Review Film Rentang Kisah (2020) - Sebuah cerita kehidupan dan masa lalu Gita Savitri

 

Rentang Kisah

Rentang Kisah | 2020 | 1h 38m

Genre : Biography, Drama| Negara: Indonesia

Director:  Danial Rifki | Writers: Gita Savitri Devi, Danial Rifki

Pemeran: Beby Tsabina, Juan Bione Subiantoro, Donny Damara, dll

IMDB: 6.1/10

Tomatometer : -%

My Rate : 5/10

 

Keputusan untuk bersekolah ke Jerman memberikan tantangan tersendiri bagi Gita Savitri, dirinya pun mencoba untuk menghadapi semua tantangan bersamaan dengan mencari jati dirinya.

Peringatan:

Terdapat adegan percobaan bunuh diri.


Sinopsis:

Gita (Beby Tsabina) harus rela berpisah dengan ayahnya (Donny Damara) saat dirinya masih kecil. Ayahnya harus pergi bekerja ke Amerika untuk bertahan di era krisis ekonomi. Gita hanya tinggal bersama dengan Ibunya (Cut Mini) dan adiknya yang saat itu masih kecil.

 

Beranjak dewasa, Ibunya berencana untuk menyekolahkan Gita ke Jerman sesuai dengan rencana yang memang sejak lama telah dibuat oleh orang tua Gita. Kehidupan di dunia perantauan tidaklah mudah, terutama Gita yang saat itu baru pertama kali berpisah dari keluarganya. Dari masalah percintaan, prinsip hidup, perbedaan bahasa, dan tekanan dalam pelajaran menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh Gita. Ditambah lagi dengan permasalahan keuangan yang dialami keluarganya.


Rentang Kisah
 

Pertemuan dengan orang - orang baru mempengaruhi pola pikir Gita. Dirinya pun sedikit demi sedikit menemukan makna hidup yang dicarinya. Gita pun bertemu dengan orang yang akan mencintai dirinya apa adanya, Paul (Juan Bione). Namun perjuangan belum selesai, apakah yang akan dialami oleh Gita?

 

Ulasan:

Rentang Kisah merupakan film biografi yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Gita Savitri. Dalam Novel tersebut Gita menceritakan bagaimana pengalaman dirinya selama tinggal di Jerman. Ide cerita dari film ini cukup baik karena Gita merupakan seorang influencer yang cukup terkenal dan pengalaman dirinya menempuh pendidikan di Jerman membuat banyak orang penasaran.

 

Hanya saja, melihat dari cerita yang ditampilkan dalam film terasa kurang memuaskan. Banyak cerita dan konflik yang dipaksakan muat dalam waktu 1 jam 38 menit tersebut. Hal ini membuat cerita dan konflik yang ditampilkan terasa dangkal. Cerita menjadi kehilangan fokusnya, yang pada awalnya telah terbangun dengan cukup baik yaitu mengenai Gita dan pendidikannya.

 

Pengalaman perjalanan religius Gita yang mungkin ingin diangkat pula dalam film ini juga tidak terlalu dalam. Gita yang merasa belum siap menggunakan hijab memilih untuk melepasnya. Namun, setelah melihat Paul masuk ke dalam Islam, Gita pun akhirnya memutuskan kembali untuk berhijab. Hanya saja hal ini dirasa kurang berkesan, karena cerita yang dangkal tersebut. Bahkan tokoh Paul yang harusnya punya peran penting pun hanya sedikit tampil di dalam film tersebut.

 

Film ini memiliki potensi yang amat baik jika sutradara bisa memilih fokus cerita yang penting untuk ditampilkan dari pada memaksakan semuanya harus muncul di dalam film.  Pesan yang ingin disampaikan melalui film ini juga terkesan kabur dan sulit ditemukan. Hal ini lagi - lagi karena fokus cerita yang terlalu banyak. Meski demikian, akting dari para pemain amat baik dan menjiwai peran.

 

Adegan yang mengesankan:

Usaha katering Ibu Gita mengalami kemunduran karena banyak yang menghentikan pesanan katering. Namun, Ibunya tetap memilih untuk melanjutkan sedekah rutin yang dilakukannya dan tidak mengurangi porsi yang diberikan. Ibunya juga dengan berat hati menyampaikan permasalahan tersebut kepada Gita.

 

Dialog mengesankan:

"Hidup gw gak senyaman yang lo kira."

Gita yang gagal ujian bertemu dengan Paul. Paul mencoba untuk menghiburnya dan mengatakan Gita dapat mencoba kembali mata kuliah tersebut. Namun, Gita yang sedang larut dalam kesedihan menganggap Paul tidak mengerti dirinya karena tidak mengalami kesulitan yang sama. Padahal Gita tidak benar - benar tahu apa yang sedang dialami oleh Paul dalam hidupnya.

 

Ending:

Happy Ending.

 
Rekomendasi:

Okay to watch! Tontonan ringan dengan akting yang cukup baik dan jalan cerita yang masih bisa dinikmati.

 

(Aluna)

 

 


Posting Komentar

0 Komentar