Review Missing (2019) - Pencarian dalam ruang gaib

 


Missing (Original title: Shi zong) | 2019 | 1h 25m

Genre : Thriller, Drama | Negara: China

Director: Ronnie Chau| Writers: Ronnie Chau, Chi Hoi Pang

Pemeran: Gillian Chung, Hon-Man Ko, Josephine Koo, dll

IMDB : 4.6/10

Tomatometer : -%

My Rate : 9/10

 

Ying mendapatkan harapan baru tentang keberadaan ayahnya yang menghilang 7 tahun lalu, tetapi hal tersebut membawa dirinya ke sebuah kesimpulan yang tidak masuk akal mengenai portal alam gaib.

 

Sinopsis

 

Seorang polisi, Sit Wah, tersesat di dalam hutan saat pendakian. Hingga 7 tahun berlalu keberadaannya belum juga ditemukan. Ying (Gillian Chung) masih berharap akan mengetahui keberadaan ayahnya tersebut. Namun, ibunya (Candice Yuu) telah mencoba untuk merelakan kepergian sang ayah.

 

Nam (JJ Jia) teman Ying sekaligus polisi yang menangani kasus hilangnya ayah Ying, menemukan bukti baru. Seorang pria memberikan kartu tanda pengenal Sit Wah yang ditemukan di jalur pendakian Sai Kung. Banyak orang yang menghilang di tempat pendakian tersebut, termasuk beberapa waktu belakangan jumlah pendaki yang hilang mulai meningkat.

 

Portal Alam Gaib

 

Ying ditemani Nam menemui pria tersebut. Ying mendapatkan informasi bahwa di Sai Kung terdapat sebuah portal menuju alam gaib dan kemungkinan ayahnya menghilang di dalam alam tersebut. Walaupun Nam menganggap hal itu adalah hal yang mustahil, Ying tetap percaya dan mencoba untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai portal tersebut.

 

Ying yang bekerja sebagai pekerja sosial mendapat telpon dari salah satu kliennya yang mencoba untuk bunuh diri. Ying segera bergegas menuju apartemen kliennya tersebut. Saat dirinya berada di dalam lift, Ying malah berpindah ke alam lain. Tempat yang sama tetapi terasa berbeda. Ying melihat kejahatan terjadi di tempat tersebut.


Missing 2019
Ying yang tersesat dalam dunia lain

 

Setelah berhasil kembali ke alam nyata, ternyata Ying telah hilang berjam - jam lamanya. Sedangkan dirinya merasa bahwa hanya berada sebentar di tempat tersebut. Ying pun menemui pria yang memberitahunya mengenai portal gaib dan menceritakan segala yang dialaminya.

 

Dengan segala informasi yang didapat dan mereka alami, mereka pun berencana untuk pergi mencari portal gaib tersebut di Sai Kung. Ying telah bertekad untuk mencari ayahnya di tempat tersebut. Apakah Ying akan berhasil menemukan ayahnya?

 

Ulasan

 

Missing ( 失踪 ) adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul yang sama. Film ini juga menjadi debut pertama Ronnie Chau sebagai seorang direktor. Ide cerita dari film ini cukup menarik dan penuh misteri.

 

Seorang yang hilang dalam pendakian merupakan sebuah cerita yang dekat dengan masyarakat pada umumnya. Banyak kasus yang terjadi dimana para pendaki tiba - tiba hilang di dalam gunung. Isu mengenai portal gaib pun sering juga terdengar di kalangan pendaki. Sehingga ide cerita ini terasa relate atau merupakan tema yang dekat dengan penonton.

 

Film ini dieksekusi dengan cukup baik dimana pondasi cerita terbentuk dengan baik. Hal ini membuat penonton dapat memahami secara mendalam jalannya cerita. Meski ending cerita seakan terlalu terburu - buru dan sedikit menggantung. Terdapat sebagian kecil dialog yang dirasa kurang perlu dan malah membuat esensi film berkurang.

 

Film ini memiliki 3 cerita di dalamnya dengan cerita utama dimana Ying sebagai tokoh utamanya. Meski demikian cerita lainnya tidak membuat cerita utama menjadi kabur. Ying tetap terlihat menjadi tokoh yang dominan. Namun, akting Gillian Chung sebagai Ying menurut saya masih kurang. Ekspresi yang ditunjukkan terlalu datar dan kalah dari aktor pendukung lainnya.

 

Adegan yang mengesankan saat Ying mengetahui bahwa ternyata Ibunya secara diam - diam masih menyimpan kenangan ayahnya di rumah tetangganya. Meski di hadapan Ying, Ibunya terlihat tegar dan seperti telah melupakan ayahnya. Namun, ternyata Ibunya menyimpan semua kesedihannya sendiri.

 
Pesan dalam Film Missing

 

"Kau kehilangan ayahmu, aku juga kehilangan suamiku"

 

Saat Ying menemukan lencana ayahnya kepada ibunya. Ibunya tidak memberikan respon yang sesuai dengan harapan Ying. Ibunya tetap meminta Ying untuk bisa merelakan ayahnya. Hal ini membuat Ying marah besar dan tidak terima dengan sikap ibunya.

 

Rasa kehilangan tidak hanya dirasakan Ying, tetapi juga ibunya. Namun sering kali seorang ibu akan bersikap tegar dihadapan anaknya, meski mungkin kepedihan juga dirasakannya. Seorang ibu akan melakukan upaya agar anaknya bisa kembali bangkit dari rasa sedih yang dirasakannya.

 

"Aku harus terus peduli perasaanmu. Aku sudah didesak di tempat kerja. Aku lelah"

 

A Ching membawa ibunya untuk mendaki gunung. Ibunya yang menderita pikun seringkali tidak mengingat beberapa hal yang terjadi belakangan. Ibunya terus menganggap A Ching sebagai seorang anak tidak berguna dan tidak berbakti. Sedangkan A Ching yang juga terus mendapat tekanan dari atasannya dalam pekerjaan mulai merasa lelah dan kehilangan akal.

 

Ada sebuah kata bijak yang saya dengar yaitu, jika tidak bisa memberikan solusi, jangan pula menambah masalah. Hal ini yang mungkin dirasakan A Ching. Dirinya menganggap Ibunya terus menerus menambah masalah dalam hidupnya, sedangkan tekanan terus diterimanya pula dari masyarakat. Kejadian ini mungkin juga di alami oleh sebagian besar orang. Namun, jangan pernah kekalutan membuatmu melakukan hal yang tidak seharusnya.

 

"Apa keberadaanku penting bagimu?"

 

Istri dari pria yang membawa mereka masuk ke dalam portal muncul saat pria tersebut sedang sekarat. Pria tersebut menanyakan alasan istrinya bunuh diri. Saat itu istrinya menganggap sang pria terlalu sibuk dengan dunianya sendiri dan tidak memperdulikan dirinya.

 

Sering kali kita terlalu sibuk dengan urusan kita sendiri dan melupakan keberadaan orang - orang yang menyayangi kita. Saat seseorang itu menghilang, baru akan muncul penyesalan dalam diri kita yang tidak memanfaatkan waktu dengan baik. Jangan sampai penyesalan tersebut terjadi dalam hidup kita. Hargailah setiap keberadaan orang - orang disekitar kita.

 

"Kita tidak bisa mengontrol banyak hal, tetapi kita bisa mengontrol bagaimana menghadapinya"

 

Ying membuat ibunya kehilangan anaknya saat sedang hamil. Namun, Ibunya tidak menyalahkan Ying saat itu. Ibunya percaya bahwa segala sesuatu terjadi diluar kuasanya dan tidak ada yang perlu disalahkan.

 

Hal baik dan buruk pasti akan terjadi dalam hidup kita. Kita tidak pernah bisa mengendalikan hal yang akan terjadi. Namun kita bisa mengendalikan bagaimana cara kita menghadapi hal tersebut. Kita boleh bersedih, menangis, tetapi ingat bahwa kita harus tetap bangkit dan hidup.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Missing termasuk film yang layak untuk ditonton bagi para sineas yang menyukai kisah misteri dan mistis. Meski masih ada beberapa hal yang mungkin bisa dioptimalkan kembali, tetapi film ini masuk dalam kategori yang mungkin akan saya tonton ulang.

 

Quote

"Tidak apa-apa jika tidak dapat menemukanku, asal kau dapat menemukan dirimu sendiri."

 

(Aluna)

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar