Review Film Masked Ward (2020) - Rahasia dibalik Penyanderaan di sebuah rumah sakit

 


Masked ward (Original title: Kamen byôtô) | 2020 | 1h 54m

Genre : Thriller| Negara: Japan

Director: Hisashi Kimura| Writers: Mikito Chinen, Hisashi Kimura

Pemeran: Kentarô Sakaguchi, Mei Nagano, Rio Uchida, dll

IMDB: 5.7/10

Tomatometer : -%

My Rate : 7/10

 

Shugo yang sedang menjadi dokter pengganti di sebuah rumah sakit terjebak dalam penyanderaan yang dilakukan oleh seorang penjahat bertopeng, tetapi kasus tersebut memiliki rahasia besar dibelakangnya.

 

Sinopsis Film Masked Ward

 

Shugo Hayami (Kentaro Sakaguchi) memulai kembali pekerjaannya sebagai dokter setelah kematian kekasihnya, Yoko. Tsukasa Kosakai (Ryohei Otani) yang merupakan kakak dari Yoko, meminta Shugo menggantikan tugasnya di rumah sakit Tadokoro di kota Hachoji. Sebab Kosakai harus bertugas di rumah sakit lainnya.

 

Di rumah sakit tersebut, Shugo diperkenalkan kepada 2 perawat yaitu Sasaki dan Higashino. Rumah sakit yang terdiri dari 5 lantai tersebut merupakan bekas rumah sakit jiwa yang berisikan 64 pasien. Awalnya semua berjalan dengan lancar hingga tiba - tiba seorang penjahat bertopeng membawa sanderanya ke dalam rumah sakit tersebut.

 
Rahasia penyanderaan dan rumah sakit

 

Hitomi Kawasaki (Mei Nagano) menjadi korban penembakan saat tidak sengaja melihat kasus perampokan di sebuah mini market. Penjahat bertopeng tersebut membawa Hitomi ke rumah sakit Tadokoro. Dirinya meminta agar luka Hitomi dapat dijahit.


Masked Ward
Hitomi dan penjahat bertopeng

Para perawat mengatakan bahwa ruang operasi di rumah sakit tersebut telah lama tidak digunakan. Namun, kondisi yang mendesak membuat Shugo meminta ruang operasi tersebut dibuka agar dapat menyembuhkan luka Hitomi. Shugo merasa terkejut saat melihat ruang operasi tersebut tidak terlihat seperti ruangan yang terbengkalai.

 

Setelah operasi selesai dilakukan, penjahat bertopeng tersebut tidak serta merta meninggalkan mereka. Dirinya meminta agar direktur rumah sakit tersebut memberikan uang yang dimilikinya. Selain itu, penjahat tersebut membuat semua orang yang ada di rumah sakit tersebut menjadi sandera dengan mengunci mereka dan tidak memperbolehkan untuk menggunakan lift.

 

Shugo dan Hitomi yang mencoba mencari jalan untuk membebaskan diri malah merasa curiga dengan tingkah laku dari staf dan direktur rumah sakit tersebut. Shugo curiga bahwa rumah sakit tersebut menyimpan sebuah rahasia. Shugo juga mencurigai terdapat maksud yang terselubung dari penyanderaan yang terjadi.

 

Apakah rahasia yang sebenarnya tersimpan?

 
Ulasan Film Masked Ward

 

Film Masked Ward diadaptasi dari novel berjudul Kamen Byoto karangan Mikito Chinen. Film ini menyajikan cerita yang menarik dan penuh dengan kejutan. Berfokus pada kisah penyanderaan yang terjadi di sebuah rumah sakit yang menyimpan banyak misteri.

 

Pengambilan adegan yang berfokus di dalam gedung rumah sakit dan jumlah pemain yang terbatas tidak membatasi eksplorasi dari film ini. Perkembangan dari karakter utama terutama Shugo dan Hitomi juga amat terlihat. Namun, tidak ada yang luar biasa dari akting para pemainnya terutama Hitomi yang terkesan datar.

 

Pada dua pertiga jalannya film amat menarik dan membuat penonton merasa bersemangat. Misteri yang disajikan sebenarnya cukup menarik, hanya saja clue yang ditunjukkan kepada penonton terlalu membuat cerita menjadi mudah terbaca. Konflik yang timbul juga cukup baik dan terdapat plotwist yang membuat penasaran.

 

Hal yang mengecewakan terjadi di akhir sepertiga film. Penyelesaian terasa kurang memuaskan dibandingkan dengan konflik yang telah dibangun. Penyelesaian terkesan biasa saja dan tidak terdapat kejelasan di dalamnya. Sebuah misteri dan rahasia besar yang diungkapkan tidak mendapatkan scene yang cukup memuaskan. Hal ini harusnya dapat dieksekusi dengan lebih baik.

 

Terdapat beberapa adegan yang berkaitan dengan darah dan kekerasan. Adegan cukup realistis saat Shugo menjahit luka dari Hitomi. Pengambilan gambar dengan metode extreme close up, mungkin akan membuat sebagian orang merasa tidak nyaman.

 

Akhir cerita masuk dalam kategori Twist dimana merupakan ending yang tidak tertebak. Namun, kita sebagai penonton sudah mendapatkan clue - clue yang dapat dibaca sejak film dimulai. Hal ini yang membuat film ini menjadi cukup menarik.


Masked Ward
Shugo dan Hitomi
 

Adegan yang mengesankan adalah saat Hitomi sedang bersama dengan Shugo dan memberitahukan mengenai masa lalunya. Hitomi menceritakan bagaimana perasaannya saat dirinya kehilangan kakak yang dicintainya. Kakaknya merupakan satu - satunya keluarga yang dimilikinya dan berjanji terus melindunginya. Adegan ini adalah adegan yang amat penting dalam film ini.

 

Pesan dalam Film Masked Ward

 

"Di dunia ini, tidak ada orang yang nyawanya tidak berharga!"



Tidak sedikit kasus dimana terdapat pasien yang terkesan ditelantarkan yang menyebabkan kematian. Ataupun kasus dimana orang dengan mudah membunuh atau menyakiti orang lain. Padahal setiap manusia memiliki hak untuk hidup dan kehidupan merupakan suatu hal amat berharga.

 
Layak ditonton atau tidak?

 

Film Masked merupakan film yang layak ditonton atau worth to watch. Ide cerita dan jalan cerita yang disajikan cukup menarik terutama bagi sineas yang menyukai film yang penuh dengan misteri. Tema kemanusiaan yang diangkat juga cukup dan pesan yang disampaikan juga cukup baik.

 

(Aluna)

 

 


Posting Komentar

0 Komentar