Buku Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa


Rangkuman Singkat:

Perubahan bukanlah suatu hal yang dapat terjadi secara instan, tetapi membutuhkan proses dan konsistensi untuk menjadi baik dan memperbaiki kebiasaan tiap harinya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Quote favorite:

What starts as a small win or a minor setback accumulates into something much more.

Atomic Habits adalah sebuah buku karangan James Clear yang ditulis berdasarkan pengalaman dirinya bangkit dari keterpurukan dengan cara mengubah kebiasaannya. Dalam buku ini juga dipaparkan beberapa contoh mengenai pentingnya perubahan kebiasaan yang konsisten dan terus menerus. Meski mungkin kebiasaan tersebut tidak dapat kita lihat hasilnya secara instan, tetapi ternyata perubahan tersebut bisa menghasilkan hal yang cukup besar dalam hidup kita.

Atomic Habits akan mengubah cara kita berpikir mengenai makna proses dan kesuksesan. Buku ini juga dapat menjadi alat dan membantu membuat strategi yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan. Sehingga apapun tujuanmu dapat diwujudkan tanpa kecuali. 

Tiga hal utama yang dibahas di dalam buku ini antara lain:

  1. 1% change behavior is matter
  2. True behavior change is identity change.
  3. The process of building a habit can be divided into four simple steps: cue, craving, response, and reward.

Mari kita pelajari lebih lanjut

Pelajaran 1: 1% Change Behavior is Matter

Banyak dari kita yang biasanya menginginkan untuk mencapai target secara cepat. Sebagai contoh saat kamu berdiet, rasanya ingin setiap harinya melihat angka di timbangan turun dengan cepat. Padahal untuk menjadi 'gendut' kita membutuhkan waktu yang cukup lama dan merupakan akumulasi dari kebiasaan kita bertahun - tahun. Sehingga tidak mungkin kita dapat menurunkan berat badan secara instan. Kebiasaan baik atau buruk yang kita lakukan meski hanya mempengaruhi 1% di tiap harinya, ternyata bisa menjadi suatu hal yang luar biasa.

Dalam buku ini kita diperlihatkan beberapa contoh nyata mengenai pengaruh 1% perubahan tersebut dalam berbagai macam kasus. Hal ini membuat kita menjadi lebih mudah untuk memahami maksud dari pemaparan yang dituliskan. Atomic Habits dianalogikan sebagai kebiasaan kecil yang bisa membangun sebuah kebiasaan besar. Tinggal kita memilih kebiasaan mana yang ingin kita lakukan secara konsisten. Kebiasaan adalah pedang bermata dua. Hal ini dapat menguntungkan atau merugikan Anda, oleh karena itu memahami detailnya sangatlah penting.

Pelajaran 2: True Behavior Change is Identity Change

Dalam mengubah kebiasaan terdapat 3 hal yang biasanya menjadi fokus utama, yaitu perubahan hasil, perubahan proses, dan perubahan identitas. Seringkali kita hanya fokus pada target atau hasil yang ingin kita capai, sehingga kita akan mengubah kebiasaan dengan berfokus untuk mewujudkan target tersebut. Namun, kita seringkali tidak mengubah sudut pandang kita atas diri kita. Hal ini yang seringkali membuat perubahan kebiasaan menjadi tidak konsisten dan sering terganggu.

Perubaha yang disarankan adalah perubahan yang berfokus pada mengubah identitas diri kita. Saat kita meyakini bahwa kita adalah seperti yang ingin kita inginkan, maka kebiasaan kita juga akan mengikuti perubahan tersebut dan membuat tujuan kita tercapai. Sebagai contoh saat kamu ingin menjadi seorang pengusaha, maka kamu akan mengubah pola pikir dan kebiasaanmu seperti seorang pengusaha. Hal ini akan membantu mewujudkan targetmu untuk membangun sebuah usaha.

Beberapa contoh yang dituliskan dalam buku

Tujuannya bukan untuk membaca buku, tetapi untuk menjadi seorang pembaca.

Tujuannya bukan untuk bisa lari maraton, tetapi untuk menjadi seorang pelari.

Tujuannya bukan untuk bisa mempelajari alat musik, tetapi untuk menjadi seorang musisi.

Inilah yang disebut fokus tujuan kepada orang seperti apa yang ingin kita wujudkan. 

Pelajaran 3: The Process of Building a Habit Can be Divided into Four Simple Steps: Cue, Craving, Response, and Reward

Empat Hukum Perubahan Perilaku adalah seperangkat aturan sederhana yang dapat kita gunakan untuk membangun kebiasaan yang lebih baik, yaitu (1) membuatnya jelas, (2) membuatnya menarik, (3) membuatnya mudah, dan (4) membuatnya memuaskan.

Memperjelas strategi perubahan kebiasaan adalah salah satu cara paling praktis untuk menciptakan isyarat yang jelas bagi kebiasaanmu tentang kapan dan dimana harus dilakukan. Kita akan mudah untuk mengubah suatu kebiasaan jika kita merasa kebiasaan tersebut menarik, maka kita harus mencari cara agar kebiasaan tersebut menjadi suatu hal yang menarik. Mulailah perubahan kebiasaan itu sekarang juga, tidak perlu menunggu harus memiliki sebuah rencana yang sempurna baru memulai dan mulailah dari yang kecil dan sederhana. Kita akan lebih mungkin mengulang suatu kebiasaan saat kebiasaan tersebut memberikan kepuasan atau kesenangan saat dilakukan.

Ulasan Buku & Rekomendasi Teman Baca:

Melalui buku ini kita mengetahui bahwa mengubah suatu kebiasaan itu bukan hal yang mudah. Namun, perubahan tetap dapat dilakukan dengan membuat cara pandang kita terhadap kebiasaan tersebut. Dalam buku ini juga bukan hanya mengajarkan kita untuk membuat atau menerapkan suatu kebiasaan baru, tetapi juga mengajarkan bagaimana kita menghindari kebiasaan buruk yang sering kita lakukan.

Buku ini amat cocok untuk para teman baca yang mungkin ingin mengubah kebiasaan dalam hidupnya. Semua kebiasaan dari sudut pandang manapun dapat diterapkan setelah membaca buku ini. Kita pun akan mengetahui bahwa perubahan adalah sebuah proses meski hasilnya bukan sesuatu yang instan dirasakan.

(Aluna) 

Judul Buku : Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa 
Penulis: James Clear
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2019
Jumlah halaman: 356 halaman

DAPATKAN BUKUNYA DISINI

  

Posting Komentar

0 Komentar