Review The Werewolf Game - Inferno (2018) - Bukan Hanya Sebuah Permainan

 


The Werewolf Game: Inferno (Original Title: Original title: Jinrô gêmu: Inferuno) | 2018 | 1h 35m

Genre : Horror| Negara: Japan

Director: Shin'ya Ayabe  | Writers: Giguru Akiguchi, Shin'ya Ayabe

Pemeran: Rena Takeda, Yuka Ogura, Masaru Mizuno, dll

IMDB : 5.9/10

Tomatometer : -%

My Rate : 8/10

 

Hiromi bersama dengan 9 temannya yang lain bangun di sebuah ruangan yang tidak diketahui, mereka diminta untuk bermain permainan Werewolf yang ternyata menjadi permainan yang membahayakan nyawa mereka.

 

Sinopsis

Seorang misterius membuat gedung terbengkalai menjadi tempat permainan. Hiromi (Rena Takeda) terbangun di ruangan dimana teman - temannya terbaring pingsan di sekitarnya, hanya Arisa (Yuka Ogura) yang telah terbangun. Arisa mengatakan bahwa saat itu adalah babak kedua dari permainan.

 

Setelah semuanya terbangun, Arisa menyadari bahwa diantara teman - temannya ada pria yang disukainya. Hal itu membuat Arisa menjadi lepas kendali. Sebuah pengumuman muncul di layar dalam ruangan tersebut.

 

Permainan dimulai

 

Sebuah permainan werewolf akan dimulai dengan peserta adalah 10 orang pelajar yang ada di dalam ruangan tersebut termasuk di dalamnya Hiromi dan Arisa. Mereka dibagi menjadi beberapa karakter yaitu 2 orang serigala, 1 orang gila, 1 orang nabi, 1 orang penyihir, 1 orang penjaga, dan 4 orang penduduk desa. Setiap karakter memiliki tugasnya masing - masing.


The Werewolf Game: Inferno
Sebuah pengumuman muncul di layar monitor
 

Pembagian karakter dilakukan dengan cara mengambil kartu yang tersedia di atas meja dan tidak ada yang boleh menunjukkan kartu mereka atau melihat kartu pemain lain. Hal yang mengejutkan adalah mereka harus membunuh untuk bisa menang dalam permainan tersebut. Hiromi mendapatkan kartu sebagai serigala. Dirinya harus membunuh seseorang di malam hari dan mencoba menghindar dari tuduhan teman - temannya di pagi hari.

 

Saat permainan ini berlangsung, para polisi sedang menyelidiki dan mencari tahu keberadaan mereka. Permainan ini ternyata bukan yang pertama kalinya. Hiromi, Arisa, dan Runa sebelumnya telah melalui permainan serupa. Mereka lalu terbangun kembali dengan tambahan 7 orang temannya yang lain.

 

Polisi mulai mencari tahu dari sebuah video yang mereka temukan. Mereka mencoba mencari dimana tempat mereka berada. Selain itu juga menanyai orang - orang yang mengetahui mengenai permainan werewolf tersebut.

 

Apakah mereka serigala akan menang atau sebaliknya?

 

Ulasan

 

Film The Werewolf Game: Inferno adalah film yang diadaptasi dari novel Jinro Game: Inferno karangan Ryo Kawakami. Film ini sebenarnya adalah film series dimana memiliki 7 film lainnya dan 1 series yang sepertinya juga cukup menarik untuk ditonton. Ide yang diangkat juga cukup menarik yaitu mengenai permainan werewolf yang sempat booming beberapa waktu yang lalu.

 

Permainan Werewolf adalah sebuah permainan dimana terdapat tokoh werewolf dan penduduk desa. Werewolf bertugas untuk membunuh para penduduk desa secara diam - diam di malam hari. Sedangkan di pagi hari semua berkumpul dan mencoba menebak siapakah werewolfnya. Namun, ternyata jika permainan tersebut benar - benar dilakukan di dunia nyata, permainan tersebut amat berbahaya. Dalam film ini kita bisa melihat hal tersebut.

 

Penggunaan musik dan sound effect dalam film ini juga amat mendukung setiap adegan dan membangun ketegangan dalam film ini. Teknik pengambilan gambar dan pencahayaan juga cukup baik. Sehingga menjadi satu kesatuan yang menarik. Selain itu juga ditambah dengan akting dari pemain yang cukup baik.

 

Meskipun film ini sepertinya memiliki hubungan dengan film sebelumnya, tetapi tidak mengharuskan penonton untuk menonton film lainnya juga. Dengan menonton film ini kita masih bisa mengetahui jalan cerita yang terjadi. Meski akhir cerita masih menggunakan open ending dan tidak memberikan kesimpulan yang pasti.

 

Menariknya, dari awal kita sudah sedikit memiliki gambaran akhir dari cerita yang terjadi karena tokoh utama terlalu banyak mendapat sorotan, tetapi penonton juga tetap diajak untuk berfikir dan menebak. Jalan cerita yang dibangun membuat penonton seakan menjadi bagian dari permainan werewolf tersebut. Meski telah diberikan beberapa petunjuk, tetapi di tengah cerita penonton dibuat ragu atas petunjuk tersebut.


The Werewolf Game: Inferno
Proses penentuan siapa yang akan dieksekusi
 

Adegan yang paling berkesan adalah saat mereka berkumpul dalam satu ruangan dan mencoba mencari tahu siapa yang harus mereka pilih. Kelihaian dalam manipulasi terlihat dalam adegan ini. Hanya saja ada adegan yang menurut saya janggal, yaitu saat werewolf harus membunuh salah satu penduduk desa. Werewolf terlalu banyak bicara padahal mereka berada di sebuah koridor dimana semua orang tinggal dalam ruangan di koridor tersebut. Tidak masuk akal jika suara mereka tidak terdengar oleh orang yang ada di dalam ruangan.

 

Pesan dalam The Werewolf Game: Inferno
 

"Saya melihat esensi seseorang"

 

Dalam permainan werewolf semuanya mencoba untuk bertahan hidup sambil melakukan tugasnya masing - masing. Dengan tekanan yang mereka terima dan keinginan untuk hidup, sifat asli dari masing - masing orang terlihat. Seseorang yang tadinya mungkin terlihat baik, ternyata bisa menjadi seorang yang amat egois demi menyelamatkan dirinya.

 

Hal ini juga terjadi di dunia nyata. Kita tidak tahu dengan pasti sifat dari seseorang yang kita kenal atau temui. Kita akan mengetahui saat kita berada di dalam suatu masalah dan mencari cara untuk bisa memecahkannya. Disinilah biasanya kita bisa melihat sifat asli manusia.

 

"Cari tahu apa artinya hidup"

 

Saat itu Arisa mulai menyerah atas kemenangannya karena harus membunuh orang yang dicintainya demi menang. Arisa merasa hidupnya juga sudah tidak bermakna jika seseorang tersebut hilang dari hidupnya. Namun, Hiromi melihat semuanya dari sisi yang lebih luas.

 

Sering kali kita merasa saat kita kehilangan seseorang kita menjadi kehilangan semangat hidup. Padahal hidup tidak hanya sebatas mengenai kehadiran seseorang. Penting bagi kita untuk mencari makna hidup yang sebenarnya, agar bisa semangat dalam menjalani hidup.

 

"Aku tidak ada pilihan selain hidup"

 

Hiromi harus melakukan hal yang mungkin tidak sesuai dengan hati nuraninya demi bisa bertahan hidup. Dirinya merasa tidak ada pilihan lain karena dirinya sangat ingin hidup. Bisa jadi kita akan berada di posisi dimana kita dihadapkan di pilihan yang sulit. Namun, sebuah keputusan memang harus diambil.

 

Layak untuk ditonton atau tidak?

 

The Werewolf Game: Inferno layak untuk ditonton karena menyajikan sebuah cerita yang menarik dan penuh misteri. Film ini membuat saya ingin melihat film sequel lainnya, hanya saja memang keterbatasan membuat saya kesulitan untuk menemukannya. Saya rekomendasikan film ini untuk para lunar yang menyukai film dengan tema permainan pertahanan hidup.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar