Review The Culprit (2019) - Perselingkuhan yang berujung pembunuhan


The Culprit (Original title: Jinbeom) | 2019 | 1h 40m

Genre : Crime, Mystery, Thriller | Negara: Korea Selatan

Director: Jung-Wook Ko | Writers: Jung-Wook Ko

Pemeran:  Soo-Yeon Han, Yoo Sun, Oh Min Suk, dll

IMDB : 5.8/10

Tomatometer : -%

My Rate : 10/10

 

Kematian Istri Young Hoon mengarah pada perselingkuhan yang dilakukan istrinya dengan sahabatnya sendiri, tetapi Young Hoon merasa ada yang janggal dan mencoba untuk mencari kebenarannya.

 

Sinopsis

 

Sebuah pembunuhan terjadi di sebuah apartemen dengan seorang wanita menjadi korbannya. Polisi berkumpul di tempat kejadian perkara untuk melakukan olah TKP. Kim Joon Sung (Oh Min Suk) saat itu berlari ke apartemen tersebut dan mendapati sahabatnya, Lee Young Hoon (Song Sae Byeok), yang merupakan suami dari korban terlihat duduk dengan lemas. Young Hoon yang pertama menemukan mayat istrinya.

 

6 bulan kemudian, Young Hoon menangkap seorang pria yang dicurigai sebagai pelaku. Dirinya mengikuti orang tersebut dan menculiknya. Pria tersebut pernah mendatangi rumah Young Hoon beberapa waktu yang lalu. Young Hoon curiga jika pria tersebut ingin melakukan pengecekan TKP.

 

Kematian akibat perselingkuhan

 

Hari itu seharusnya Young Hoon menjadi saksi di pengadilan. Namun, dirinya yang tidak juga muncul membuat Jung Da Yeon (Yoo Sun), istri Joon Sung merasa khawatir. Jika Young Hoon tidak melakukan kesaksian, Joon Sung bisa di vonis bersalah atas kasus pembunuhan tersebut.

 

Joon Sung menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan tersebut setelah rambutnya ditemukan di dalam mulut korban. Isu perselingkuhan pun merebak dengan segala bukti yang ditemukan oleh polisi. Namun, Da Yeon tidak percaya dengan hal tersebut dan mencoba meminta bantuan Young Hoon agar suaminya dapat dilepaskan.


 

Young Hoon awal mulanya juga merasa bahwa tidak mungkin sahabatnya sendiri yang melakukan pembunuhan tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, keraguan memenuhi hatinya. Sehingga saat Da Yeon meminta bantuan, Young Hoon tidak langsung menyetujuinya.

 

Young Hoon ingin mencari kebenaran di balik kematian istrinya. Kematian istrinya merupakan pukulan yang amat keras baginya. Sehingga dirinya sangat ingin mencari kebenaran termasuk kemungkinan terburuk dimana spekulasi dari polisi adalah kebenaran yang dicarinya.

 

Apakah Young Hoon akan berhasil mengetahui dengan pasti pembunuh dari istrinya?

 

Ulasan

 

The Culprit adalah sebuah film Korea Selatan yang memiliki ide cerita yang cukup menarik. Tema pembunuhan menjadi suatu tema yang mungkin biasa, tetapi dapat dieksekusi dengan baik dan penuh misteri. Tema ini juga ditambah dengan konflik persahabatan, pernikahan, dan perselingkuhan.

 

Saat seluruh pemeriksaan TKP yang dilakukan polisi mengarah pada sahabatnya sendiri sebagai pelakunya, Young Hoon memiliki sedikit keraguan. Terlebih saat istri sahabatnya terus mendesaknya bahwa bukan Joon Sung pelakunya. Young Hoon memutuskan untuk mencari sendiri pelakunya dan siap menerima semua kenyataan pahit demi sebuah kebenaran.

 

Akting para pemain bisa dibilang cukup baik. Pemilihan musik dan soundtrack juga cukup baik. Pengambilan gambar dan editing juga cukup baik. Semua menjadi paduan yang baik untuk meningkatkan misteri dari film dan berhasil membuat penonton masuk ke dalam misteri yang tidak mudah tertebak tersebut. Penonton seakan dipermainkan sudut pandangnya melalui tiap adegan yang ditampilkan.

 

Alur cerita juga memiliki peran penting. Alur yang digunakan adalah alur maju mundur. Sehingga penonton benar - benar harus memperhatikan dengan seksama agar bisa melihat setiap detail yang terjadi di dalam tiap adegan.


 

Adegan yang paling berkesan adalah saat Young Hoon melakukan reka ulang TKP dengan membuat rumahnya seperti saat kejadian berlangsung. Young Hoon mencoba mengimajinasikan suasana yang terjadi di dalam rumah tersebut. Dirinya berharap dapat menemukan titik terang siapa pelaku pembunuhan tersebut.

 

Perlu menjadi perhatian bahwa dalam film ini terdapat adegan yang berhubungan dengan darah dan kekerasan yang mungkin bisa memberikan ide tertentu pada penonton. Sehingga dapat dengan bijak dalam menonton film ini.

 

Ending film ini lebih mengarah ke Shocking. Terdapat sedikit perbedaan dari plotwist dimana telah diperlihatkan clue - clue di sepanjang cerita yang bisa mengarah kepada plot yang berbeda. Namun, menurut saya film ini benar - benar tidak tertebak. Pelaku pembunuhannya benar - benar di luar dari perkiraan saya.

 
Pesan dalam The Culprit

 

"Dengan begitu aku bisa lanjutkan hidupku, entah itu dengan membenci atau memaafkan mereka"

 

Yoon Hoon mencoba untuk membuat rumahnya sama persis dengan keadaan saat istrinya ditemukan. Dirinya mencoba untuk mencari tahu siapa sebenarnya yang melakukan pembunuhan tersebut. Dirinya juga ingin memastikan kebenaran dari spekulasi polisi mengenai hubungan gelap istri dan sahabatnya.

 

Ketidaktahuan mengenai kebenaran suatu hal sering kali membuat diri kita gelisah. Ketenangan dapat diperoleh saat kita benar - benar bisa mengkonfirmasi dan memvalidasi hal yang terjadi. Melihat dari sudut pandang yang berbeda dan pikiran yang terbuka akan mempermudah kita untuk bisa menemukan kebenaran.

 

"Dan yang terpenting… Kenapa dia harus mati?"

 

Young Hoon sedang sibuk mencari kebenaran, sedangkan Da Yeon sibuk mendesak Young Hoon untuk bersaksi di hadapan pengadilan. Da Yeon khawatir jika akhirnya suaminya dinyatakan bersalah. Young Hoon merasa bahwa mencari kebenaran di balik kematian istrinyalah yang paling penting.

 

Setiap orang memiliki hal yang terpenting dan prioritas yang berbeda dalam hidupnya. Sebagai manusia sebaiknya kita dapat menghargai hal tersebut. Jangan sampai kita merasa kepentingan kita menjadi lebih tinggi dari pada orang lain dan memaksa mereka juga untuk memprioritaskan diri kita dibanding diri mereka sendiri. Pastinya tidak akan ada manusia yang dengan rela di nomor dua kan kepentingannya.

 

"Itu karena mereka tidak mau mengakui bahwa mereka bisa salah"

 

Polisi memberikan nasehat kepada Young Hoon yang terus sibuk ingin membuktikan bahwa sahabatnya tidak bersalah. Polisi berkata bisa jadi keyakinan selama ini yang dipercayainya hanya semata - mata upaya Young Hoon untuk tidak menerima kenyataan pahit yang ada.  Polisi ingin Young Hoon bisa memikirkan kembali tujuan tindakannya tersebut.

 

Validasi perasaan merupakan hal yang sering terjadi di dalam diri manusia. Manusia melakukan hal seperti mencari kebenaran, tetapi sering kali hanya ingin mendengan dan mempercayai sesuatu yang menegaskan pendapat mereka sendiri. Pentingnya menempatkan diri secara netral agar tidak ada tipu daya dari pikiran kita sendiri.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

The Culprit adalah film yang layak untuk ditonton dan bahkan direkomendasikan untuk di tonton ulang. Meski pada IMDB nilai yang ditampilkan tidak begitu baik, tetapi menurut saya juga tidak seburuk itu. Misteri yang ditawarkan dan ending yang tidak tertebak menjadi daya tarik cerita ini.

 

Quote

 

"Salah satu pasti adalah pembunuhnya!"

 

(Aluna)

 


Posting Komentar

0 Komentar