Review Film Run (2020) - Ibuku sengaja membuat diriku lumpuh

Run

Run | 2020 | 1h 30m

Genre : Mystery, Thriller| Negara: US

Director:  Aneesh Chaganty| Writers: Aneesh Chaganty, Sev Ohanian

Pemeran: Sarah Paulson, Kiera Allen, Sara Sohn, dll

IMDB: 6.7/10

Tomatometer : 89%

My Rate : 9/10

 

Chloe, seorang remaja disabilitas, tidak sengaja mengetahui rahasia kelam yang disembunyikan Ibunya dan hal tersebut mengubah seluruh hidupnya secara tiba-tiba.

 

Peringatan:

Terdapat adegan kekerasan, pembunuhan, dan darah.

 

Sinopsis:

Diane Sherman (Sarah Paulson) melahirkan seorang anak secara prematur. Kondisi anak tersebut membuat Diane khawatir apakah anaknya dapat bertahan hidup. Bertahun - tahun kemudian, anaknya, Chloe (Kiera Allen) telah tumbuh menjadi seorang remaja. Meski dirinya memiliki kesehatan yang tidak baik dan mengalami kelumpuhan pada kakinya, Chloe tumbuh menjadi seorang anak yang pintar. Dirinya selama ini menjalani home schooling dan sedang menunggu pengumuman penerimaan masuk universitas.

 

Setiap hari, Diane akan memberikan Chloe berbagai macam obat untuk penyakitnya. Namun, suatu ketika, Chloe menemukan kejanggalan dimana dirinya menemukan obat atas nama Ibunya. Chloe menyadari bahwa obat tersebut adalah obat yang diberikan ibunya kepadanya. Chloe pun mengonfirmasi hal tersebut dan Diane berdalih bahwa yang ditempel di tempat obat tersebut hanyalah bukti pembayaran.


Run
Diane menangkap Chloe di apotek

 

Chloe tidak serta merta mempercayai hal tersebut. Dirinya berupaya untuk mencari tahu mengenai hal tersebut dengan berbagai cara. Chloe mendapatkan informasi bahwa obat tersebut dapat menyebabkan kelumpuhan. Dirinya menyadari bahwa kelumpuhannya bukanlah suatu bawaan, melainkan karena obat yang diminumnya tiap hari. Chloe mencoba melarikan diri setelah dikurung oleh Ibunya di dalam kamarnya.

 

Diane berhasil menangkap kembali Chloe dan membawanya kembali ke rumah. Sebuah rahasia kelam mulai terbongkar. Chloe menemukan beberapa bukti mengenai masa lalunya yang tidak pernah terbayangkan olehnya. Diane mengatakan bahwa dirinya hanya melakukan itu untuk kebaikan Chloe.

 

Apa rahasia kelam tersebut?

 

Ulasan:

Film Run bukanlah film yang didasarkan pada kisah nyata. Namun, ide cerita yang ditampilkan dalam film ini bisa jadi terjadi di dunia nyata. Terdapat adegan di awal film dimana para ibu - ibu berkumpul dan mengutarakan perasaan mereka mengenai kemungkinan anak mereka pergi dan hidup mandiri. Banyak dari mereka yang merasa tidak rela jika berpisah dari anaknya. Hal ini sebenarnya yang coba ditampilkan oleh sosok Diane.

 

Diane yang memiliki pengalaman hampir kehilangan anaknya karena kondisi lahir secara prematur, mencoba untuk membuat anaknya tetap tinggal disisinya. Diane memberikan banyak obat untuk menjaga kesehatan anaknya. Selain itu, dirinya selalu berupaya agar sang anak bergantung kepadanya. Namun, hal tersebut menjadi sebuah obsesi dan kegilaan yang tidak masuk akal.

 

Akting dari para pemain cukup baik dari segi penampilan dan juga ekspresi. Ketegangan yang ditampilkan juga cukup terasa. Meski mungkin jalan cerita telah terbaca sejak awal pertengahan film, tetapi ending yang disajikan cukup baik dan diluar perkiraan.

 

Namun, terdapat beberapa detail kecil yang mengganggu saat Chloe mencoba untuk melarikan diri dengan menggunakan sebuah solder yang panas. Beberapa jari Chloe mengenai bagian besi panas solder, yang harusnya tidak boleh dipegang. Selain itu, setelah mengetahui masa lalunya, Chloe sama sekali tidak mencari keberadaan dari orang - orang di masa lalunya. Mungkin akan lebih baik jika Chloe akhirnya terhubung kembali dengan orang - orang tersebut.

 

Adegan yang mengesankan:

Chloe dengan kelumpuhannya mencoba untuk keluar dari kamarnya dengan cara merangkak melalui atap dan memecahkan jendela. Adegan ini merupakan adegan yang cukup sulit, karena Chloe harus bergerak hanya dengan badan bagian atas saja. Chloe pun harus melakukan adegan tersebut untuk waktu yang cukup lama yaitu 7 menit. Terdapat adegan dimana dirinya juga jatuh dari tangga dalam upaya pelarian tersebut.

 
Dialog mengesankan:

"Katakan kapan aku bukan ibu yang baik untukmu. Katakan kapan!"

Setelah tertangkap, Diane kembali mengurung Chloe. Saat itu Chloe bertanya mengenai alasan Diane melakukan hal tersebut. Diane mengatakan bahwa apapun yang dilakukannya hanya untuk kebaikan Chloe. Dirinya selalu melakukan yang terbaik, tetapi sebenarnya hal itu hanyalah untuk kepuasan dirinya sendiri.

 

Ending:

Twist Ending

 

Rekomendasi:

Must Watch! Sebuah psychology thriller yang menghibur dan penuh dengan ketegangan, cocok untuk sineas yang menyukai cerita penuh misteri.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar