Review Film Minari (2020) - Perjuangan hidup di negara orang


 

Minari | 2020 | 1h 55m

Genre : Drama| Negara: US

Director: Lee Isaac Chung | Writers: Lee Isaac Chung

Pemeran: Steven Yeun, Yeri Han, Alan Kim, dll

IMDB: 7.4/10

Tomatometer : 98%

My Rate : 8/10

 

Keluarga Yi mencoba untuk mewujudkan impiannya membangun sebuah kebun sayur di Arkansas, tetapi ujian demi ujian mengguncang keharmonisan keluarga mereka.

 
Sinopsis Film Minari

 

Keluarga Yi yang terdiri dari Jacob (Steven Yeun), Monica (Han Ye Ri), serta kedua anak mereka, David (Alan Kim) dan Anne (Noel Kate Cho) pindah ke Arkansas dari California. Monica keberatan setelah melihat lokasi tempat mereka tinggal yang jauh dari peradaban manusia. Namun, Jacob memilih tempat tersebut karena merasa bahwa tanah di lokasi tersebut adalah tempat yang baik untuk mewujudkan impiannya membangun sebuah kebun sayur.

 

Rasa keberatan yang dirasakan Monica bukan tanpa sebab. David, anak laki - lakinya, memiliki penyakit lemah jantung, sehingga dirinya khawatir karena rumah sakit terdekat harus ditempuh selama beberapa jam. Namun, Jacob tetap bersikeras dan menganggap tempat tersebut adalah tempat yang paling tepat.

 

Pengorbanan untuk sebuah impian

 

Jacob dan Monica selama mendapatkan penghasilan dari memisahkan ayam berdasarkan jenis kelaminnya. Caranya adalah dengan menekan perut dari anak ayam tersebut dan melihat pantat mereka. Jacob tidak ingin selama hidupnya melakukan hal tersebut, sehingga memutuskan untuk membuat kebun sayur.

 

Membangun kebun sayur bukan perkara mudah dan membutuhkan banyak biaya. Hal ini juga yang sering menjadi penyebab pertengkaran antara Jacob dan Monica. Monica merasa hal tersebut hanya membuat keuangan keluarganya makin terpuruk, padahal mereka harus berjuang demi anak - anak.


MInari
Paul dan Jacob
 

Jacob memulai perkebunan dengan bantuan seorang tetangga yang dulunya menjualkan traktor kepadanya, Paul. Meskipun Paul terkesan memiliki kepribadian yang aneh menurut Jacob, tetapi bantuannya amat berarti. Monica juga meminta bantuan Ibunya, Soon Ja (Youn Yuh Jung) untuk tinggal di rumah mereka untuk menjaga David dan Anne.

 

Soon Ja masih memiliki budaya Korea yang kental yang membuat David sedikit tidak menyukainya di awal pertemuan mereka. Soon Ja membawa bibit tanaman Minari dan menyarankan Jacob untuk menanamnya, tetapi Jacob tidak menanggapi hal tersebut. Akhirnya Soon Ja pergi untuk menananmnya sendiri di dekat sungai.

 

Kehidupan mereka tidak selalu berjalan mulus. Masalah muncul selama mereka mencoba beradaptasi dengan lingkungan. Monica tetap merasa kehidupan mereka sebelumnya lebih baik dari pada saat ini, sedangkan Jacob tetap berusaha keras untuk mewujudkan impian mereka. Apakah kehidupan mereka akan menjadi lebih baik?

 

Ulasan Film Minari

 

Film Minari mengambil latar belakang waktu tahun 1980an. Film ini merupakan film semi-autobiographical yang diangkat oleh Chung sebagai penulis dan juga sutradara. Ide cerita yang diangkat cukup menarik yaitu dengan menyoroti kehidupan imigran Korea Selatan yang pindah ke US pada masa tersebut.

 

Aktor yang dipilih dalam film ini adalah aktor yang memang menetap di US. Hal ini yang membuat kemampuan bahasa mereka tidak terkesan kaku. Youn Yuh-Jung juga memiliki sejarah tinggal di US pada tahun 1973 meski dirinya kembali ke Korea pada tahun 1984.

 

Kemampuan akting dari Yuh Jung tidak dapat dipungkiri lagi, dirinya pun mendapatkan kemenangan atas perannya di film ini sebagai best supporting actress bahkan juga dalam Academy Awards, USA (Oscar). Begitu juga dengan kemampuan akting dari pemain lainnya yang menurut saya cukup luar biasa. Hanya saja untuk aktor asing yang digunakan, masih terkesan agak kaku.

 

Minari sendiri menurut saya menjadi sebuah simbol. Minari adalah tanaman seledri air yang merupakan tanaman yang dapat tumbuh dan berkembang sendiri setelah ditanam. Minari juga dapat digunakan untuk segala bentuk jenis makanan dan obat. Hal ini seperti sebuah lambang bahwa bagaimana pun caranya dan tempatnya, mereka akan tetap bertahan hidup.

 

Film ini dirangkai dengan amat baik dari awal hingga akhir. Konflik yang dimunculkan juga cukup konsisten. Meski pada akhir cerita mungkin akan ada beberapa penonton yang merasa bingung. Akhir cerita dapat dikatakan sebagai happy ending dimana Minari menjadi tokoh utamanya dan penuh dengan filosofi.


Minari
David dan Soonja mengambil Minari

 

Adegan yang menarik adalah David dan Soon Ja pergi ke sungai untuk memetik minari. Saat itu muncul seekor ular yang membuat David ketakutan. Namun, Soon Ja meminta David membiarkan ular tersebut dan memberikan pesan mendalam kepada David.

 

Pesan dalam Film Minari

 

"Kita bisa tinggal bersama saat keadaan baik, tetapi saat tidak baik kita berpisah?"

 

Kehidupan sebuah keluarga tidak akan selalu mudah, pastinya akan ada konflik di dalamnya. Apalagi jika harus menetap di tempat yang baru, karena kita tidak akan pernah tahu bagaimana kehidupan yang akan dihadapi. Namun, sebagai sebuah keluarga sepatutnya untuk saling memahami, menghargai, menurunkan egonya masing - masing, dan selalu bersama untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik.

 
Layak ditonton atau tidak?

 

Film Minari menjadi film yang saya rasa layak untuk ditonton, worth to watch. Meski ide cerita cukup sederhana, tetapi memberikan pesan yang amat dalam. Film ini cocok untuk ditonton bersama dengan pasangan.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar