Review Film Innocent Witness (2019) - Saksi kunci sebuah kematian


Innocent Witness (Original title: Jeungin) | 2019 | 2h 9m

Genre : Crime, Drama, Mystery| Negara: South Korea

Director: Lee Han | Writers: Lee Han, Moon Ji-won

Pemeran: Jung Woo-sung, Hyang-gi Kim, Jang Young-Nam, dll

IMDB : 7.4/10

Tomatometer : -%

My Rate : 8/10

 

Soon Ho, untuk membebaskan kliennya dari tuduhan pembunuhan dirinya harus bisa mendapatkan kesaksian dari Ji Woo, gadis autism yang merupakan satu - satunya saksi kunci dalam kasus tersebut.

 

Sinopsis

 

Yang Soon Ho (Jung Woo Sung) merupakan seorang pengacara baru yang bekerja di perusahaan Lee&U. Sedangkan Im Ji Woo (Kim Hyang Gi) merupakan seorang anak autism yang sering dianggap remeh oleh orang sekitarnya. Padahal dirinya memiliki kemampuan yang lebih seperti kecepatannya dalam menghafal dan juga pendengarannya yang sensitif.

 

Suatu hari, Ji Woo tidak sengaja mendengar suara dari rumah yang berjarak beberapa meter dari rumahnya. Suara yang didengarnya tersebut membuat dirinya merasa tidak nyaman. Keesokan harinya ditemukan mayat seseorang di rumah tersebut.

 

Soon Ho ditugaskan untuk menangani kasus kematian tersebut. Penuntut umum menuduh ART, Oh Miran (Yum Hye Ran), di rumah tersebut yang menjadi terdakwa. Namun, terdakwa mengatakan bahwa dirinya berusaha menyelamatkan korban. Satu - satunya saksi kunci dalam kasus tersebut adalah Ji Woo dan Soon Ho harus membuktikan bahwa terdakwa tidak bersalah.

 

Pembuktian kasus

 

Soon Ho mulai mencari informasi mengenai kejadian hari itu. Soon Ho mendengarkan pernyataan dari Miran dan mencoba untuk mengunjungi TKP. Dirinya bertemu dengan tetangga yang meringankan Miran, tetapi anak dari korban memberikan respon yang bertolak belakang dan tidak ingin membela Miran.



Soon Ho mencoba untuk mengunjungi Ji Woo di rumahnya. Namun, Ibu Ji Woo menolak pertemuan tersebut karena berpengaruh buruk pada Ji Woo. Soon Ho mulai mencari informasi lebih dalam mengenai keadaan Ji Woo. Setelah mendengar keterangan dari dokter akhirnya dirinya bertekad kuat untuk mendapatkan kesaksian Ji Woo di pengadilan.

 

Soon Ho mulai belajar lebih dalam mengenai keadaan Ji Woo melalui berbagai macam media, seperti buku, video, dll. Soon Ho juga berupaya agar Ji Woo mau hadir dan bersaksi di pengadilan. Apakah Soon Ho berhasil mendapatkan kesaksian dari Ji Woo?

 

Ulasan

 

Film Innocent Witness mengangkat sebuah tema yang cukup menarik. Tidak banyak film yang mengangkat seorang Autism sebagai tokoh utamanya, meskipun belakangan sudah beberapa film dan drama menggunakannya sebagai tokoh utama. Melalui film dan drama tersebut, penonton mendapatkan informasi lebih mengenai keadaan mereka.

 

Banyak orang di masyarakat yang masih memandang sebelah mata mengenai seseorang Autism. Hal ini karena kurangnya informasi mengenai hal tersebut. Banyak yang menganggap mereka 'tidak normal' atau 'gila' hanya karena tingkah mereka yang berbeda. Padahal seorang Autism juga memiliki kepintaran yang lebih jika dibandingkan dengan orang pada umumnya.

 

Akting dari para pemain amat baik. Terutama Hyang Gi yang harus berperan sebagai anak autism, menurut saya memiliki kesulitan yang cukup tinggi. Namun, dirinya berhasil memerankan dengan baik. Dari akting mereka, film ini berhasil memenangkan 5 penghargaan dari 15 nominasi termasuk di dalamnya Best Actor and Best Actress.

 

Film ini tidak hanya berfokus dengan jalan cerita saja. Namun, penonton juga diberikan pengetahuan yang lebih mengenai kondisi Autism. Film ini memiliki happy ending yang cukup menarik.

 

Hal yang sedikit mengganjal selama saya menonton film ini adalah sikap dari jaksa penuntut umum. Jaksa terlihat seperti meletakkan perasaan pribadinya di dalam kasus tersebut dan terlihat tidak profesional. Jika pun dia harus membuktikan bahwa terdakwa melakukan pembunuhan, harusnya dirinya dapat menunjukkan bukti - bukti pendukung. Bukan malah bersikap arogan dan tantrum.

 

Adegan yang cukup mengesankan adalah saat Soon Ho membaca surat dari ayahnya. Melalui surat tersebut kita bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga. Kalimat yang paling mengesankan adalah "Tak ada orang yang tak pernah membuat kesalahan". Dalam hal ini Soon Ho menyadari bahwa prinsip dia untuk memegang kebenaran bukanlah hal yang salah.

 

Pesan dalam Film Innocent Witness

 

"Jika ingin sukses di masyarakat, kau harus rela sedikit kotor."

 

Soon Ho dipanggil oleh atasannya untuk bertukar pikiran. Meski Soon Ho memiliki kemampuan yang hebat dan memiliki bakat untuk menjadi pengacara besar, dirinya hanya diberikan kasus - kasus kecil dan banyak keluhan dari kliennya. Atasannya meminta Soon Ho untuk bekerja lebih 'kotor' lagi.

 

Banyak di dalam masyarakat yang melakukan segala cara bahkan cara kotor sekalipun untuk bisa menjadi yang terbaik. Menurut saya hal ini harusnya tidak dilakukan. Apapun yang dilakukan di dunia pastinya akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Kehidupan kita juga merupakan hukum timbal balik, apa yang ditabur itulah yang di tuai. Sehingga melakukan segala sesuatu dengan baik juga merupakan hal penting dalam kehidupan.

 

"Ada beberapa hal yang harus kau terima."

 

Teman Soon Ho sedang memperjuangkan keadilan bagi para korban sebuah perusahaan pembalut. Diduga perusahaan tersebut menggunakan bahan yang dapat memicu kanker serviks bagi penggunanya. Perusahaan Soon Ho menjadi pengacara pembela dari perusahaan tersebut.

 

Dalam pertarungan hukum dengan perusahaan besar bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak kasus dimana perusahaan tersebut akan menang dari penuntutnya. Sehingga penuntut harus bisa membuat sebuah strategi yang lebih menguntungkan, mungkin tidak menang seutuhnya hanya saja lebih baik dari pada kalah sama sekali.

 

"Jika anda ingin berbicara dengan seseorang seperti dia, berarti kau harus menjangkau mereka."

 

Soon Ho meminta bantuan dari jaksa penuntut umum untuk memberitahunya cara untuk berkomunikasi dengan Ji Woo. Jaksa penuntut memiliki seorang adik yang dalam keadaan Autism, sehingga merupakan point tambah sendiri bagi jaksa tersebut. Jaksa tersebut tidak serta merta membantunya, tetapi memberikan saran yang cukup membantu bagi Soon Ho.

 

Komunikasi adalah suatu proses pertukaran pesan dimana pesan dari Komunikator harus tersampaikan kepada Komunikan. Agar pesan tersebut dapat diterima dengan baik oleh Komunikan, Komunikator harus menyesuaikan cara penyampaiannya sesuai dengan keadaan Komunikan. Hal ini yang sering dilupakan saat kita berkomunikasi dengan seseorang. Bahwa keadaan orang yang kita ajak bicara juga harus menjadi pertimbangan cara kita menyampaikan pesan.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film Innocent Witness merupakan film yang layak untuk ditonton. Dari film ini kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru dan mengubah sudut pandang kita mengenai seorang yang mengalami Autism.

 

Quote

 

Aku akan menjadi saksi dan aku ingin orang tahu kebenarannya.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar