Review Last Sunrise (2019) - Saat Matahari tak Lagi Menyinari Bumi


 Last Sunrise (Original title: Zui hou de ri chu) | 2019 | 1h 43m

Genre : Drama, Adventure, Romance | Negara: China

Director: Wen Ren | Writers: Elly Li, Yankang Mei, Wen Ren

Pemeran: Sen Yang, Jue Zhang, Ran Zhang, dll

IMDB : 6.3/10

Tomatometer : -%

My Rate : 8/10

 

Sun Yang dan Chen Mu harus berjuang bertahan hidup di tengah kekacauan yang terjadi setelah matahari yang merupakan sumber energi utama di muka bumi, padam.

 

Sinopsis

 

Manusia telah menghabiskan banyak bahan bakar fosil dan nuklir. Saat ini matahari menjadi satu - satunya sumber daya untuk bertahan hidup. Beberapa distrik dibangun untuk mengolah tenaga matahari demi kebutuhan manusia.


Last Sunrise
Sun Yang sedang bertanya pada Wang Yun
 

Sun Yang (Zhang Jue) sebagai peneliti matahari merasa ada yang salah dengan matahari belakangan ini dan menemukan sebuah bintang bernama KIC846 yang menghilang secara misterius. Namun, hal itu akan bertentangan dengan hukum I termodinamika dimana energi tidak dapat diciptakan atau dihancurkan. Wang Yun (Wang Da Hong) sebagai pemilik perusahaan Helios merasa apa yang dikatakan Sun Yang hanya berdasarkan pendapat dari seorang yang bukan profesional dan bisa diabaikan.

 

Hilangnya matahari

 

Cahaya matahari mulai menurun secara drastis dan terus menurun. Sun Yang menghubungi Wang Yun untuk mengonfirmasi dan ternyata Wang Yun telah mengetahui hilangnya bintang KIC864. Hanya saja dirinya tidak ingin mengungkapkan hal tersebut ke publik.

 

Matahari benar - benar padam dan membuat semua hal berhenti berfungsi. Hal terburuknya suhu bumi akan terus menerus menurun dan akan berakhir membeku. Terjadi kekacauan di semua penjuru karena ketidaktahuan masyarakat mengenai apa yang sedang terjadi.

 

Di tengah kerusuhan tersebut, Sun Yang bersama dengan tetangganya, Chen Mu (Zhang Yue) berusaha untuk pergi dari kota tersebut demi bisa bertahan hidup. Mereka pergi menuju ke tempat Wang Yun berada untuk mencari solusi atas hal yang terjadi. Wang Yun tidak bisa memberitahukan informasi apapun, dirinya hanya memberikan lokasi tempat yang mungkin harus dituju oleh Sun Yang.

 

Apakah yang terjadi selama perjalanan Sun Yang?

 

Ulasan

 

Last Sunrise merupakan film yang mendapatkan 9 penghargaan dari 13 nominasi termasuk di dalamnya sebagai film terbaik di bidang Sci-Fi. Meski film ini tidak menggunakan banyak CGI untuk menunjukkan sisi futuristik, tetapi tetap dapat menunjukkan sisi futuristik yang mumpuni. Ide cerita yang disampaikan juga cukup baik dan sesuai dengan keadaan bumi dan manusia saat ini, serta disajikan secara masuk akal.

 

Meski memiliki ide cerita yang cukup baik, tetapi lebih banyak adegan drama yang berisikan percakapan dramatis mengenai kehidupan pribadi pemainnya. Sehingga ketegangan yang harusnya muncul dalam situasi tersebut kurang bisa dirasakan. Sedangkan dari tailernya sendiri sudah menjanjikan suatu kisah yang menegangkan yaitu akhir dunia dan bagaimana manusia bertahan hidup.

 

Akting dari pemainnya cukup baik. Musik dan sound di tiap adegannya memberikan sensasi tambahan dan penekanan pada jalan cerita. Pewarnaan dan cara pengambilan gambar juga dapat memperlihatkan situasi yang terjadi di dalam cerita.

 

Hanya saja, karakter Chen Mu menurut saya terlalu mengesalkan dan tidak peka dengan keadaan. Tidak masuk di akal dengan kondisi keadaan yang terjadi di sekitarnya dan parahnya lagi dirinya juga telah melihat  kerusuhan dimana - mana, bahkan dia juga dikejar - kejar untuk dirampok tapi masih tidak juga memiliki kepekaan terhadap situasi yang terjadi. Secara logika, se-easy goingnya seseorang, akan tetap memiliki kepekaan terhadap kejadian yang sedang berlangsung dan memiliki insting bertahan hidup.

 

Adegan yang cukup mengesankan adalah saat Chen Mu membaca surat yang ditulis oleh ayah dan ibunya. Dirinya saat datang ke rumah tidak mendapati orang tuanya di rumah tersebut. Namun, Sun Yang tidak sengaja menemukan surat yang ditulis orang tua ChenMu dan ternyata orang tuanya saat itu telah diserang oleh beberapa orang. Kejadian itu membuat kita sadar betapa gentingnya keadaan saat dunia hampir hancur dan bagaimana orang - orang kehilangan kemanusiaannya demi bertahan hidup.

 

Pesan dalam Film Last Sunrise

 

"Namun, peradaban kita selalu percaya manusia mengatur nasibnya sendiri"

 

Sun Yang sedang menceritakan bagaimana dahulu kala, Dewa Mataharilah yang menentukan segala hal yang terjadi di dunia ini. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, serta tetap menyerahkan segala sesuatu kepada Dewa. Namun, di jaman saat ini banyak orang yang percaya bahwa dirinya sendiri yang menjadi penentu nasib.

 

Jaman sekarang banyak orang yang telah terlalu sombong dan percaya bahwa kesuksesan yang di dapatnya merupakan hasil jerih payah dirinya sendiri. Banyak orang yang tidak terima pula jika mengalami kegagalan. Padahal ada Dzat yang maha tinggi yang menentukan segala hal yang terjadi di muka bumi ini. \

 

"Kita jangan menyerah semudah itu, paham?"

 

Sun Yang dan Chen Mu ditipu oleh sepasang kakek nenek. Mobil mereka di rampas dan kaki Sun Yang semakin parah. Sun Yang ingin menyerah dan tidak ingin melanjutkan perjalanan. Namun, Chen Mu terus berusaha untuk membuat Sun Yang tidak menyerah.

 

Banyak hal yang terjadi di dunia ini mungkin membuat kita ingin menyerah. Kita merasa tidak sanggup lagi untuk menjalani kesulitan yang sedang dihadapi. Meski menyerah adalah pilihan yang paling mudah, tetapi untuk terus berusaha merupakan suatu pilihan yang terbaik.

 

"Terkadang berita buruk juga bisa jadi berita bagus"


Kendaraan Sun Yang dan Chen Mu mati saat hampir mencapai tempat yang mereka tuju. Saat itu Sun Yang menyampaikan kepada Chen Mu dua kabar, yaitu kabar buruk dan kabar baik. Chen Mu menganggap terkadang berita buruk bisa menjadi berita bagus.

 

Saat kesulitan menghampiri kita, seringkali kita akan langsung menganggap hal tersebut merupakan suatu hal yang buruk. Namun, kita tidak pernah tahu apakah hal itu benar - benar buruk atau tidak. Setiap kesulitan akan ada kemudahan, maka kita boleh merasakan kesulitan tersebut tetapi jangan pernah membuat kita berkecil hati atau menyerah.

 

Layak ditonton atau tidak?
 

Last Sunrise merupakan film yang layak untuk ditonton. Film ini mengajarkan kita untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah dunia yang terus berkembang. Kita juga perlu menyadari bahwa kita tidak bisa memprediksi pergerakan alam. Film ini sangat cocok bagi yang menyukai ilmu Astronomi.

 

Quote

No matter what happens today, the sun will rise tomorrow

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar