Review Film Justice High (2020) - Melawan perundungan yang terjadi di sekolah


 

Justice High (Original title: Gongsudo) | 2020 | 1h 52m

Genre : Comedy, Action| Negara: South Korea

Director: Johnny Chae | Writers: Chae Yeojoon, Lim Yeong-ju

Pemeran: Jung Da-Eun, Jung In-Tae, Tae-Yoon Kim, dll

IMDB : 6.1/10

Tomatometer : -%

My Rate : 8/10

 

Chae Young merupakan ahli karate tak bisa tinggal diam melihat perundungan di sekolahnya, tetapi dirinya tidak menyadari bahwa hal tersebut dapat membahayakan nyawanya.

 

Sinopsis Film Justice High

 

Chae Young (Jung Da Eun) harus pindah sekolah karena terlibat perkelahian dengan seorang perundung di sekolah lamanya. Saat dirinya datang ke sekolah baru, dirinya tidak sengaja melihat seorang anak sedang menerima perundungan. Awalnya Chae Young tidak ingin ikut campur, tetapi dirinya tidak bisa mengabaikan hal tersebut.

 

Jong Goo (Oh Seung Hoon) sedang dipaksa oleh 4 teman sekolahnya untuk memberikan jawaban ujian kepada mereka saat ujian berlangsung. Namun, Jong Goo menolak melakukannya. Alhasil dirinya menjadi bual - bualan teman sekolahnya tersebut. Terlebih Jong Goo yang tidak pandai berkelahi dan membela diri, hanya bisa menerima serangan tersebut begitu saja.

 
Ajarkan aku menjadi kuat

 

Chae Young awalnya hanya merekam kejadian tersebut dengan menggunakan telepon genggam miliknya. Dirinya mengancam akan menyebarkan video tersebut jika mereka tidak berhenti mengganggu Jong Goo. Namun, pertemuan tersebut berakhir dengan perkelahian yang dimenangkan oleh Chae Young.

 

Jong Goo merasa kagum dengan Chae Young dan meminta untuk diajarkan agar bisa kuat seperti dirinya. Chae Young mengajak Jong Goo untuk bergabung di dojo karate milik ayahnya. Disanalah diketahui ternyata Chae Young adalah seorang ahli karate yang pernah memenangkan beberapa kejuaraan.

 

Chae Young mendapatkan masalah dengan seniornya yang membela para perundung tersebut, Sae Na, dan berakhir di ruang dewan kesiswaan. Disanalah Jin Hyuk (Kim Tae Yoon) sebagai pimpinan dewan kesiswaan mencoba untuk menekan Chae Young. Hae Sung (Son Woo Hyung) yang mengetahui alasan perkelahian Chae Young, melepaskannya. Hal ini membuat Jin Hyuk dan Sae Na merasa kesal.


Justice High
Jin Hyuk dan anak buahnya
 

Jin Hyuk menyuruh anak buahnya untuk membawa Jong Goo demi memancing Chae Young. Namun, Hae Sung yang mengetahui hal tersebut mencoba menyelamatkan Jong Goo. Hae Sung merasa Jin Hyuk telah berubah dan telah menggunakan kekuatannya dengan tujuan yang tidak baik.

 

Hae Sung tidak dapat berkutik dan kalah dalam perkelahian. Beruntungnya Chae Young datang dan mengalahkan semua bawahan Jin Hyuk. Hae Sung yang merasa kagum dengan Chae Young mencoba untuk menjadi dekat dengan bantuan Jong Goo. Namun, Hae Sung malah berakhir di dojo milik ayah Chae Young.

 

Akankah mereka berhasil mengalahkan perundung di sekolah mereka?

 
Ulasan Film Justice High

 

Film Justice High mengangkat tema sosial yang cukup sering kita temui di masyarakat yaitu mengenai perundungan. Belakangan topik perundungan di sekolah menjadi topik yang sering menjadi sorotan. Namun, tidak sedikit pula yang mengabaikan perundungan yang terjadi di sekitar mereka.

 

Film ini mencoba menyajikan dengan tingkatan yang lebih tinggi. Tidak hanya menyoroti pelajar yang nakal dan suka merundung temannya, tetapi juga dihubungkan dengan suatu organisasi preman penguasa daerah tersebut. Hal ini yang kemudian membuat mereka lebih dekat dengan ranah kriminal dibandingkan kenakalan remaja.


Justice High
Jung Da Eun pemeran Chae Young
 

Pemilihan tokoh pemeran amat baik. Jung Da Eun dapat memerankan dengan baik dari cara berekspresi dan sikapnya yang terlihat sedikit tomboy. Hal ini membuat tokoh Chae Young menjadi tokoh yang berkarisma kuat dan memang menjadi pantas untuk ditakuti. Pemilihan tokoh lainnya juga amat pas, sehingga tidak ada timpang antara penampilan dan karakter yang dimainkan.

 

Cerita mengalir dengan sistematis dari perkenalan dimana pembangunan karakter dilakukan terlihat dengan jelas dan disajikan dengan baik. Selanjutnya konflik muncul sesuai dengan dampak pada babak pertama film. Penyelesaian dari konflik tersebut juga cukup baik, meski tidak terlalu ada kejelasan dengan dampak yang lebih besar atau dampak domino yaitu hubungannya dengan organisasi preman. Sebab tokoh preman tersebut digambarkan memiliki kekuatan yang lebih besar, sehingga seharusnya juga akan terpengaruh dengan kejadian di akhir cerita.

 

Pemilihan sound dan musik di dalam film cukup baik. Musik yang digunakan agak sedikit ceria di beberapa adegan yang memberikan kesan 'komedi' dan membuat adegan tidak terlalu serius. Tetapi hal itu menjadi hal yang malah membuat adegan tersebut hidup.

 

Perlu diperhatikan dalam film ini terdapat banyak kata kasar dan kegiatan kekerasan. Sehingga tidak cocok untuk ditonton di bawah usia 18+ karena dikhawatirkan dapat memicu keinginan untuk mencontoh. Perlu ada pengawasan dan penjelasan dari orang tua mengenai adegan di dalam film ini.

 

Adegan yang mengesankan adalah saat Hae Sung mengungkapkan keadaannya kepada Chae Young. Chae Young awalnya meragukan perubahan Hae Sung karena dirinya merupakan anggota dari para perundung di sekolah. Namun, Hae Sung menjelaskan alasan dirinya bisa tergabung dalam kelompok tersebut.

 
Pesan dalam Film Justice High

 

"Keadilan tanpa kekuatan itu kosong, tetapi kekuatan tanpa keadilan hanyalah kekerasan."

 

Banyak orang yang merasa memiliki kekuatan akhirnya menggunakan untuk menindas kaum yang dirasa lemah. Perundungan sering terjadi dengan motif yang demikian. Sehingga orang tersebut akan merasa superior dan ditakuti. Hal yang sering terjadi di masyarakat ini masih sering terabaikan. Penting bagi para orang tua dan guru untuk melihat kejadian ini dengan lebih serius.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film Justice High merupakan film yang layak untuk ditonton. Dengan akhir yang memuaskan dan happy ending. Namun, tidak disarankan untuk para sineas yang mungkin tidak terlalu menyukai adegan kekerasa dan kata - kata kasar. Sebab film ini sering melibatkan kata kasar dalam adegannya.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar