Review Film Classic Again (2020) - Kisah cinta yang terulang kembali


Classic Again | 2020 | 2h 3m

Genre : Drama, Romance| Negara: Thailand

Director: Thatchaphong Suphasri| Writers: Apichet Kamphu, Kiat Songsanant

Pemeran: Thitipoom Techaapaikhun, Ranchrawee Uakoolwarawat, Gee Sutthirak Subvijitra, dll

IMDB : 6.8/10

Tomatometer : -%

My Rate : 9/10

 

Bota tidak sengaja menemukan kotak kenangan cinta pertama Ibunya dan merasa bahwa kisah cintanya juga memiliki sebuah kemiripan, tetapi dirinya membiarkan hatinya untuk memberikan petunjuk.

 

Sinopsis

 

Bota (Ranchrawee Uakoolwarawat) menemukan kotak kenangan cinta pertama milik ibunya. Dengan rasa penasaran dirinya pun mulai membuka dan membaca isi dari kotak tersebut. Bota menemukan sebuah surat dan buku harian. Dirinya merasakan keromantisan dari surat yang dibacanya


Classic Again
Bota yang membaca surat Ibunya

 

Kala itu Ibu Bota, Dalah, yang sedang berkunjung ke rumah kakeknya bertemu dengan Kajorn (Thitipoom Techaapaikun) dan teman - temannya yang sedang mengambil ikan di perkebunan Kakek Dalah. Untuk merahasiakan hal tersebut, Dalah meminta Kajorn untuk menemaninya ke sebuah rumah hantu di seberang sungai. Setelah menghabiskan waktu bersama, mereka pun menjadi dekat dan saling mengenal satu sama lain.

 

Tanil, seseorang yang akan dijodohkan dengan Dalah, meminta bantuan Kajorn untuk menuliskan surat cinta kepada Dalah. Kajorn meskipun merasa keberatan, tetapi dirinya tidak menolak. Kajorn menganggap melalui surat itulah dirinya bisa berhubungan dengan Dalah meski harus menggunakan nama Tanil. Kajorn menyadari bahwa Dalah dan dirinya memiliki jurang pemisah yang dalam.

 
Kisah cinta masa lalu yang terulang

 

Bota dan Poppy (Meiko Chonnikan Netjui) adalah sahabat yang secara kebetulan menyukai orang yang sama.  Non (Gee Sutthirak Subvijitra) merupakan seorang mahasiswa jurusan arsitektur yang cukup tampan. Poppy dan Bota memiliki kepribadian yang amat bertolak belakang.

 

Poppy dapat secara terang - terangan mengungkapkan perasaaannya dan menunjukkan ketertarikannya kepada Non. Poppy juga menganggap bahwa Non memiliki ketertarikan kepadanya. Sedangkan Bota merupakan pribadi yang pendiam dan memilih untuk menyukai Non secara diam - diam dan menyembunyikannya dari Poppy.

 

Kajorn dan Bota memiliki kesamaan dimana mereka harus menyembunyikan perasaan mereka hanya karena menyukai orang yang sama dengan sahabatnya. Namun, mereka harus terus menerus mendukung dan membantu sahabatnya dalam hal percintaan tersebut. Apakah kisah cinta Bota akan berakhir sama dengan kisah cinta Kajorn?

 

Ulasan

 

Film Classic again merupakan remake dari Film Korea Selatan berjudul Classic (2003). Ide cerita yang disajikan cukup menarik dengan mengangkat tema percintaan dan persahabatan. Meski mungkin sudah banyak film yang mengangkat tema seperti ini, tetapi film ini dapat menyajikan dengan amat baik.

 

Akting dari para pemainnya amat baik. Terlebih Mint yang memerankan dua karakter sekaligus, yaitu Bota dan Dalah. Dirinya dapat menunjukkan perbedaan antara kedua karakter tersebut. Aktor lainnya juga dapat menunjukkan kemampuan akting yang amat baik.

 

Pengambilan gambar dan komposisi warna yang ditunjukkan amat baik. Dalam film ini diperlihatkan dua timeline waktu. Perbedaan timeline waktu tersebut amat jelas meski pemeran utama wanita masih sama. Dandanan, pakaian, dan latar tempat membuat perbedaan tersebut terasa.

 

Pemilihan sound dan musik juga amat baik. Termasuk dengan soundtrack yang digunakan cukup easy listening dan pantas untuk masuk dalam daftar putar lagu. Dengan nada dan makna lirik yang juga amat bermakna.

 

Perlu diperhatikan dalam film ini terdapat adegan bunuh diri, kekerasan, dan peperangan. Walau hanya adegan tersebut hanya sedikit ditampilkan. Ending dari cerita ini merupakan sebuah happy ending yang memiliki sedikit plotwist di dalamnya. Plotwist tersebut benar - benar tidak terduga dan hanya di ketahui di akhir cerita.

 

Adegan mengesankan adalah saat Kajorn menemukan Tanil yang mencoba mengakhiri hidupnya. Kejadian itulah yang membuat Kajorn harus merelakan Dalah untuk berada disisi Tanil. Dirinya saat itu mencoba merelakan, meskipun rasa sakit dirasakan di hatinya.

 

Pesan dalam film Classic Again

 

"Sebaiknya kita jangan bertemu lagi, cinta kita akan melukai semua orang."

 

Dalah mengetahui bahwa hadiah yang diterimanya dari Tanil merupakan hadiah yang dipilih oleh Kajorn. Kajorn mengatakan bahwa Tanil merupakan pria yang lebih pantas bersanding dengan Dalah. Kisah cintanya yang sulit membuat Dalah memutuskan untuk melepaskan rasa cintanya terhadap Kajorn.

 

Rasa cinta adalah sebuah rasa yang muncul secara tiba - tiba saat kita memiliki ketertarikan dengan seseorang. Namun, cinta itu bukanlah tanpa logika dan buta. Manusia masih bisa mengendalikan perasaan itu seperti dirinya mengendalikan perasaan lain di dalam diri mereka. Seperti Dalah yang akhirnya memutuskan untuk menyerah atas cintanya yang mungkin bisa berdampak melukai orang di sekitar mereka.

 

"Aku akan memberitahunya, agar adil bagi semuanya."


Tanil memberitahu Dalah bahwa surat yang dikirimnya merupakan buatan Kajorn. Mendengar hal tersebut, Kajorn juga berniat untuk memberitahukan kisah yang sebenarnya kepada Tanil. Agar tidak ada satupun di antara mereka yang merasa tertipu.

 

Dalam persahabatan pastinya akan ada suatu konflik yang tidak terduga. Namun, sebagai seorang sahabat penting untuk bisa menghargai perasaan masing - masing dan berkata jujur. Meski pastinya akan ada sedikit rasa terluka. Namun, hal yang terpenting adalah jujur dengan perasaan masing - masing tanpa menyembunyikan sesuatu.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film Classic Again merupakan film yang layak untuk ditonton. Menyajikan kisah cinta dan persahabatan yang ringan. Cocok untuk menemani sineas di malam minggu mereka.

 

Quote

 

"Semua orang punya kisah cinta sendiri yang ditaruh di dalam kotak kenangan, disimpan di sudut lemari, menunggu agar menguap di udara"

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar