Review Film Over The Moon (2020) - Merelakan dirinya yang telah pergi


Over The Moon | 2020 | 1h 35m

Genre : Animation, Adventure, Comedy| Negara: US - China

Director:  Glen Keane, John Kahrs | Writers:  Audrey Wells, Jennifer Yee McDevitt, Alice Wu

Pemeran: Glen Keane, Brycen Hall, Ruthie Ann Miles dll

IMDB: 6.3/10

Tomatometer : 82%

My Rate : 10/10

 

Fei Fei merasa terkejut dan kecewa melihat ayahnya membawa seorang wanita untuk menggantikan ibunya yang telah meninggal 4 tahun yang lalu. Baginya, ayahnya seharusnya setia seperti Dewi Bulan yang selalu ia kagumi.

 
Sinopsis Film Over The Moon

 

Fei Fei (Cathy Ang) tinggal bersama ayah dan ibunya. Mereka adalah keluarga yang amat bahagia dan menjalankan sebuah toko yang menjual kue bulan. Ibunya senang bercerita mengenai legenda Dewi Bulan, Chang'e.


Over The Moon
Fei Fei bersama dengan ayah dan ibunya
 

Chang'e adalah seorang wanita yang memiliki pasangan bernama Hou Yi. Suatu ketika, Chang'e meminum obat keabadian dan membuat dirinya harus berpisah dengan Hou Yi dan tinggal di bulan. Chang'e merasa kesepian dan terus merindukan Hou Yi.

 
Kesetiaan Dewi Bulan

 

Beberapa tahun berlalu, Ibu Fei Fei mengalami sakit parah yang akhirnya menyebabkan dirinya meninggal dunia. Fei Fei dan ayahnya tinggal berdua sambil menjalankan toko kue mereka. Namun, suatu hari Fei Fei dikagetkan dengan seorang perempuan, Mrs. Zhong, yang tiba - tiba hadir di toko mereka.

 

Fei Fei menyadari bahwa ayahnya berencana untuk menggantikan posisi ibunya dengan perempuan tersebut. Fei Fei juga bertemu dengan Chin, anak dari Zhong dan akan menjadi adiknya. Fei Fei merasa sedih dan kecewa dengan apa yang dilihatnya.

 

Fei Fei menganggap seharusnya ayahnya tetap setia kepada Ibunya, seperti Dewi Bulan setia kepada Hou Yi. Namun, kepercayaan Fei Fei mengenai Dewi Bulan mendapatkan cemoohan dari keluarganya. Fei Fei pun bertekad untuk membuktikan kebenaran cerita yang diceritakan oleh ibunya.

 

Fei Fei mulai merencanakan cara untuk pergi ke bulan. Dirinya membuat beberapa percobaan roket dan saat hampir berhasil, percobaan tersebut kembali gagal karena Chin masuk ke dalam roket. Namun, dua ekor singa angkasa membawa muncul dan membawa mereka ke tempat Dewi Bulan.

 

Apakah kisah yang diceritakan oleh Ibu Fei Fei benar adanya?

 
Ulasan Film Over The Moon

 

Film Over The Moon adalah film animasi musikal yang produksinya bentuk kolaborasi antara Amerika - China. Film ini merupakan film terakhir dari Audrey selaku screenplay. Audrey meninggal saat film ini sedang dibuat, sehingga film ini di dedikasikan kepada anak Audrey.

 

Film ini memiliki ide cerita yang menarik. Mengangkat sebuah legenda dan merepresentasikannya dalam sebuah film bukan hal yang mudah. Hal ini disebabkan cerita yang menjadi mitos tersebut telah diketahui banyak orang, sehingga modifikasi cerita tidak akan jauh dari cerita sebenarnya.

 

Chang'e menjadi sosok utama dalam film ini. Sesuai dengan legendanya, Chang'e meminum obat keabadian dan pergi meninggalkan Hou Yi di bumi. Namun, dalam film tersebut masih berupa hal yang belum pasti mengenai alasan Chang'e meminum semua obat tersebut dan meninggalkan Hou Yi sendiri. Perdebatan juga terjadi antara tokohnya mengenai keabsahan dari cerita mengenai Dewi Bulan itu sendiri.

 

Ketidakjelasan mengenai alasan tersebut akan lebih baik jika akhirnya diketahui mana cerita yang sebenarnya terjadi. Sehingga memastikan kebenaran dari cerita Ibu Fei Fei. Amat disayangkan hal tersebut terlewat dan tidak ditampilkan. Padahal hal itu juga bisa menjadi media pembelajaran bagi para penonton yang tidak terlalu mengetahui mengenai legenda itu.


Over The Moon
Chang'e
 

Chang'e digambarkan sebagai tokoh yang menjadi simbol mengenai kesetiaan. Dirinya tetap setia menunggu Hou Yi meski telah bertahun - tahun berlalu. Hal ini juga yang menjadi topik utama bagi Fei Fei, karena kepergian ibunya, dirinya berharap semuanya masih sama seperti saat ibunya berada ditengah - tengah mereka.

 

Film ini memiliki gambar animasi yang baik dan halus. Sebab film ini adalah film musikal, maka tidak heran jika kita akan banyak menemukan dialog yang disampaikan melalui nyanyian. Namun, lagu yang digunakan memiliki nada dan lirik yang cukup menarik. Bahkan dapat menjadi sebuah playlist yang didengarkan di kemudian hari. Film ini juga mendapatkan 3 penghargaan dalam kategori film animasi terbaik.

 

Hal menarik adalah penggunaan legenda jaman dulu tidak membuat film ini disajikan dengan tampilan tradisional. Film ini memperlihatkan dari sudut pandang yang berbeda dan disesuaikan dengan jaman. Sosok dewi tersebut digambarkan dengan menggunakan dandanan yang lebih modern dan menyanyikan lagu yang juga modern. Meski demikian, hal ini tidak membuat film ini menjadi berlebihan atau kehilangan inti ceritanya.


Over The Moon
Fei Fei yang bersedih di pinggir sungai
 

Adegan yang mengesankan adalah saat Fei Fei berlari ke sungai mengikuti kelincinya dan bertemu dengan sebuah bangau putih. Dalam adegan tersebut, Fei Fei menumpahkan kesedihan dan rasa rindunya terhadap ibunya. Lirik lagu yang dinyanyikan benar - benar menggambarkan kekecawaan, kemarahan, dan kesedihan.

 

Pesan dalam Film Over The Moon

 

"Walaupun terasa sakit merindukannya, jiwanya selalu dekat."

 

Saat kita ditinggalkan oleh orang terkasih pastinya tidak akan mudah untuk menerima hal tersebut. Kenangan yang tercipta selama bersama terus membekas dan akan mempengaruhi kehidupan kita. Namun, kita harus ingat bahwa kita juga harus kembali bangkit. Jangan jadikan kenangan tersebut membuatmu terpuruk, tapi jadikan sebagai motivasimu untuk bersinar. 

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film ini masuk dalam kategori yang wajib untuk ditonton -Must Watch- terutama bagi sineas yang mungkin sulit melupakan orang yang telah pergi dari hidup kita. Melalui film ini kita belajar bagaimana merelakan dan melangkah maju untuk kehidupan yang lebih baik.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar