski demikian hal tersebut tidak membatasi penonton untuk memahami yang terjadi.

 

Unfriended: Dark Web memperlihatkan dimana tokohnya berurusan dengan sekelompok Cracker, yaitu kelompok Hacker yang bertujuan jahat. Cracker ini berkomunikasi dalam sebuah tempat yang tidak terdeteksi maka dinamakan Dark Web. Tempat khusus yang tidak semua orang mengetahuinya. Mereka memiliki keahlian untuk bisa mengakses perangkat atau kamera orang lain. Film ini mengingatkan saya dengan film Snowden (2016) dimana seseorang dapat mengakses semua kamera dan perangkat dari orang lain serta melihat apa saja yang mereka lakukan.

 

Akting dengan hanya menampilkan wajah memiliki sebuah kesulitan sendiri. Awalnya saya tidak terlalu terkesan dengan akting yang mereka tunjukkan. Namun, Colin Woodel sebagai pemeran Matias memberikan akting yang cukup baik. Dirinya bisa mengekspresikan dengan baik kegundahan dan kekhawatiran saat penjahat tersebut mulai mengancam nyawa kekasihnya. Hanya saja untuk sekelompok orang yang menemukan atau menonton video yang cukup mengganggu, ekspresi yang ditunjukkan saya rasa kurang.

 

Adegan yang amat berkesan adalah saat Serena dalam sebuah tekanan harus dihadapkan dalam dua pilihan. Dua nyawa sedang berada di tangannya dan dirinya harus memilih yang mana yang akan diselamatkan. Rebbeca Rittenhouse memberikan sebuah akting yang baik. Semuanya terpancar dengan baik di wajahnya.


Unfriended Dark Web
Serena sedang dalam ancaman Cracker

 

Banyak pertanyaan yang muncul di awal film ini berlangsung. Banyak kejanggalan seperti laptop tersebut masih menyimpan semua data dari pengguna lama, alasan pemiliknya tidak langsung mendatangi Matias padahal dapat dengan mudah mengetahui lokasi Matias berada, dan identitas dari pemiliknya yang misterius. Namun, semua hal tersebut terjawab di akhir cerita dan menjadi suatu plotwist yang diluar dugaan.

 

Meski mungkin jika kita renungkan secara logika, tokoh Matias bisa dibilang amat bodoh. Terutama saat laptopnya mulai bermasalah dan begitu banyak orang aneh yang terhubung dengan pemilik laptop tersebut. Harusnya dirinya bisa mengetahui bahwa telah masuk dalam sebuah keadaan yang berbahaya dan juga dengan orang yang berbahaya. Namun dirinya malah terus melanjutkan aktifitas yang dilakukan tanpa memiliki pikiran negatif dan mengabaikannya.

 

Setelah mengetahui bahwa dirinya berhubungan dengan hal yang berbahaya. Matias juga tidak berpikir panjang dan malah membuat teman - temannya juga dalam bahaya dengan tindakannya yang juga bodoh. Hal ini yang membuat tokoh Matias cukup membuat saya kesal dan terlalu tidak masuk akal.

 

Pesan dalam Film Unfriended: Dark Web

 

"It helps ME to understand YOU. It doesn't help YOU understand ME."

 

Matias mencuri laptop tersebut untuk bisa mengoperasikan aplikasinya yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Amaya yang merupakan seorang disabilitas. Matias membuat sebuah aplikasi yang bisa menerjemahkan perkataannya ke dalam sebuah bahasa Isyarat. Namun, hal itu bukanlah yang diinginkan Amaya. Aplikasi itu hanya membuat Amaya bisa mengerti Matias, tetapi tidak sebaliknya. Sedangkan komunikasi yang baik adalah saat kedua belah pihak memahami pesan yang disampaikan.

 

"I SEE EVERYTHING YOU ARE DOING"

 

Pemilik dari laptop tersebut bisa mengetahui segala aktifitas yang dilakukan Matias di laptop tersebut. Baik telepon yang sedang dilakukannya, isi percakapan, bahkan juga bisa mengetahui orang - orang dalam percakapan tersebut. Kengerian lainnya adalah saat mereka bisa mendeteksi keberadaan kita dan membuat sebuah konten yang memojokkan kita hanya dari hal yang kita unggah ke internet. Sehingga penting bagi kita untuk dengan bijak menggunakan internet dan memikirkan kembali apa saja yang perlu untuk dibagikan ke internet. Jangan hanya mengikuti arus dan tidak memikirkan keamanan kita.

 

"You steal someone's computer"

 

Matias bekerja di sebuah Cyber Café dan melihat sebuah laptop tanpa pemilik di tempat barang hilang. Laptop tersebut telah beberapa hari berada di sana dan dirinya akhirnya memutuskan untuk mengambil laptop tersebut. Matias langsung menggunakannya tanpa mencari tahu pemilik sebenarnya dari laptop tersebut padahal semua data pemilik masih berada di sana. Meskipun kita menemukan sebuah barang tergeletak di hadapan kita, sebaiknya jangan pernah mengambilnya. Selain hal tersebut masuk dalam kategori mencuri, kita juga tidak akan tahu akan berurusan dengan siapa yang mungkin bisa membahayakan kita.

 
Layak ditonton atau Tidak?

 

Menurut saya film ini masih layak untuk di tonton. Film ini berhasil memberikan ketegangan dan  alur cerita yang baik.

 

(Aluna)

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar