Review Film Timmy Failure: Mistakes Were Made (2020)

 

Timmy Failure: Mistakes Were Made

Timmy Failure: Mistakes Were Made| 2020| 1h 39m

Genre : Adventure, Comedy, Drama| Negara: US

Director: Tom McCarthy | Writers: Tom McCarthy, Stephan Pastis

Pemeran: Winslow Fegley, Ophelia Lovibond, Wallace Shawn, dll

IMDB: 6/10

Tomatometer : 84%

My Rate : 8/10

 

Timmy dan rekannya, sang Beruang Kutub, terjerumus dalam berbagai macam petualangan dan masalah saat mencoba memecahkan kasus yang terjadi di Portland melalui agensi detektif yang didirikannya

 

Peringatan:

-

 

Sinopsis:

Timmy (Winslow Fegley) anak 11 tahun yang hanya tinggal berdua dengan Ibunya, Patty Failure (OpheliaLovibond) setelah ayahnya pergi meninggalkan mereka. Timmy mendirikan sebuah agensi detektif  bernama Total Failure Inc. bersama dengan rekan beruang kutub imajinasi yang bernama Total. Timmy berkeliling untuk memecahkan berbagai macam kasus yang menarik perhatiannya. Tujuan Timmy adalah untuk menjadi seorang yang besar.

 

Meski berbeda dengan teman - teman lainnya, Timmy tidak pernah dikucilkan atau dijauhi. Dirinya juga memiliki seorang teman bernama Rollo Tookus (Kei) yang selalu menemani dan menjadi rekannya untuk berpetualang. Meski Timmy terus membuat Rollo terjerumus dalam berbagai macam masalah.

 

Mr. Crocus (Wallace Shawn) menjadi musuh bebuyutan Timmy. Timmy yang terus membuat masalah dan tidak pernah belajar di dalam kelas membuat Mr. Crocus merasa kesal. Meskipun telah melakukan berbagai macam cara termasuk dengan memanggil Ibu Timmy, tetapi tidak ada satupun yang berhasil. Bahkan Rollo juga tidak berhasil membuat Timmy belajar.

 

Kasus terbesar yang harus dipecahkan oleh Timmy adalah saat kendaraan milik ibunya yang digunakannya menghilang. Timmy mencoba untuk mencari tahu siapa yang mengambil kendaraan tersebut. Kecurigaannya merujuk pada kelompok orang Rusia yang mungkin tinggal di Portland. Terlebih setelah mengetahui salah satu temannya merupakan keturunan Rusia, pemikiran dan ide - ide gila mulai muncul di kepalanya.

 

Petualangan apa yang akan dilalui oleh Timmy?

 

Ulasan:

Timmy Failure: Mistakes Were Made merupakan sebuah film yang di adaptasi dari buku series yang cukup terkenal karangan Stephan Pastis. Film ini memiliki cerita yang cukup unik, salah satunya adalah judul dari cerita itu sendiri. Tokoh di dalam film ini bernama Timmy Failure, yang diketahui bahwa arti dari Failure adalah gagal. Sedangkan tokoh beruang bernama Total. Sehingga saat nama mereka disatukan menjadi Total Failure atau berarti benar benar gagal. Namun, sudut pandang itu diubah 180 derajat hingga dimaknai dengan makna yang positif.

 

Cerita amat imajinatif hanya saja mungkin tidak cocok untuk ditonton anak - anak tanpa pendampingan orang tua. Banyak bahasa yang digunakan atau adegan yang ditampilkan membutuhkan penjelasan orang tua atau orang dewasa. Banyak juga yang mengatakan bahwa tokoh Timmy menderita autistic karena memiliki imajinasi yang cukup tinggi dengan membuat sebuah dunianya sendiri. Namun, hal ini belum dapat dipastikan kebenarannya.

 

Pastinya dengan menonton film ini, penonton akan menemukan beberapa adegan yang menarik dan lucu. Pemilihan musik yang cukup baik juga mendukung tiap adegan yang terjadi. Animasi beruang kutub yang ditampilkan terlihat nyata dan benar - benar berbaur dengan scene yang ada. Alur cerita juga mudah dimengerti dan cukup sistematis.

 

Hal yang menarik adalah akting dari Winslow yang benar - benar memukau. Dirinya bisa merepresentasikan tokoh Timmy dengan baik. Sifat, sikap, dan emosi yang ditampilkan benar - benar disajikan dengan amat apik.

 

Selain itu, penggambaran dimana teman - teman Timmy yang tetap mengagumi dan ingin berteman dengan Timmy meskipun segala 'keanehan' yang dimilikinya, digambarkan dengan cukup baik. Namun, lelucon mengenai orang Rusia mungkin bisa menjadi isu sensitif karena banyak adegan yang memojokkan dan mendeskripsikannya dalam hal yang buruk. Selain itu, tokoh Corina yang digambarkan sebagai keturunan Rusia, terlihat lebih memiliki penampilan Asia daripada Rusia. Hal ini memberikan kesan yang berbeda dan sedikit mengganggu.

 

Namun, secara keseluruhan Timmy Failure masih bisa dinikmati dengan amat baik.

 

Adegan yang mengesankan:


Timmy Failure

Timmy yang bermasalah di sekolahnya karena terjebak dalam dunia imajinasinya harus berkonsultansi dengan guru konseling. Setelah pertemuan pertama mereka yang tidak membuahkan hasil, guru tersebut melakukan pendekatan yang berbeda. Alih - alih meremehkan atau menekan Timmy, guru itu mencoba untuk menjadi bagian dari imajinasi Timmy. Dirinya menunjukkan ketertarikannya kepada Timmy dan membuat Timmy menjadi terbuka. Hal ini cukup menarik karena guru tersebut dengan pintarnya dapat menemukan cara yang efektif dalam menghandle Timmy yang memiliki pola pikir yang berbeda dari anak lainnya.

 

Dialog mengesankan:

"Dan menjadi normal bisa begitu membuat kesepian dan juga kebingungan."

Ketegangan terjadi antara Timmy dan Ibunya setelah beberapa masalah yang terjadi. Hal tersebut membuat Ibunya meminta Timmy agar bisa bertingkah 'normal' seperti anak pada umumnya. Timmy akhirnya berupaya untuk terlihat 'normal' dan menyerahkan semua 'kegilaan' yang dimilikinya. Namun, hal itu ternyata membuat dirinya merasa kesepian dan kebingungan. Dirinya menjadi lebih pendiam seakan kehilangan jati diri.

 

Ending:

Happy Ending.

 

Rekomendasi:

Worth to watch! Film ini cukup menarik untuk ditonton. Meski tokoh utamanya adalah seorang anak kecil, tetapi rasanya agak kurang sesuai jika ditonton oleh anak kecil. Banyak hal yang mungkin akan membutuhkan effort para orang tua menjelaskan tiap adegannya kepada anak mereka.

 

(Aluna)

 

 


Posting Komentar

0 Komentar